FOLLOW US:


3 Alasan Cristiano Ronaldo Pantas Raih Ballon d'Or 2019

02-12-2019 11:10

 | Aga Deta

3 Alasan Cristiano Ronaldo Pantas Raih Ballon d'Or 2019
Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo © AP Photo

Bola.net - Pemenang Ballon d'Or 2019 bakal diumumkan pada Selasa (3/12/2019) dini hari WIB. Para pencinta sepak bola tentunya punya jawaban masing-masing soal siapa yang bakal merebut gelar pemain terbaik dunia 2019 ini.

Prediksi tentang siapa yang bakal menjadi pemenang memang sudah beredar sejak beberapa pekan yang lalu. Rata-rata, Lionel Messi yang akan keluar sebagai pemenang.

Messi tampil bagus bersama Barcelona sepanjang tahun 2019. Dia menyabet gelar top skor Eropa pada musim 2018/2020, serta membawa Barcelona menjadi juara La Liga.

Virgil van Dijk juga masuk sebagai kandidat kuat peraih Bola Emas tahun ini. Hal itu terlepas dari penampilan bek asal Belanda itu bersama Liverpool.

Selain Messi dan Van Dijk, Cristiano Ronaldo juga masih pantas diperhitungkan sebagai pemenang. Bintang Juventus itu masih belum kehilangan pesonanya.

Ronaldo juga menjalani tahun yang spektakuler kali ini. Karena itu, tidak ada alasan untuk mencoret pemain berusia 34 tahun tersebut dalam perebutan gelar Ballon d'Or.

Berikut ini tiga alasan mengapa Ronaldo sangat pantas memenangkan Ballon d'Or tahun ini seperti dilansir Sportskeeda.

1 dari 3

Performa Brilian

Performa Brilian
Cristiano Ronaldo. © AP Photo

Beradaptasi dengan tim baru di liga baru dengan sistem yang berbeda pasti membutuhkan waktu yang lama bagi sebagian besar pemain. Tetapi itu tidak berlaku untuk Cristiano Ronaldo setelah dia meninggalkan Real Madrid untuk mencoba tantangan baru bersama Juventus pada musim panas 2018.

Bintang Portugal itu tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat dampak setelah tiba di Turin. Dia tampil cemerlang Serie A pada musim debutnya, mencetak 21 gol dan 8 assist dari 31 penampilan. Ronaldo juga mencetak 6 gol dan membuat 2 assist untuk Bianconeri dalam 9 pertandingan Liga Champions.

Ronaldo menyelesaikan musim dengan 28 gol dan 10 assist untuk Juventus dari 43 penampilan di semua kompetisi. Dia menyabet penghargaan Pemain Terbaik Serie A pada musim debutnya dan masuk dalam nominasi final penghargaan pemain terbaik UEFA dan FIFA baru-baru ini. Mengingat penampilannya yang luar biasa, Ronaldo pantas mengangkat penghargaan Ballon d'Or tahun ini.

2 dari 3

Kesuksesan Domestik

Kesuksesan Domestik
Cristiano Ronaldo © AFP

Ronaldo menunjukkan tajinya di Liga Champions musim lalu dengan mencetak 5 gol Juventus di babak sistem gugur kompetisi. Meskipun Bianconeri kemudian menyerah pada Ajax, Ronaldo mampu mengantarkan timnya untuk meraih kesuksesan di pentas domestik.

Ronaldo memimpin Juventus meraih gelar Serie A selama 8 tahun berturut-turut dengan mengumpulkan 90 poin dari 38 pertandingan. Dia juga mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan melawan AC Milan untuk menyabet Piala Super Italia.

Itu adalah kesuksesan yang diraih Ronaldo lainnya yang menunjukkan kepada dunia bahwa sang pemain masih belum habis. Memenangkan dua trofi dalam satu musim adalah prestasi hebat bagi pemain mana pun. Terlebih itu adalah tahun pertama bintang asal Portugal tersebut.

3 dari 3

Juara UEFA Nations League

Juara UEFA Nations League
Gelar juara UEFA Nations League menjadi gelar juara ke-29 bagi Cristiano Ronaldo dalam karirnya. © AP Photo

Satu hal yang membuat Ronaldo berbeda dari kebanyakan pemain elit lainnya adalah kemampuannya untuk meniru kesuksesannya di mana pun dia berada. Ronaldo punya peluang yang besar di Ballon d'Or tahun ini setelah membawa Portugal menjuarai UEFA Nations League.

Ronaldo menambah koleksi gelarnya dengan membawa negaranya meraih kesuksesan di turnamen antar negara Eropa edisi perdana. Dia juga menjadi pencetak gol terbanyak dengan koleksi 3 gol. Penampilannya melawan Swiss bisa dianggap sebagai penampilan terbaiknya di turnamen.

Setelah menikmati kesuksesan di level klub bersama Juventus, Ronaldo mengawinkannya dengan menyabet trofi internasional. Pemain Portugal itu sangat pantas meraih Ballon d'Or keenamnya tahun ini.