FOLLOW US:


Pemenang dan Pecundang di Laga Juventus vs Lyon: Si Nyonya Tua Butuh 11 Cristiano Ronaldo

08-08-2020 10:32

 | Afdholud Dzikry

Pemenang dan Pecundang di Laga Juventus vs Lyon: Si Nyonya Tua Butuh 11 Cristiano Ronaldo
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo. © Juventus FC

Bola.net - Harapan Juventus melaju jauh di Liga Champions pupus. Menjamu Lyon di leg kedua babak 16 besar, Sabtu (8/8/2020) dini hari tadi, Bianconeri harus rela tersingkir karena aturan gol tandang meskipun menang 2-1.

Juventus memang harus menjalani laga wajib menang minimal 2 gol tanpa kebobolan di pertandingan yang digelar di Allianz Stadium ini. Bianconeri mampu meraih kemenangan, namun aturan gol tandang menghentikan langkah Juventus meskipun di laga ini menang 2-1.

Dengan agregat 2-2, Lyon yang berhasil melaju ke perempat final karena di leg pertama mereka mampu menang 1-0. Aturan gol tandang berlaku untuk menentukan siapa yang lolos.

Juventus di laga ini sempat tertinggal lebih dahulu di menit ke-12 lewat titik penalti setelah Rodrigo Bentancur menjatuhkan Houssem Aouar di kotak terlarang. Memphis Depay yang maju sebagai eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Bianconeri mampu menyamakan kedudukan dua menit sebelum babak pertama berakhir. Lagi-lagi penalti diberikan wasit setelah menilai Memphis Depay melakukan handball di kotak terlarang. Cristiano Ronaldo yang maju sebagai algojo mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Cristiano Ronaldo kembali membobol gawang Lyon di menit ke-60. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti gagal ditepis kiper Anthony Lopez. Namun gol itu menjadi gol terakhir yang tercipta di laga ini sekaligus memastikan Juventus tak berhasil lolos ke perempat final.

Berikut adalah 6 pemain yang bersinar dan tenggelam di laga Juventus vs Lyon di babak 16 besar Liga Champions dini hari tadi.

1 dari 8

Yang Tenggelam: Rodrigo Bentancur

Rodrigo Bentancur Vs Memphis Depay di laga Juventus vs Lyon pada leg 2 babak 16 besar Liga Champions. (c) AP Photo
Rodrigo Bentancur Vs Memphis Depay di laga Juventus vs Lyon pada leg 2 babak 16 besar Liga Champions. (c) AP Photo

Performa Bentancur di laga ini memang bukan yang terbaik. Terlepas dari tekel darinya yang berbuah penalti (meskipun bisa diperdebatkan), namun diharapkan menjadi penyeimbang permainan, gelandang Uruguay tersebut selalu kalah duel dengan lini tengah Lyon.

Meskipun secara bertahan memiliki peran yang cukup bagus, namun kehadirannya seperti tak tampak ketika dalam transisi menyerang.

2 dari 8

Yang Tenggelam: Federico Bernardeschi

Salah satu performa yang kurang mengesankan dari Bernardeschi. Diharapkan menjadi andalan di lini depan dengan ketiadaan Paulo Dybala yang baru pulih dari cedera, Bernardeschi gagal menampilkan performa terbaik.

Terlepas dari satu penetrasi yang dia lakukan di dalam kotak penalti dan nyaris berbuah gol, Bernardeschi seperti kehilangan arah sepanjang permainannya di lapangan. Yang hanya dia lakukan hanya membawa bola ke lebar lapangan, atau memberikan umpan-umpan pendek yang tak ada visinya.

3 dari 8

Yang Tenggelam: Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain. (c) AP Photo
Gonzalo Higuain. (c) AP Photo

Diharapkan menjadi ujung tombak utama, Gonzalo Higuain justru tak banyak terlibat dalam permainan. Penyerang Argentina tersebut kurang mobilitas dan tak bisa keluar dari penjagaan trio bek Lyon.

Kerjasamanya dengan Cristiano Ronaldo dan Bernardeschi di lini depan juga tak berjalan baik. Sering kali Higuain telat berada di posisi yang seharusnya untuk menerima umpan. Secara keseluruhan, performa yang kurang mengesankan darinya.

4 dari 8

Yang Bersinar: Houssem Aouar

Performa apik dari Houssem Aouar di laga ini. Mampu menjadi kreator serangan, dan juga tak sungkan membantu pertahanan ketika dibutuhkan.

Meskipun bermain lebih ke dalam, namun Houssem Aouar menunjukkan ia mampu bermain di level tinggi di laga papan atas. Salah satu penetrasinya berbuah penalti di awal laga, di mana saat itu ia harus dijatuhkan Bentancur.

5 dari 8

Yang Bersinar: Maxence Caqueret

Sebuah debut yang solid dari pemain 20 tahun ini. Melawan para pemain beken dari Juventus, Maxence Caqueret tak menunjukkan keraguan dan rasa takut.

Berduet dengan Hossem Aouar di lini tengah, Maxence Caqueret mampu mengimbangi lini tengah Juventus. Kemampuan dribel, dan kecepatan larinya berulang kali menginisiasi serangan balik Lyon.

6 dari 8

Yang Bersinar: Cristiano Ronaldo

Selebrasi Cristiano Ronaldo usai bobol gawang Lyon. (c) AP Photo
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai bobol gawang Lyon. (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo kembali menunjukkan mental pemenang. Untuk kesekian kalinya musim ini, dia membuktikan bisa menjadi harapan ketika segala sesuatunya tak berjalan sesuai harapan.

Meskipun tak mampu membawa Juventus melenggang ke perempat final Liga Champions, namun performanya sangat mengesankan. Dan di laga ini juga menunjukkan betapa besar mentalitas dan rasa lapar yang ia miliki.

Whoscored mencatat Cristiano Ronaldo melakukan tiga shots on target dan membuat dua umpan kunci sepanjang pertandingan.

7 dari 8

Yang Bersinar: Marcelo

Performanya di jantung pertahanan Lyon sungguh brilian. Salah satu yang terpenting adalah ketika ia menggagalan peluang emas Federico Bernadeschi yang tinggal memasukkan bola ke dalam gawang.

Momen itu membuat Lyon tetap di dalam permainan. Dan sepanjang laga, Whoscored mencatat Marcelo melakukan 3 tekel sukses, 2 intersep, dan 5 sapuan untuk menghalau setiap serangan Juventus. Brilian.

Sumber: Whoscored

8 dari 8

Tonton Mini Match Juventus vs Lyon