FOLLOW US:


Slovakia

09-06-2010 21:02
Slovakia
(c)afp
Slovakia (c)afp

Bola.net - Slovakia datang ke Piala Dunia untuk kali pertama. Tapi, status debut itu tidak murni. Slovakia merupakan bagian dari Cekoslovakia pada rentan periode 1918-1992.

Tercatat sudah delapan kali tampil di Piala Dunia semasa masih bernaung di bawah bendera Cekoslovakia. Namun sejak memerdekakan diri sebagai negara republik pada 1993, baru sekarang keterlibatan pertama Slovakia di Piala Dunia. Kiprah mereka seakan menjadi bayang-bayang dari saudara kandungnya, Republik Ceko yang lebih moncer.

Slovakia tidak difavoritkan dalam laga kualifikasi. Tapi tim pelatih Vladimir Weiss justru menghadirkan sukses kepada skuadnya lewat lolos langsung dengan menjadi juara kualifikasi grup 3. Padahal, Rep Ceko dan Polandia lebih diunggulkan untuk mendapat tiket.

Momentum yang tak terlupakan terjadi ketika mereka melakoni laga melawan Republik Ceko di Praha. Kemenangan 2-1 menjadi kemenangan yang pertama atas Republik Ceko di ibu kota lawannya.

Hampir semua pemain yang memperkuat tim nasional mencari pengalaman dari kompetisi di luar Slovakia seperti di Inggris, Jerman, Belanda, Italia dan Rusia. Pilar utama dari kekuatan tim ini terletak pada sektor pertahanannya dengan dipimpin kiper Mucha serta pemain bertahan Martin Skrtel (Liverpool).

Tapi, Weiss juga menyimpan kelemahan dalam timnya. Para pemainnya tak memiliki kualitas yang merata. Jika dua atau tiga pemain utamanya cedera maka akan membuat Weiss pusing. (bola/bola)


Berita Terkait