FOLLOW US:


Puluhan Rekor Ronaldo-Messi yang Bakal Buat Kamu Berpikir: Mereka Ini Manusia atau Bukan Sih?

09-05-2020 09:30

 | Richard Andreas

Puluhan Rekor Ronaldo-Messi yang Bakal Buat Kamu Berpikir: Mereka Ini Manusia atau Bukan Sih?
Lionel Messi mencetak hattrick ke gawang Mallorca pada pekan 16 La Liga 2019/2020, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Perbandingan Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi dalam konteks pesepak bola nomor satu di dunia sudah terlalu sering dibicarakan, bahkan cenderung membosankan. Sebab itu, kali ini Bola.net ingin membuktikan bahwa Ronaldo-Messi sama-sama bermain di level yang jauh lebih tinggi dari jutaan pesepak bola lainnya.

Alih-alih menduelkan keduanya, sepertinya lebih menarik mengulas 'jurang kualitas' yang diciptakan Ronaldo-Messi dari pesaing-pesaingnya. Selama 15 tahun terakhir, keduanya terus mendominasi wajah sepak bola Eropa dan dunia.

Singkatnya, sebenarnya ada banyak pesepak bola yang bermain di level tinggi. Sebut saja Luis Suarez, Neymar, Eden Hazard, dan beberapa nama lainnya. Namun, Ronaldo-Messi masih terlalu jauh dari jangkauan mereka, keduanya memimpin di level yang beberapa tingkat lebih tinggi.

Jurang kualitas ini dibuktikan dengan rekor-rekor yang dipegang Ronaldo-Messi. Sebagai contoh, Messi unggul dengan 6 trofi Ballon d'Or, Ronaldo dengan 5 trofi. Tercatat, sepanjang sejarah tidak ada pemain yang pernah meraih lebih dari 3 trofi Ballon d'Or sebelum era Ronaldo-Messi.

Menarik kan? Kira-kira rekor apa saja yang membuktikan perbedaan kualitas Ronaldo-Messi di puncak daftar pemain terbaik di dunia? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 12

Gol terbanyak di lima liga top Eropa

Ronaldo: 440
Messi: 438

Trivia: Andai keduanya tidak mencetak gol lagi di liga dan Harry Kane mencetak 30 gol per musim dalam 10 tahun ke depan, dia masih minus 4 gol dari rekor Ronaldo.

2 dari 12

Gol terbanyak dalam semusim liga

Messi: 73
Ronaldo: 61

Trivia: Ada tiga peraih Golden Boot Premier League musim 2018/29 lalu: Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Pierre Emerick Aubameyang yang sama-sama mencetak 22 gol. Andai torehan ketiganya dijumlahkan (66) pun masih minus 7 gol dari rekor Messi seorang.

3 dari 12

Torehan minimal 50 gol semusim secara beruntun

Cristiano Ronaldo. (c) AFP
Cristiano Ronaldo. (c) AFP

Ronaldo: 6 (beruntun)
Messi: 3 (total 6 musim)

Trivia: Hanya ada empat pemain dalam sejarah lima liga top Eropa yang pernah menutup musim dengan setidak-tidaknya 50 gol. Ronaldo dan Messi masuk kelompok istimewa itu.

4 dari 12

Gol terbanyak dalam satu tahun kalender (klub dan internasional)

Messi: 91 (2011)
Ronaldo: 69 (2012)

Trivia: 91 gol dalam satu tahun kalender, 12 bulan. Mudahnya, Messi bisa mencetak rerata 1,75 gol setiap pekan selama satu tahun penuh. Di sisi lain, ada Ronaldo yang memegang rekor gol internasional terbanyak dalam satu tahun kalender: 32 gol (Messi: 25)

5 dari 12

Gol terbanyak di Liga Champions

Ronaldo: 128
Messi: 114

Trivia: Ronaldo dan Messi masing-masing melampaui banyak nama top. Andai koleksi Ruud van Nistelrooy (56) dan Thierry Henry (50) ditambahkan, hasilnya tetap tidak bisa melampaui catatan messi dan Ronaldo. Ronaldo juga memimpin jumlah assists terbanyak (39), Messi nomor dua.

