FOLLOW US:


Termasuk Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Inilah UEFA Team of the Year 2020 Pilihan Fans

21-01-2021 08:38

 | Ari Prayoga

Termasuk Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Inilah UEFA Team of the Year 2020 Pilihan Fans
Reuni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada duel Barcelona vs Juventus, Liga Champions 2020/21. © AP Photo

Bola.net - Badan sepak bola Eropa UEFA pada Rabu (20/1/2021) mengumumkan 11 nama pemain yang masuk ke dalam tim terbaik Eropa edisi 2020 pilihan fans.

Tim terbaik kali ini masih dihiasi oleh nama-nama langganan seperti mesin gol Juventus Cristiano Ronaldo, bintang Barcelona Lionel Messi, hingga kapten Real Madrid Sergio Ramos.

Sementara itu, Bayern Munchen sebagai jawara Liga Champions musim lalu menjadi klub dengan perwakilan terbanyak dengan empat pemain, lima jika Thiago Alcantara yang sudah pindah ke Liverpool diikutkan.

Siapa sajakah 11 nama pemain pilihan fans yang masuk ke dalam UEFA Team of the Year edisi 2020 kali ini? Berikut daftar selengkapnya.

1 dari 12

Kiper: Manuel Neuer (Bayern Munchen)

Kiper: Manuel Neuer (Bayern Munchen)
Manuel Neuer © AP Photo

Manuel Neuer menjadi salah satu faktor utama mengapa musim lalu Bayern Munchen bisa meraih treble winners, yakni Liga Champions, Bundesliga, dan DFB Pokal.

Dari 49 laga yang ia lakoni sepanjang 2020 lalu di semua kompetisi, Neuer sukses mencatatkan 18 kali clean sheet, termasuk lima clean sheet di pentas Liga Champions.

Bagi Neuer, ini merupakan kali keempat ia masuk ke dalam tim terbaik UEFA dan untuk kali pertama sejak 2015 silam.

2 dari 12

Bek Kanan: Joshua Kimmich (Bayern Munchen)

Bek Kanan: Joshua Kimmich (Bayern Munchen)
Pemain Bayern Munchen, Joshua Kimmich. © AP Photo

Di posisi bek kanan ada nama Joshua Kimmich yang sepanjang 2020 lalu tampil menawan bersama Bayern Munchen dalam 39 pertandingan di semua kompetisi.

Bayern terbilang sangat beruntung memiliki Kimmich karena pemain 25 tahun itu tak cuma piawai bermain sebagai bek kanan, tetapi juga cakap ketika dipasang menjadi gelandang tengah.

Setelah lima kali masuk daftar nominasi, Kimmich akhirnya masuk dalam tim terbaik UEFA untuk kali pertama sepanjang kariernya.

3 dari 12

Bek Tengah: Sergio Ramos (Real Madrid)

Bek Tengah: Sergio Ramos (Real Madrid)
Pemain Real Madrid, Sergio Ramos, merayakan golnya ke gawang Inter Milan dalam laga lanjutan fase grup Liga Champions hari Rabu (4/11/2020). © AP Photo

Sergio Ramos bisa dibilang sudah menjadi langganan untuk masuk ke dalam tim terbaik UEFA pilihan fans. Ini merupakan kesembilan kalinya ia mencatat prestasi tersebut.

Tak hanya itu, Ramos juga sempat masuk dalam tim terbaik UEFA pilihan fans dlam tujuh edisi beruntun sebelum sempat tak masuk pada edisi 2019 lalu.

Musim lalu Ramos tampil luar biasa untuk membawa Real Madrid merengkuh trofi juara La Liga.

4 dari 12

Bek Tengah: Virgil van Dijk (Liverpool)

Bek Tengah: Virgil van Dijk (Liverpool)
Virgil Van Dijk © Pool Reuters via AP Photo

Satu lagi pemain yang menempati pos bek tengah menemani Sergio Ramos adalah palang pintu andalan Liverpool, Virgil van Dijk.

Tahun 2020 memang menjadi salah satu tahun keemasan dalam karier Van Dijk. Bek asal Belanda itu sukses membawa Liverpool meraih trofi juara Premier League.

Ini merupakan kali ketiga secara beruntun Van Dijk masuk dalam tim terbaik UEFA pilihan fans setelah ia juga masuk pada edisi 2018 dan 2019.

5 dari 12

Bek Kiri: Alphonso Davies (Bayern Munchen)

Bek Kiri: Alphonso Davies (Bayern Munchen)
Alphonso Davies © Bundesliga

Alphonso Davies bisa dibilang merupakan pemain muda yang paling menarik perhatian sepanjang 2020 kemarin, di mana ia mencatatkan 36 penampilan di semua kompetisi.

