FOLLOW US:


Preview: Real Madrid vs Basel, Buang Memori Kelam

15-09-2014 19:37

 | Carlo Ancelotti

Preview: Real Madrid vs Basel, Buang Memori Kelam
Madrid berusaha meraih kemenangan lawan Basel. © Bolanet
Bola.netBola.net - Real Madrid harus melupakan memori kelam mereka di La Liga, seiring usaha tim untuk mempertahankan trofi Liga Champions yang mereka raih musim lalu dengan menjamu FC Basel di Santiago Bernabeu (17/9).

Madrid sempat membuka harapan di kompetisi domestik dengan menang 2-0 atas Cordoba di pekan perdana La Liga, usai sebelumnya kalah bersaing dengan Atletico Madrid di dua leg laga perebutan trofi Super Spanyol.

Namun dua hasil buruk secara beruntun menimpa Madrid tak lama kemudian. Dimulai dengan kunjungan ke Anoeta, di mana Los Blancos takluk 2-4 dari Real Sociedad meski sempat unggul 2-0 dalam 11 menit.

Sementara pekan lalu, Carlo Ancelotti dipaksa melihat anak buahnya sekali lagi tunduk di tangan Atletico Madrid dalam derby Madrileno yang berlangsung di Bernabeu.

Dua hasil negatif tersebut jelas bukan modal yang bagus untuk bermain di Liga Champions. Namun FC Basel juga bukan tim yang memiliki kelas untuk menandingi kekuatan Madrid.

Catatan statistik menunjukkan bahwa Los Blancos punya rekor 100% ketika mereka bertemu dengan tim asal Swiss. Mereka mencetak 42 gol dan hanya kemasukan dua gol dalam 10 pertandingan. Ditambah lagi, Real selalu menang di enam laga kandang terakhir mereka di Liga Champions.

Ancelotti sendiri punya skuat yang hampir bebas cedera. Pengecualian untuk Sami Khedira dan bek kanan Dani Carvajal yang mungkin masih akan terus absen untuk memulihkan kondisi mereka.

Sementara itu, Basel, yang dilatih oleh mantan gelandang Juventus dan Borussia Dortmund, Paulo Sosa, kemungkinan akan menurunkan Walter Samuel di tim inti mereka.

Pemain veteran Argentian itu sempat menghabiskan satu musim di Real, di mana i mencetak dua gol dalam 40 penampilan di musim kompetisi 2004/05.

Real dan Basel pernah saling jumpa di Piala UEFA 1971. Madrid menang dengan skor 4-2 secara agregat untuk lolos ke babak dua turnamen tersebut.

1 dari 6

Perkiraan Susunan Pemain

Perkiraan Susunan Pemain
Real Madrid: Casillas; Ramos, Varane, Pepe, Marcelo; Modric, Kroos; Isco, Rodriguez, Bale; Benzema

Basel: Vaclik; Safari, Samuel, Schar, Suchy; Xhaka, Frei, Calla, El Nenny, Kakitani; Streller
2 dari 6

Data dan Fakta

Data dan Fakta
- Real Madrid memiliki rekor sempurna ketika menghadapi tim asal Swiss. Dari 10 kali pertemuan, Los Blancos mencetak 42 gol dan hanya kemasukan dua gol.
- Basel merupakan satu-satunya tim asal Swiss yang pernah memasukkan gol ke gawang Real Madrid.
- Basel kini duduk di peringkat satu Liga Swiss, usai mencatat enam kemenangan dari delapan pertandingan yang sudah mereka mainkan.
- Real Madrid menelan dua kekalahan dari tiga laga awal mereka di La Liga.
- Prestasi maksimal Basel di Liga Champions adalah lolos ke babak 16 besar di musim 2011/12.
3 dari 6

Head to Head

Head to Head
Real Madrid belum pernah lagi berjumpa dengan FC Basel di laga kompetitif semenjak babak pertama Piala UEFA di musim 1971/72.

Kala itu Madrid membalikkan keadaan untuk menang 2-1 di Swiss, sebelum akhirnya lolos ke babak kedua dengan agregat 4-2.
4 dari 6

Lima Laga Terakhir

Lima Laga Terakhir
Real Madrid:

17/08/14 Real Madrid  1 - 2  Fiorentina 
20/08/14 Real Madrid  1 - 1  Atlético Madrid 
23/08/14 Atlético Madrid  1 - 0  Real Madrid 
26/08/14 Real Madrid  2 - 0  Córdoba 
01/09/14 Real Sociedad  4 - 2  Real Madrid

FC Basel:

10/08/14 FC Basel  4 - 1  FC Zürich 
15/08/14 FC Basel  0 - 2  FC Saint-Gall 1879 
17/08/14 FC Sion  2 - 3  FC Basel 
23/08/14 Italien  0 - 4  FC Basel
31/08/14 FC Basel  3 - 1  BSC Young Boys
5 dari 6

Komparasi Skuat

Komparasi Skuat
Real Madrid:

Rata-rata umur skuat: 25
Termuda: 19 (Raúl de Tomás)
Tertua: 33 (Casillas)
Pemain di bawah 21 tahun: 5
Pemain asing: 13
Pemain non-Eropa: 5

FC Basel:

Rata-rata umur skuat: 25,5
Termuda: 17 (B. Embolo)
Tertua: 36 (W. Samuel)
Pemain di bawah 21 tahun: 6
Pemain asing: 14
Pemain non-Eropa: 22
6 dari 6

Prediksi

Prediksi
Tekanan untuk menang jelas amat terasa dalam skuat Real Madrid saat ini. Apalagi klub sudah mengeluarkan dana besar untuk membeli bintang seperti Toni Kroos dan James Rodriguez di bursa musim panas.

Presiden Florentino Perez sudah pasti ingin melihat Carlo Ancelotti membawa Madrid kembali ke jalur kemenangan, terlebih usai suara suporter yang memintanya mundur terdengar di Santiago Bernabeu.

Cristiano Ronaldo bakal kembali jadi andalan Madrid di pertandingan kali ini, mengingat pemain asal Portugal itu juga jadi satu-satunya sosok yang mampu menaklukkan gawang Atletico saat mereka kalah di derby pekan lalu.

Bolanet memprediksi pertandingan ini bakal dimenangkan oleh Real Madrid dengan skor 2-0. Bagaimana menurut kalian Bolaneters?