FOLLOW US:


Perbandingan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam Satu Dekade Terakhir, Siapa yang Terbaik?

25-12-2019 00:02

 | Yaumil Azis

Perbandingan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam Satu Dekade Terakhir, Siapa yang Terbaik?
Cristiano Ronaldo ketika masih berseragam Real Madrid dan Lionel Messi © AFP

Bola.net - Satu dekade sudah terlewati, tetapi belum ada kesimpulan dari perdebatan soal siapa yang terbaik di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Statistik ini mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk menjawabnya.

Messi dan Ronaldo mulai sering dibandingkan saat mereka bersaing untuk pertama kalinya dalam ajang penghargaan Ballon d'Or. Sampai akhirnya gelandang Real Madrid, Luka Modric, mengakhiri hegemoninya di tahun 2018.

Pada tahun ini, Lionel Messi dinyatakan sebagai pemenang Ballon d'Or. Dengan demikian, pria asal Argentina itu punya koleksi trofi yang lebih banyak dari Ronaldo. Tapi perdebatan masih terus berlanjut sampai sekarang.

Givemesport menyediakan sejumlah statistik penting yang bisa dijadikan acuan bagi Bolaneters untuk menentukan pemain terbaik. Messi atau Ronaldo? Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 7

Gol di level Klub

Lionel Messi 522 - 478 Cristiano Ronaldo

Perolehan yang luar biasa. Dari sini, diketahui bahwa Messi unggul 50 gol atas Cristiano Ronaldo.

Perlu diketahui juga bahwa Messi memiliki rata-rata sebesar 52 gol per tahunnya. Sementara Ronaldo hanya mencetak 48 gol per tahun.

Pencapaian terbaik Messi terjadi di tahun 2012, di mana dirinya sukses mengantongi 79 gol. Sementara era terbaik Ronaldo terlihat di tahun 2013 dengan koleksi 58 gol saat masih memperkuat Real Madrid.

2 dari 7

Assist di Level Klub

Lionel Messi 205-140 Cristiano Ronaldo

Lagi-lagi, ini adalah angka yang sangat luar biasa. Ronaldo masih terus berupaya agar bisa menyamai sang rival. Tetapi, seiring pertambahan umur, kualitas Ronaldo mulai terlihat menurun.

Namun angka assist Ronaldo sendiri sebenarnya bukanlah yang utama. Sebab ia dikenal lebih handal dalam urusan mencetak gol. Sementara Messi mampu melakukan kedua hal tersebut.

3 dari 7

Trofi untuk Klub

Lionel Messi 23-17 Cristiano Ronaldo

Messi kembali mengungguli bintang asal Portugal tersebut. 23 trofi berhasil ia persembahkan untuk Barcelona, tujuh di antaranya berasal dari ajang La Liga.

Sementara itu, Ronaldo hanya mampu meraih tiga gelar liga saja (dua dari La Liga dan satu Serie A). Tetapi, ia pantas untuk bersikap sombong saat membicarakan perolehan trofi dari ajang Liga Champions.

Ronaldo berhasil memenangkan empat trofi Liga Champions di sepanjang karirnya (2014, 2016, 2017, dan 2018) dalam satu dekade ini. Sedangkan Messi hanya mampu meraih dua saja (2011 dan 2015).

4 dari 7

Gol di Level International

Lionel Messi 57 - 77 Cristiano Ronaldo

Jikalau Messi unggul di level klub, tidak demikian saat tampil bersama tim nasional. Dalam pentas internasional, Ronaldo tampak lebih superior dari bintang asal Argentina tersebut.

Ronaldo berhasil membukukan 77 gol bersama Timnas Portugal. Lebih banyak 20 gol dari yang dipersembahkan Messi untuk Timnas Argentina.

5 dari 7

Trofi di Level International

Lionel Messi 0 - 2 Cristiano Ronaldo

Kembali, Ronaldo lebih unggul di level internasional. Ia sudah menyumbang dua trofi untuk Portugal, masing-masing dari ajang Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2019.

Sementara itu, Messi belum pernah mempersembahkan gelar bergengsi untuk Argentina. Prestasi terbaiknya sampai saat ini adalah mencapai final di ajang Piala Dunia 2014 serta Copa America 2015 dan 2016.

Namun bukan berarti prestasi Messi di pentas internasional benar-benar 'bersih'. Pada tahun 2008 lalu, ia membantu tim berjuluk Albiceleste tersebut meraih pemenang di ajang Olimpade pada cabang olahraga sepak bola.

6 dari 7

Trofi Ballon d'Or dan Rating

Ballon d'Or

Lionel Messi 5 - 4 Cristiano Ronaldo

Keduanya sempat memiliki perolehan trofi Ballon d'Or yang sama. Sampai kemudian Messi memenangkannya lagi tahun 2019 ini. Jika ditotal, ini adalah trofi Ballon d'Or Messi yang keenam.

Rating

Lionel Messi 8.62 - 8.05 Cristiano Ronaldo

Situs statistik terkemuka, Whoscored, merekam rating Messi dan Ronaldo dalam satu dekade terakhir. Dan jika ditotal, Messi diketahui memiliki angka yang lebih baik dari Ronaldo.

7 dari 7

Kesimpulan

Lionel Messi 5 -2 Cristiano Ronaldo

Dari beberapa kategori di atas, bisa dikatakan bahwa Messi lebih sukses ketimbang Ronaldo dalam satu dekade terakhir. Namun keunggulannya hanya berlaku pada level klub saja.

Sementara itu, Ronaldo lebih sukses dari Messi di pentas internasional. Baik secara gol maupun raihan trofi.

Seiring berjalannya waktu, semakin bertambah pula umur Messi dan Ronaldo. Dalam beberapa tahun ke depan, kedua pemain tersebut akan menutup karirnya di dunia sepak bola profesional. Oleh karenanya, nikmatilah selagi bisa.

(Give Me Sport)