6 dari 12

Gol terbanyak dalam semusim Liga Champions

Cristiano Ronaldo (c) AFP
Cristiano Ronaldo (c) AFP

Ronaldo: 17
Messi: 14

Trivia: untuk satu hal ini Ronaldo nyaris tidak tertandingi. Dia mendominasi tiga besar top scorer UCl dengan 17 gol (2013/14), 16 gol, dan 15 gol. Messi mengikuti dengan 14 gol.

7 dari 12

Ballon d'Or paling banyak

Messi: 6
Ronaldo: 5

Trivia: Messi juga memegang rekor rentang waktu terlama antara keberhasilan meraih Ballon d'Or. Trofi keenam Messi datang satu dekade setelah trofi pertamanya. Sampai sekarang, tidak ada pemain lain yang mendekati rekor Messi dan Ronaldo (maksimal 3 trofi)

8 dari 12

Golden shoe terbanyak

Messi: 6
Ronaldo: 4

Trivia: Tidak ada pemain lain yang punya koleksi lebih dari dua

9 dari 12

Hattrick terbanyak (klub dan internasional)

Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo
Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo

Ronaldo: 56
Messi: 52

Trivia: Ronaldo mengoleksi 34 hattricks untuk Real Madrid, Messi 36 hattricks untuk Barcelona. Sebagai perbandingan, rekor hattrick Premier league dipegang Sergio Aguero dengan 12 trigol saja.

10 dari 12

Trivia Ronaldo

Ronaldo mencetak gol internasional terbanyak di panggung Eropa (99), dia masih minus 10 gol dari rekor dunia yang dicetak Ali Daei

Ronaldo memegang rekor untuk tim internasional yang paling banyak dia jebol (41)

Ronaldo merupakan pemain pertama yang bisa mencetak gol dalam 10 turnamen internasional secara beruntun (4 Euro, 4 Piala Dunia, 2 Piala Konfederasi)

Ronaldo adalah satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol di partai final Liga Champions dengan dua tim berbeda (MU dan Real Madrid)

Ronaldo adalah satu-satunya pemain yang bisa mencetak 10 gol ke gawang satu tim di Liga Champions (Juventus)

Ronaldo, bersama Zlatan Ibrahimovic, adalah satu-satunya pemain yang pernah mencetak gol di setiap menit pertandingan resmi (1-90)

Ronaldo adalah pemain pertama yang bisa menjuarai kasta tertinggi Liga Inggris, Spanyol, dan Italia

11 dari 12

Trivia Messi

Messi adalah satu-satunya pemain yang bisa mencetak lebih dari 40 gol dalam 10 musim beruntun

Messi memegang rekor pencetak gol terbanyak dalam sejarah La Liga dengan 438 gol, Ronaldo nomor dua dengan 311 gol

Messi adalah satu-satunya pemain yang pernah menjebol gawang semua tim dalam satu musim liga (19 lawan, 30 gol di musim 2011/12)

Messi dan Ronaldo sama-sama memegang rekor penampilan terbanyak di FIFPro World XI (13 kali)

12 dari 12

Masih perlu dibandingkan?

Lionel Messi mencetak hattrick ke gawang Mallorca pada pekan 16 La Liga 2019/2020, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB. (c) AP Photo
Lionel Messi mencetak hattrick ke gawang Mallorca pada pekan 16 La Liga 2019/2020, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB. (c) AP Photo

Barisan rekor di atas menegaskan satu hal: Ronaldo dan Messi berada di dunia berbeda. Ada jurang yang begitu lebar, yang memisahkan Ronaldo-Messi dengan pemain-pemain hebat lainnya di dunia sepak bola.

Generasi penikmat sepak bola saat ini sebenarnya beruntung bisa menyaksikan langsung aksi-aksi terbaik Messi dan Ronaldo di lapangan. Sebab itu, daripada berdebat tentang siapa yang nomor satu, sepertinya lebih baik menggunakan waktu untuk mengapresiasi mereka berdua.

Sebab, sepahit apa pun, faktanya Messi dan Ronaldo tidak bisa bermain selamanya. Mereka akan segera pensiun, sepak bola akan kehilangan dua talenta terbaiknya sepanjang masa.

Sumber: Berbagai sumber