FOLLOW US:


Ronaldo dan Messi Pimpin 'Team of Decade' Versi France Football

31-12-2019 21:34

 | Dimas Ardi Prasetya

Ronaldo dan Messi Pimpin 'Team of Decade' Versi France Football
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi © AFP

Bola.net - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masuk dalam susunan 11 pemain terbaik dalam satu dekade terakhir versi majalah France Football.

Banyak nama pemain top yang berseliweran dalam satu dekade terakhir di jagat kompetisi sepak bola eropa. Ada pemain hebat yang sudah pensiun dalam kurun waktu 2010 hingga 2020 ini.

Ada juga yang namanya masih eksis sampai sekarang. Ada juga pemain yang namanya baru-baru ini mulai menunjukkan kehebatannya di kancah sepak bola Eropa dan dunia.

Dari ribuan nama yang ada, France Football kemudian memilih 11 pemain terbaik dari tahun 2010 hingga 2020. Selain Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, ada pula nama seperti Virgil Van Dijk, Sergio Ramos, hingga Xavi.

Siapa saja nama-nama lain yang masuk 'Team of Decade' itu? Simak di bawah ini Bolaneters.

1 dari 4

Kiper

Kiper
Iker Casillas © AFP

Iker Casillas

Banyak kiper top di dunia yang eksis dalam 10 tahun terakhir. Contohnya saja Gianluigi Buffon, Thibaut Courtois, hingga Petr Cech.

Namun akhirnya France Football memilih Iker Casillas sebagai yang terbaik. Ini tak lepas dari statusnya sebagai pemenang Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 bersama Spanyol.

Casillas juga menjad juara Liga Champions 2014 bersama Real Madrid. Masuknya namanya dalam nominasi Ballon d'Or tahun 2010, 2011 dan 2012 juga merupakan faktor dalam pemilihannya.

2 dari 4

Defender

Defender
Sergio Ramos mencetak satu gol saat Real Madrid berjumpa Deportivo Alaves, Sabtu (30/11/2019) malam WIB. © AP Photo

Philipp Lahm - Virgil Van Dijk - Sergio Ramos - Marcelo

Philipp Lahm dan Virgil van Dijk adalah dua pemain dalam tim ini yang belum pernah bermain di kompetisi La Liga. Mereka bergabung dalam lini pertahanan bersama Sergio Ramos dan Marcelo.

Keduanya telah mengumpulkan empat trofi juara Liga Champions di Madrid selama satu dekade terakhir. Ramos, seperti Casillas, juga membantu Spanyol meraih gelar juara Piala Dunia dan Euro.

Van Dijk merupakan bagian integral dari kemenangan Liverpool di Liga Champions pada bulan Juni 2019 kemarin. Bek asal Belanda ini juga berada berada di urutan kedua setelah Lionel Messi dalam pemungutan suara untuk Ballon d'Or 2019.

Sementara itu Lahm mengangkat trofi Piala Dunia bersama Timnas Jerman pada 2014. Dan bersama Bayern Munchen, ia mengoleksi banyak trofi juara, khususnya di pentas Bundesliga. Ia juga sempat meraih treble bersama Bayern pada musim 2012/13.

3 dari 4

Gelandang

Gelandang
Xavi © FCB

Luka Modric - Xavi - Andres Iniesta

Luka Modric, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta mengisi pos gelandang pilihan France Football. Modric dianugerahi Ballon d'Or pada tahun 2018 setelah memimpin Kroasia ke final Piala Dunia.

Kemudian bersama dengan Ramos dan Marcelo, menjadi tokoh kunci di tim Real Madrid yang mengklaim kuartet mahkota Eropa antara tahun 2014 dan 2018.

Sementara itu, Xavi dan Iniesta, bersama Messi, merupakan pemain vital di tim Barcelona yang dilatih oleh Josep Guardiola. Mereka juga berperan penting dalam kemenangan Spanyol di Piala Dunia di Afrika Selatan. Iniesta sendiri merupakan pemain yang mencetak gol kemenangan di babak perpanjangan waktu saat Spanyol berlaga di final melawan Belanda.

4 dari 4

Penyerang

Penyerang
Selebrasi Neymar saat membobol gawang Kolombia pada partai uji coba Sabtu (7/9) © AP Photo

Lionel Messi - Cristiano Ronaldo - Neymar

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi adalah dua individu yang dominan dalam sepak bola beberapa tahun terakhir. Ronaldo dan Messi sendiri mengakhiri dekade ini dengan status sebagai dua kolektor Ballon d'Or terbanyak, masing-masing dengan lima dan enam penghargaan.

Ronaldo juga meraih banyak gelar bersama Real Madrid, termasuk di timnya sekarang ini, Juventus. Sementara Messi juga sangat sukses bersama Barcelona, meski lebih seringnya hanya di pentas domestik.

Sedangkan untuk Neymar, France Football menjelaskan bahwa pemain Brasil itu terpilih tidak hanya karena perannya dalam membantu Santos, Barcelona dan PSG meraih berbagai trofi. Ia juga dipilih berkat membantu Selecao memenangkan medali emas negaranya di Olimpiade 2016 di Rio.

Bagaimana Bolaneters, sepakat dengan pilihan 11 pemain terbaik 2010-2020 versi France Football ini?

(france football/as)