FOLLOW US:


Monchengladbach vs Manchester City: 4 Alasan Die Fohlen Akan Bikin Kejutan

24-02-2021 06:45

 | Ari Prayoga

Monchengladbach vs Manchester City: 4 Alasan Die Fohlen Akan Bikin Kejutan
Dua pemain Monchengladbach, Marcus Thuram dan Lars Stindl © Pool via AP

Bola.net - Borussia Monchengladbach akan menjalani babak 16 besar Liga Champions 2020/21 dengan terlebih dahulu menjamu Manchseter City. Leg pertama akan digelar di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Kamis (25/02/2021) pukul 03.00 WIB.

Puskas Arena dipilih sebagai venue pertandingan oleh konfederasi sepak bola Eropa menyusul pembatasan di sejumlah negara akibat pandemi Covid-19. Pemerintah Jerman adalah salah satu yang memberlakukan larangan tersebut.

Dilansir transfermarkt, pertandingan ini akan menjadi pertemuan ketujuh Monchengladbach kontra Manchester City di pentas Eropa. Terakhir kali, kedua kesebelasan bersua pada babak penyisihan grup Liga Champions musim 2016/17.

Jika berpatokan pada hasil enam pertemuan sebelumnya, Manchester City tentu lebih diunggulkan. The Citizens menang 3 kali dan hanya kalah satu kali dari Monchengladbach, dua pertandingan lainnya berakhir imbang.

City juga berada di atas angin setelah tak terkalahkan dalam 25 pertandingan terakhirnya di semua ajang. Termasuk belum tersentuh kekalahan pada babak penyisihan Liga Champions hingga keluar sebagai juara grup C.

Namun, meski Manchester City unggul segalanya, Monchengladbach tak boleh diremehkan. Die Fohlen bisa saja membuat kejutan di Puskas Arena tengah pekan ini jika melihat empat alasan berikut.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 4

Status Tuan Rumah

Meski berlangsung di tempat netral, status tuan rumah akan memberikan motivasi tersendiri bagi penggawa Monchengladbach. Terlebih, anak asuh Marco Rose harus menang untuk menjaga peluang lolos .

Selain itu, menurut laman resmi UEFA, Monchengladbach pernah meraih hasil bagus di Budapest pada ajang Europan Cup 1977/78 (sekarang Liga Champions). Kala itu, Die Fohlen mengalahkan wakil Hungaria, Vasas 3-0 pada leg pertama di Nepstadion.

2 dari 4

Catatan Manis Hadapi Wakil Inggris

Monchengladbach juga punya catatan manis ketika menjamu wakil Inggris di kompetisi Eropa. Menurut laman uerocupshistory, Die Fohlen tujuh kali berhadapan dengan kontestan Premier League dengan status sebagai tuan rumah.

Dari pertemuan tersebut, Monchengladbach meraih empat kemenangan, dua kali seri dan satu kali kalah. Selain Manchester City, tim yang dikalahkan adalah Liverpool dan Arsenal.

3 dari 4

Kekuatan Penuh

Laman sportsmole melaporkan bahwa Monchengladbach bisa menurunkan seluruh kekuatannya ketika menjamu Manchester City. Tidak ada pemain yang cedera maupun terganjal akumulasi kartu.

Bahkan, Breel Embolo akan memperbanyak pilihan di sekor serangan Die Fohlen. Termasuk Denis Zakaria yang bisa menambah kekuatan di lini tengah.

4 dari 4

Alassane Plea yang Berbahaya

Monchengdladbach punya sosok kunci di lini serang yang bisa menjadi ancaman serius bagi gawang Manchester City tengah pekan ini. Pemain yang dimaksud adalah Alassane Plea.

Penyerang asal Prancis tersebut telah mencetak 5 gol dari 6 kali penampilannya di ajang Liga Champions. Tambahan 3 assist membuatnya telah terlibat dalam 8 dari 16 gol Die Fohlen di fase grup.

Sumber: UEFA.com, eurocupshistory, transfermarkt, sportsmole

(Bola.net/Mustopa El Abdy)