FOLLOW US:


Selandia Baru

09-06-2010 20:59
Selandia Baru
(c)afp
Selandia Baru (c)afp

Bola.net - Menuju Piala Dunia kali ini, Selandia Baru mendapat berkah dari keputusan Australia untuk beralih konfederasi. Sejak 2006, Australia yang menjadi lawan terberat Selandia Baru memutuskan bergabung dengan Zona Asia (AFC).

Selandia Baru melakoni debut mereka di Piala Dunia tahun 1982, di mana mereka sama sekali gagal meraih poin di babak grup.

Langkah Selandia Baru ke putaran final Piala Dunia 2010 terbilang mulus. Menjadi juara grup Oceania, Selandia Baru bertemu dengan Bahrain di fase playof. Setelah menahan wakil Asia itu 0-0 di kandangnya, Selandia Baru memastikan tiket ke Afrika Selatan dengan kemenangan 1-0 dalam laga di kandang sendiri.

Tak salah jika banyak yang meramalkan Selandia Baru akan kesulitan meraih poin perdana di Piala Dunia. Selain memiliki rangking terendah di antara peserta grup F Selandia Baru juga tak memiliki pemain dengan kualitas yang menonjol.

Tim asuhan Ricki Herbert mengandalkan kekuatan fisik dan kerja keras. Selandia Baru juga dikenal sebagai tim yang kerap memaksimalkan set piece. Minimnya pengalaman pemain berlaga di ajang internasional juga bisa menjadi hal yang menyulitkan mereka.

Tapi, hal itu tak selalu benar. Sebab, timnas Selandia Baru sudah mencicipi ketatnya persaingan di Piala Konfederasi 2009. Di ajang itu, All Whites tampil dalam tiga edisi.


Berita Terkait