FOLLOW US:


Minim Wakil di Liga Champions, Garcia: Premier League Memalukan

11-04-2017 23:05

 | Luis Garcia

Minim Wakil di Liga Champions, Garcia: Premier League Memalukan
Kegembiraan pemain Leicester usai lolos ke perempat final. © AFP

Bola.net - Mantan pemain Liverpool, Luis Garcia menilai kegagalan klub-klub Premier League mengukir prestasi di Liga Champions sebagai hal yang memalukan. Namun, Garcia tidak bisa menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Wakil-wakil Premier League memang tidak begitu gemilang di pentas Liga Champions dalam beberapa musim terakhir. Pada musim ini, hanya ada Leicester City yang mewakili Premier League di babak perempat final.

"Sudah bertahun-tahun mereka tidak mampu lagi mendominasi. Ini hal yang memalukan karena tidak ada tim besar Inggris di Liga Champions," ucap Garcia kepada Marca.

Redupnya prestasi tim Inggris di pentas Eropa memang terus melanda. Padahal, setiap musim, tim-tim dari Premier League selalu mampu menghadirkan transaksi-transaksi besar di bursa transfer. Pemain bintang selalu hilir dan mudik di sana.

Beberapa kalangan menyebut padatnya jadwal di kompetisi domestik sebagai sebab mengapa tim Premier League tidak mampu bersaing. Namun, Garcia tidak terlalu sepakat dengan analisa tersebut.

"Saya tidak bisa melihat ada sebuah alasan yang pasti, tapi sepakbola adalah tentang siklus dan saat ini La Liga sedang berada di atas. Pengalaman kadang jadi kendala bagi tim Inggris di Eropa. Seperti yang nyata-nyata terjadi di Manchester City," tandasnya.

Pada musim 2016/17 ini, langkah Man City di ajang Liga Champions terhenti di babak 16 besar. Hal yang sama juga menimpa Arsenal. Sementara Tottenham sudah harus tersingkir di fase penyisihan grup.