FOLLOW US:


Ubah Formasi MU Menjadi 5-3-1 Saat Jumpa Young Boys, Apa Rencana Ole Gunnar Solskjaer?

15-09-2021 13:44

 | Asad Arifin

Ubah Formasi MU Menjadi 5-3-1 Saat Jumpa Young Boys, Apa Rencana Ole Gunnar Solskjaer?
Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer © AP Photo

Bola.net - Manchester United kehilangan satu pemain pada babak pertama saat berjumpa Young Boys. Kondisi itu membuat Ole Gunnar Solskjaer mengubah formasi menjadi 5-3-1 pada babak kedua.

United berkunjung ke Stadion Wankdorf pada matchday ke-1 Grup F Liga Champions 2021/2022, Selasa (14/9/2021) malam WIB. Setan Merah kalah dengan skor 2-1 walau unggul lebih dulu lewat gol Cristiano Ronaldo.

Bagi United, ini menjadi kekalahan pertama pada musim 2021/2022. Selain itu, United kini juga berada di posisi buncit klasemen sementara Grup F. Tapi, masih ada lima laga yang bisa membawa United ke babak 16 Besar.

1 dari 3

Mengapa Ubah Formasi?

Mengapa Ubah Formasi?
Momen ketika pemain Manchester United, Aaron Wan-Bissaka, mendapatkan kartu merah dari wasit dalam matchday pertama fase grup Liga Champions hari Selasa (14/9/2021). © AP Photo

Aaron Wan-Bissaka mendapat kartu merah pada menit ke-32. Solskjaer merespon situasi ini dengan memainkan Diogo Dalot menggantikan Jadon Sancho. United pun bermain dengan formasi 4-4-1 pada sisa babak pertama.

Pada awal babak kedua, Raphael Varane dimainkan menggantikan Donny van de Beek. United pun mengubah formasi menjadi 5-2-1.

"Anda melihat tanda-tanda menjelang akhir babak pertama bahwa mereka banyak melakukan switch dan mendapatkan umpan silang dengan bek sayap. Saya pikir kami mengatasinya dengan sangat baik," buka Solskjaer.

Formasi 5-3-1 memungkinkan United punya pemain lebih banyak di area samping. Ini adalah respon dari gaya bermain Young Boys.

2 dari 3

Kok Kebobolan?

Solskjaer mengklaim United mampu membaca dan mengantisipasi permainan sayap Young Boys. Perubahan formasi yang dilakukan berjalan dengan baik. Tapi, mengapa gawang David de Gea kebobolan dua gol?

"Kami agak malas keluar dan membuat blok umpan silang untuk gol pertama. Itu juga sedikit kurang beruntung karena kemudian dibelokkan oleh Luke Shaw," terang pria asal Norwegia.

"Kemudian gol terakhir, itu sangat disayangkan," tegasnya.

3 dari 3

Serangan Balik

Serangan Balik
Pemain Manchester United, Jesse Lingard (kiri). © AP Photo

Kapten Manchester United, Harry Maguire, sependapat dengan Solskjaer. Maguire merasa United bertahan dengan lebih baik dengan 5-3-1. Namun, kehilangan satu pemain menjadi faktor yang sangat krusial.

"Dengan empat bek kami tidak bisa mengendalikan bola secara baik. Formasi baru bekerja dengan sangat baik, itu adalah dua gol di mana kami kebobolan tanpa peluang besar," kata Maguire.

"Kami bisa saja lebih menjadi berbahaya dalam serangan balik, tetapi itu mengecewakan untuk diterima," tegasnya.

Sumber: MUTV