FOLLOW US:


Starting XI Real Madrid 'La Decima', Bagaimana Nasib Mereka Sekarang?

14-05-2020 09:21

 | Yaumil Azis

Starting XI Real Madrid 'La Decima', Bagaimana Nasib Mereka Sekarang?
Skuat Real Madrid merayakan gelar Liga Champions di tahun 2014. © Real Madrid Official

Bola.net - Ambisi Real Madrid yang sempat tertahan lama akhirnya berhasil dituntaskan pada tahun 2014. Ya, klub berjuluk Los Merengues itu akhirnya meraih status 'La Decima' di ajang Liga Champions.

Real Madrid memang sempat melempem dalam ajang Liga Champions sejak menjuarainya di tahun 2002. Mereka selalu gagal mengulangi pencapaian yang sama kendati skuatnya dihuni banyak pemain hebat dari seluruh penjuru dunia.

'La Decima' ini kemudian menjadi tonggak awal kesuksesan baru Real Madrid di Eropa. Mereka kemudian mendapatkan trofi Liga Champions dalam tiga musim berturut-turut, mulai dari 2015/16 sampai 2017/18.

Skuat 'La Decima' memang pantas untuk dikenang. Sayang, tidak semua pemain bisa bertahan lama di Real Madrid. Bola.net menyajikan informasi seputar pemain yang masuk dalam starting XI Los Merengues pada tahun itu beserta nasibnya sekarang.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3

Lini Belakang

Kiper - Iker Casillas

'Santo Iker' adalah salah satu pelayan setia Real Madrid. Ia nyaris tak pernah tersingkirkan dari bawah mistar gawang Los Merengues sejak musim 1999/00.

Casillas hanya bertahan di Real Madrid sampai tahun 2015, di mana dirinya memutuskan pindah ke FC Porto. Dan per tanggal 18 Februari 2020, pria berkebangsaan Spanyol itu resmi gantung sepatu.

Bek Kanan - Dani Carvajal

2013/14 adalah musim debut Dani Carvajal bersama skuat inti Real Madrid. Sebelumnya, ia sempat memperkuat Bayer Leverkusen selama satu musim. Carvajal cukup beruntung karena Madrid memutuskan untuk memulangkannya.

Kala Real Madrid meraih 'La Decima', Carvajal masih berusia muda. Kemampuannya terus terasah seiring waktu berjalan dan sampai sekarang, namanya terus menghiasi starting XI Los Merengues.

Bek Sentral - Raphael Varane

Real Madrid menemukan talenta Raphael Varane pada tahun 2011, kala bek asal Prancis itu masih berusia belia. Ia direkrut dari Lens dengan mahar yang dilaporkan sebesar 10 juta euro saja.

Varane tidak mendapatkan banyak porsi bermain pada musim 2013/14. Namun sejak era 'La Decima', Varane mulai sering dimainkan dan sampai sekarang tidak pernah terpinggirkan dari starting XI Real Madrid.

Bek Sentral - Sergio Ramos

Sergio Ramos tiba di Santiago Bernabeu pada tahun 2005, tepatnya setelah direkrut dari Sevilla dengan mahar 27 juta euro. Ramos adalah satu-satunya rekrutan berdarah Spanyol Real Madrid dalam masa jabatan pertama sang presiden, Florentino Perez.

Sampai sekarang, Ramos masih mengawal jantung pertahanan Real Madrid. Ia menjadi salah satu penggawa veteran dan kini menjadi pemegang ban kapten Real Madrid.

Bek Kiri - Fabio Coentrao

Nasib Coentrao di Real Madrid tidak semulus bek-bek lain. Dan pada musim Los Merengues meraih 'La Decima, Coentrao tidak mendapatkan jatah bermain yang banyak.

Di musim 2015/16, ia mulai dipinjamkan ke berbagai klub seperti AS Monaco dan Sporting Lisbon. Coentrao hengkang secara permanen ke klub profesional pertamanya, Rio Ave, pada awal musim 2018/19 dan memutuskan gantung sepatu dua tahun setelahnya.

2 dari 3

Lini Tengah

Gelandang - Luka Modric

Pemain berkebangsaan Kroasia ini mulai berseragam Real Madrid pada tahun 2012. Ia direkrut dari klub Inggris, Tottenham Hotspur, dengan mahar yang lumayan fantastis pada era itu, yakni 34 juta pounds.

Sampai sekarang, ia masih berseragam Real Madrid. Modric juga ikut membantu Real Madrid meraih tiga trofi Liga Champions berturut-turut pasca 'La Decima' dan meraih gelar Ballon d'Or pada tahun 2018.

Gelandang - Sami Khedira

Khedira adalah salah satu rekrutan Real Madrid pada tahun 2010. Pemain berkebangsaan Jerman tersebut diboyong dari klub Jerman, VfB Stuttgart, dengan biaya yang dilaporkan sebesar 14 juta euro saja.

Pada tahun 2015, ia meninggalkan Santiago Bernabeu karena kontraknya telah usai. Khedira melanjutkan perjalanannya di Juventus dan sempat membawa klub raksasa Italia itu mencapai final Liga Champions pada tahun 2017.

Gelandang - Angel Di Maria

Sama seperti Khedira, Angel Di Maria juga menjadi bagian dari Real Madrid pada tahun 2010. Sayangnya, pemain asal Argentina itu tidak bertahan lama dan dilepas pasca Los Merengues meraih 'La Decima'.

Selepas dari Santiago Bernabeu, ia pindah ke Manchester United dan bertahan selama satu musim. Di Maria kemudian beralih ke PSG pada tahun 2016 dan membela klub berjuluk Les Parisiens tersebut sampai sekarang.

3 dari 3

Lini Depan

Penyerang - Gareth Bale

Bale adalah pembelian termahal Real Madrid pada musim 2013/14. Seperti yang diketahui, ia direkrut dari klub Inggris, Tottenham, dengan mahar mencapai 100 juta euro. Melebihi biaya transfer Cristiano Ronaldo di tahun 2009.

Sampai sekarang, Bale masih menjadi bagian dari Real Madrid. Namun dalam beberapa tahun terakhir, ia terus dikabarkan akan hengkang karena jarang diberi kesempatan tampil oleh Zinedine Zidane.

Penyerang - Karim Benzema

Benzema didatangkan dari Lyon pada tahun 2009 dengan mahar total sebesar 41 juta euro. Sampai sekarang, meski usianya sudah berkepala tiga, Benzema masih jadi tumpuan di lini depan Los Merengues.

Real Madrid masih mencari suksesornya. Luka Jovic, yang direkrut pada tahun 2019 lalu, diyakini bisa menggeser Benzema dari starting XI. Namun kenyataannya tak seperti itu.

Penyerang - Cristiano Ronaldo

Ronaldo mencapai puncak kesuksesan dalam karirnya setelah pindah ke Real Madrid pada tahun 2009 dengan harga 94 juta euro. Ia berhasil mengoleksi total 450 gol dari 438 penampilan di berbagai ajang bersama Los Merengues.

Di tahun 2018, ia membuat publik terkejut dengan memilih pindah ke Juventus. Ketajamannya tidak berkurang walaupun sudah berusia 35 tahun, dengan catatan 53 gol dari 75 pertandingan di semua kompetisi.