FOLLOW US:


Messi, Ronaldo, dan Gerrard Masuk Tim Terbaik UEFA

23-11-2017 01:34

 | Steven Gerrard

Messi, Ronaldo, dan Gerrard Masuk Tim Terbaik UEFA
Steven Gerrard © AFP

Bola.net - Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan legenda Liverpool Steven Gerrard terpilih untuk masuk tim terbaik sepanjang masa yang dibentuk oleh federasi sepakbola Eropa, UEFA.

Gerrard adalah salah satu dari dua pemain yang tak pernah memperkuat Barcelona atau Real Madrid yang terpilih masuk tim tersebut. Pemain satunya lagi adalah mantan kapten Bayern Munchen, Philipp Lahm.

UEFA sendiri menciptakan tim tersebut dengan kritaria khusus. Mereka yang dipilih adalah mereka yang sering masuk dalam Team of the Year dalam 16 edisi terakhir.

UEFA menyusun tim tersebut dengan menggunakan pola ofensif 4-3-3.

Mantan kiper Real Madrid Iker Casillas terpilih di sektor penjaga gawang dalam tim tersebut. Sebab ia berhasil masuk dalam enam kesempatan, mengungguli Gianluigi Buffon (4) dan Manuel Neuer (3).

Uefa Team Of The Century

Di sektor bek tengah, ada dua wakil Barcelona yakni Carles Puyol (6) dan Gerard Pique (5). Di sektor bek kanan ada kapten Madrid Sergio Ramos (6) dan di bek kiri Lahm (5).

Di lini tengah, Barcelona lagi-lagi menempatkan dua wakilnya. Keduanya adalah Xavi (5) dan Andres Iniesta (6). Satu pemain lagi adalah Steven Gerrard (3).

Untuk Gerrard, sebenarnya ada pemain lain yang juga tiga kali masuk Team of the Year. Mereka adalah Kaka, Ronaldinho, Pavel Nedved dan Zinedine Zidane.

Akan tetapi, faktor kunci yang membuatnya terpilih adalah seringnya ia dinominasikan masuk tim tersebut, yakni sebanyak tujuh kali. Kaka hanya lima, Ronaldinho empat, Nedved tiga, sama dengan Zidane.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Untuk trio lini serang, Ronaldo dipilih karena 11 kali masuk tim terbaik tahunan UEFA. Sementara Messi sebanyak delapan kali. Satu posisi tersisa diisi oleh legenda Arsenal yang pernah main di Barca, Thierry Henry (5).