FOLLOW US:


Wembley Sulit, Final LIga Champions Bisa Jadi Bakal Dihelat di Portugal

11-05-2021 05:15

 | Ari Prayoga

Wembley Sulit, Final LIga Champions Bisa Jadi Bakal Dihelat di Portugal
Trofi Liga Champions. © AP Photo

Bola.net - Partai final Liga Champions yang mempertemukan Manchester City versus Chelsea bisa jadi akan digelar di Portugal lagi karena keinginan memindahkan event ke Wembley menemui kesulitan.

Sesuai rencana awal, partai final sesama tim Inggris ini bakal dihelat di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki pada Minggu (30/5/2021) dini hari WIB mendatang.

Rencananya, UEFA bakal menginzinkan sejumlah penonton untuk hadir langsung di stadion. Masalahnya, angka kasus Covid-19 di Istanbul dan Turki hingga kini relatif masih tinggi.

Artinya, risiko menggelar laga ini di Istanbul sangat besar mengingat kedua tim sama-sama berasal dari Inggris. Fans kedua tim yang ingin menonton langsung di stadion pun harus menempuh perjalanan sangat jauh dengan risiko terpapar Covid-19 cukup tinggi.

Senin (10/5/2021), pemerintah Inggris resmi memasukkan Turki sebagai negara di daftar merah untuk dikunjungi karena angka penularan Covid-19 yang cukup tinggi.

1 dari 2

Ingin Pindah ke Wembley

Manchester City dan Chelsea serta federasi sepak bola Inggris FA dikabarkan berkeinginan untuk memindahkan partai final ini ke Wembley, London agar tetap bisa disaksikan fans kedua tim.

Meski demikian, keputusan ini tentu saja harus mendapat persetujuan dari pemerintah Inggris dan UEFA. Di sinilah masalah kemudian muncul, karena pemerintah Inggris diyakini takkan bersedia mengeluarkan izin tersebut.

"Jika pertandingan tidak datang ke Inggris sekarang, itu karena pemerintah Inggris tidak dapat melakukan apa yang perlu dilakukan," kata seorang sumber yang mengetahui tentang negosiasi tersebut seperti dilansir Daily Mail.

"UEFA ingin memindahkan pertandingan, tetapi itu tergantung pada usaha pemerintah Inggris."

2 dari 2

Portugal Bisa Jadi Solusi

Sebagai jalan keluar, UEFA bisa jadi akan memutuskan untuk menghelat partai final ini di Portugal lagi, mengingat negara tersebut masuk dalam daftar negara yang aman untuk dikunjungi warga Inggris.

Langkah ini sudah diambil pada musim lalu, kala UEFA menggelar babak semifinal dan final di Lisbon. Untuk tahun ini, Porto sepertinya akan menjadi kota yang dipilih.

Sumber: Daily Mail