FOLLOW US:


Seperti Apa Messi di Usia 18 Tahun? Begini Hasil Laporan Tim Pengintai Chelsea

07-09-2021 05:45

 | Yaumil Azis

Seperti Apa Messi di Usia 18 Tahun? Begini Hasil Laporan Tim Pengintai Chelsea
Lionel Messi setelah menjalani debut bersama PSG melawan Reims di lanjutan Ligue 1 2021-2022. © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi sudah mulai menarik perhatian banyak klub papan atas Eropa sejak masih belia. Baik buat klub yang meminatinya atau menganggapnya sebagai lawan.

Messi adalah salah satu contoh dari loyalitas pemain pada suatu klub yang kini jarang terlihat di era sepak bola modern. Pemain asal Argentina tersebut tak pernah berganti seragam dan selalu setia kepada Barcelona.

Setelah memperkuat Barcelona selama 21 tahun, Messi akhirnya angkat kaki dari Camp Nou. Itupun kepergiannya tidak begitu diinginkan, karena kedua belah pihak sebenarnya telah sepakat untuk memperpanjang kontrak kerja sama.

Kontrak Messi bersama Barcelona berakhir padal bulan Juli lalu. Sayangnya, Barcelona tak mampu memberinya kontrak baru lantaran terganjal regulasi salary cap yang ditetapkan oleh La Liga.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Pernah Dipantau Villas-Boas

Singkat kata, Messi memutuskan bergabung dengan PSG. Ia terikat kontrak berdurasi dua tahun bersama klub papan atas Prancis tersebut.

Yang tersisa dari kisah Messi dan Barcelona kini menjadi sekadar kenangan belaka. Termasuk laporan dari tim pengintai Chelsea ketika dirinya masih berusia 18 tahun, yang baru-baru ini terungkap ke hadapan publik.

Andre Villas-Boas, yang kala itu masih menjabat sebagai asisten pelatih Jose Mourinho di Chelsea, pernah ditugaskan memantau Messi di tahun 2005. Ia tidak sungkan memberikan pujian setinggi langit kepada sang pemain dalam laporannya.

Satu hal yang Villas-Boas ketahui adalah Messi sangat berbahaya ketika bola telah sampai di kaki kirinya. Ia bahkan tak sungkan menyandingkan dirinya dengan pemain andalan Barcelona lainnya, Ronaldinho.

2 dari 2

Hasil Pantauan

"Kualitas + kecepatan, tapi sangat mengandalkan kaki kiri. Memiliki perilaku yang sama seperti Ronaldinho. Berada di antara lini atau diagonal. Mendorong tim ke depan saat membawa bola. Luar biasa dalam satu lawan satu."

"Jika opsinya adalah melanggarnya, penting untuk dilakukan di luar kotak penalti dan sedini mungkin. [Telah] pulih dari cedera baru-baru ini." begitu hasil pantauan Villas-Boas, seperti yang diungkap oleh Football Talent Scout.

Barcelona dan Chelsea saling bertatap muka di Stamford Bridge dalam laga 16 besar Liga Champions tahun 2005 lalu. Barcelona berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1 berkat gol bunuh diri John Terry dan aksi Samuel Eto'o.

Kendati tidak menghasilkan gol, namun peran Messi yang kala itu masih memakai nomor punggung 30 sangat terasa. Terutama dalam membuat bek Chelsea, Asier Del Horno, meninggalkan lapangan lebih dulu karena mendapatkan kartu merah.

(Football Talent Scout - via Mirror)