Meski baru berusia 20 tahun, Davies sudah menjadi bagian penting dari skuad Bayern dan menjadi pilihan utama pelatih Hansi Flick di sektor bek kiri.

Davies pun menjadi pemain asal Kanada pertama yang masuk ke dalam tim terbaik UEFA pilihan fans.

6 dari 12

Gelandang: Thiago Alcantara (Bayern/Liverpool)

Gelandang: Thiago Alcantara (Bayern/Liverpool)
Debut Thiago Alcantara bersama Liverpool. © AP Photo

Thiago Alcantara menjadi salah satu sosok paling berpengaruh di tim Bayern. Dominasinya di lini tengah membuat aliran serangan FC Hollywood bisa sangat lancar.

Kehebatan Thiago di Bayern membuat Liverpool kepincut. The Reds pun merekrut gelandang asal Spanyol itu pada musim panas kemarin.

Sayang, awal karier Thiago bersama Liverpool harus terganggu dengan cedera serta Covid-19 yang sempat menyerang pemain 29 tahun tersebut.

Sepanjang 2020, Thiago tercatat bermain sebanyak 23 pertandingan di semua kompetisi, termasuk dua laga bersama timnas Spanyol.

7 dari 12

Gelandang: Kevin De Bruyne (Manchester City)

Gelandang: Kevin De Bruyne (Manchester City)
Aksi Kevin De Bruyne pada laga Manchester City vs Brighton, Premier League 2020/21. © AP Photo

Gelandang pendamping Thiago Alcantara adalah pemain andalan Manchester City, Kevin De Bruyne yang sebelumnya meraih penghargaan gelandang terbaik Liga Champions 2019/20.

Sepanjang 2020, De Bruyne tercatat bermain sebanyak 45 kali dengan mencetak 12 gol di semua pertandingan, termasuk ketika membela Belgia.

Ini merupakan kali ketiga dalam empat tahun terakhir De Bruyne masuk ke dalam tim terbaik UEFA pilihan fans.

8 dari 12

Sayap Kanan: Cristiano Ronaldo (Juventus)

Sayap Kanan: Cristiano Ronaldo (Juventus)
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai membobol gawang Cagliari © AP Photo

Cristiano Ronaldo lagi-lagi masuk ke tim terbaik UEFA pilihan fans. Ini adalah kali ke-15 sepanjang kariernya CR7 mencatat prestasi ini.

Sepanjang 2020, Ronaldo tercatat bermain dalam 45 penampilan di semua ajang. Hebatnya, ia sukses mencetak 44 gol. Luar biasa.

9 dari 12

Gelandang Serang: Lionel Messi (Barcelona)

Gelandang Serang: Lionel Messi (Barcelona)
Bintang Barcelona, Lionel Messi © AP Photo

Sejak pertama masuk tim terbaik UEFA pada 2008 silam, Messi hanya sekali absen pada 2013. Selebihnya, La Pulga selalu menjadi pilihan fans di tim terbaik UEFA.

Sepanjang 2020, Messi bermain dalam 48 pertandingan dengan mencetak 27 gol meski gagal memberikan trofi bagi Barcelona.

10 dari 12

Sayap Kiri: Neymar (PSG)

Sayap Kiri: Neymar (PSG)
Superstar PSG, Neymar. © AP Photo

Musim lalu Neymar tampil luar biasa bersama PSG dan sukses membawa klubnya meraih treble winners di level domestik.

Tak hanya itu, Neymar juga berperan besar membawa PSG melaju hingga partai final Liga Champions meski harus menyerah dari Bayern Munchen.

11 dari 12

Penyerang: Robert Lewandowski (Bayern Munchen)

Penyerang: Robert Lewandowski (Bayern Munchen)
Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski © AP Photo

Jelas, penyerang tengah pilihan fans untuk edisi 2020 jatuh pada bomber haus gol milik Bayern Munchen, Robert Lewandowski.

47 gol dalam 44 pertandingan sepanjang 2020 menjadi bukti betapa tajamnya Lewandowski di depan gawang lawan.

Sederet penghargaan pun sudah diraih Lewandowski, mulai dari Pemain Terbaik UEFA, Penyerang Terbaik Liga Champions 2019/20, top skorer Liga Champions 2019/20, hingga Pemain Terbaik FIFA.

12 dari 12

UEFA Fans' Team of the Year 2020

Berikut susunan pemain Tim Terbaik UEFA 2020 pilihan fans selengkapnya:

Bagaimana menurut Bolaneters?

Sumber: UEFA