FOLLOW US:


Siapa Bek Kiri Terbaik di Dunia? Tentu Saja Andrew Robertson

07-06-2019 23:31

 | Dimas Ardi Prasetya

Siapa Bek Kiri Terbaik di Dunia? Tentu Saja Andrew Robertson
Andrew Robertson merayakan kemenangan Liverpool atas Tottenham di final Liga Champions 2018-19. © AP Photo

Bola.net - Eks defender Newcastle Jose Enrique menyebut Andrew Robertson kini bisa disebut sebagai bek kiri terbaik di dunia.

Robertson tampil apik bersama dengan Liverpool sejak dibeli dari Hull City pada musim panas 2017 lalu. Ia menjadi pemain pilihan utama Jurgen Klopp di sektor bek kiri.

Performanya terus mengalami peningkatan. Ia tak cuma jago bertahan tapi juga piawai memberikan assist pada trio lini serang Liverpool.

Musim ini, ia menjadi bagian vital Liverpool dalam kesukesan mereka menjadi juara Liga Champions. Ia juga ikut mengantar The Reds bersaing ketat dengan Manchester City dalam perburuan trofi Premier League.

Total pada musim ini ia tampil sebanyak 48 kali di pantas Liga Champions dan Premier League. Ia berhasil menyumbangkan 13 assist.

Hebatnya lagi, Liverpool dahulu hanya membelinya seharga delapan juta pounds. Ia kini menjelma menjadi salah satu bek terbaik di dunia dan didapuk sebagai kapten timnas Skotlandia.

1 dari 2

Lebih Baik dari Alba


Saat ini ada banyak bek kiri top. Di antaranya Marcelo, David Alaba dan juga Jordi Alba. Dan menurut Enrique, Robertson lebih baik dari bek Barcelona tersebut dan layak disebut sebagai bek kiri paling top.

"Saya mengatakan kepadanya setelah pertandingan [Liga Champions] di pesta itu, bagi saya, ia telah menjadi bek kiri terbaik di dunia tahun ini," kata Enrique kepada laman resmi Liverpool.

“Jordi Alba juga bagus tapi ia [Robertson] tidak bisa dipercaya. Ia telah memberikan banyak assist, berkontribusi pada tim dengan ofensif dan defensif juga," terangnya.

“Bagi saya, ia adalah salah satu pemain terbaik untuk Liverpool tahun ini,” puji pria asal Spanyol ini.

2 dari 2

Lega Lolos dari Maut


Enrique sebelumnya dipaksa untuk pensiun bermain di usia 33 tahun. Sebab ia menderita tumor otak.
Ia sudah menjalani operasi untuk mengangkat tumor tersebut. Sekarang Enrique mengaku lega ia sudah pulih dan lolos dari maut.

"Perasaan yang luar biasa, ini merupakan tahun yang sangat sulit bagi saya dan keluarga saya," ucap Enrique.

“Pada tanggal 12 itu akan menjadi setahun sejak operasi saya. Jadi setahun kemudian, saya di sini, saya hidup dan saya bisa bermain sepakbola. Saya sangat senang tentang itu," serunya.

"Untuk mendapatkan kesempatan untuk datang ke Hong Kong, di tempat yang belum pernah saya kunjungi, dan bermain untuk Liverpool lagi sangat, sangat bagus."

Jose Enrique sendiri mendatangi Hong Kong untuk memperkuat tim Liverpool Legenda menjalani laga eksibisi. Mereka akan berhadapan dengan tim Borussia Dortmund Legend pada akhir pekan ini.