FOLLOW US:


Risiko Pilih Formasi 3-5-2, Apa Sih Maunya Zidane?

06-05-2021 10:00

 | Richard Andreas

Risiko Pilih Formasi 3-5-2, Apa Sih Maunya Zidane?
Vinicius Jr ketika tampil melawan Liverpool di perempat final Liga Champions 2020-2021. © AP Photo

Bola.net - Zinedine Zidane mengambil risiko besar dengan memilih formasi 3-5-2 dalam duel tandang Real Madrid ke markas Chelsea. Hasilnya, Los Blancos harus mengaku kalah dengan skor 0-2.

Bertajuk leg kedua semifinal Liga Champions 2020/21, Kamis (6/5/2021), Madrid harus mengakui keunggulan Chelsea. Los Blancos tersingkir dengan kalah agregat 1-3.

Duel di Stamford Bridge tadi berjalan berat sebelah. Chelsea tampil luar biasa, Madrid kelimpungan. Zidane pun harus mengakui kekuatan The Blues yang layak lolos.

Meski begitu, Zidane merasa tidak ada yang salah dengan keputusannya menurunkan formasi 3-5-2. Apa kata Zidane?

1 dari 2

Alasan pilih formasi

Zidane yakin keputusannya memilih formasi 3-5-2 sudah jadi yang terbaik. Formasi itu sudah terbukti berulang kali, hanya kali ini tidak berjalan lancar. Meski begitu, bukan berarti formasinya yang salah.

"Formasi itu sangat jelas. Kami bermain dengan tiga bek di belakang dan dua wing-back. Kami sudah memainkan banyak pertandingan dengan formasi ini," ujar Zidane di Realmadrid.com.

"Sayangnya hari ini gagal karena kami kalah dalam banyak duel dan permainan kami kurang sesuatu. Itu benar, tapi kami sudah melakukan yang terbaik dan begitulah sepak bola."

2 dari 2

Andai bisa bikin gol

Menurut Zidane masalahnya bukan pada formasi Madrid, tapi pada minimnya peluang mereka. Andai bisa mencetak satu gol, Zidane yakin arah pertandingan akan lebih terbuka dan semakin seimbang.

"Meski demikian, pertandingan seperti ini sangat menuntut dan kami memulai laga dengan banyak peluang. Andai bisa mencetak gol, situasi bisa berubah," lanjut Zidane.

"Namun, ternyata yang terjadi tidak demikian dan laga semakin sulit karena mereka punya banyak peluang untuk mencetak gol."

"Mereka pantas menang, begitulah adanya," tutupnya.

Sumber: Real Madrid