FOLLOW US:


3 Alasan Mikel Arteta Adalah Orang yang Tepat untuk Arsenal

03-12-2019 12:24

 | Aga Deta

3 Alasan Mikel Arteta Adalah Orang yang Tepat untuk Arsenal
Mikel Arteta. © AP

Bola.net - Arsenal memecat Unai Emery setelah serangkaian hasil buruk yang diraih klub. Dengan demikian, paria asal Spanyol itu hanya bertahan 18 bulan di London.

Arsenal sudah tidak pernah menang dalam delapan pertandingan terakhir mereka. Kekalahan dari Eintracht Frankfurt di Liga Europa adalah pertandingan terakhir Emery bersama The Gunners.

Setelah memecat Emery, Arsenal kemudian menunjuk Freddie Ljungberg sebagai manajer interim. Mantan pemain Arsenal itu dipercaya menangani Granit Xhaka dan kolega sampai mereka menemukan manajer baru.

Nama-nama calon pengganti Emery sudah mulai bermunculan di media. Namun, salah satu sosok yang sangat santer dikaitkan dengan The Gunners belakangan ini adalah Mikel Arteta.

Mantan kapten Arsenal itu akan bersaing dengan orang-orang seperti Nuno Espirito Santo dan Massimiliano Allegri. Arteta juga sempat menjadi kandidat utama untuk menggantikan Arsene Wenger, tetapi Arsenal memutuskan untuk menunjuk Emery.

Berikut ini tiga alasan mengapa Mikel Arteta adalah orang yang tepat untuk Arsenal seperti dilansir Sportskeeda.

1 dari 3

Sudah Paham Filosofi Klub

Sudah Paham Filosofi Klub
Mikel Arteta. © IST

Mikel Arteta menghabiskan lima musim di Premier League bersama Arsenal dan membuat 149 penampilan di semua kompetisi untuk klub London. Pria berusia 37 tahun itu memenangkan Piala FA dan Community Shield dua kali selama memperkuat The Gunners.

Pria asal Spanyol itu adalah salah satu pemai favorit penggemar dan karena perawakannya di ruang ganti dan kepemimpinannya, ia diangkat sebagai kapten sebelum dimulainya musim 2014-15.

Arteta sudah mengetahui nilai-nilai klub setelah menghabiskan lima musim bersama The Gunners dan karenanya akan menjadi orang yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai itu ke dalam para pemain saat ini. Dia sudah tahu filosofi, gaya bermain, staf, dan para penggemar Arsenal.

2 dari 3

Belajar dari Manajer Terbaik

Belajar dari Manajer Terbaik
Pelatih Manchester City, Josep Guardiola. © AP Photo

Arteta mungkin tidak memiliki pengalaman melatih, tetapi ia sudah belajar banyak di Manchester City. Pria asal Spanyol itu sekarang menjadi asisten Josep Guardiola di Manchester City dan pastinya sudah mengetahui cara kerja di klub bergengsi.

Setelah bekerja bersama Guardiola, Arteta sudah belajar dari manajer terbaik dalam sepak bola dan siap untuk menjadi manajer. Selama di Manchester City, Arteta sudah belajar bagaimana membangun kekuatan tertinggi dari awal, bagaimana mengasuh para pemain muda dan bagaimana menanamkan gaya bermain Anda ke dalam tim. Pria asal Spanyol itu tampaknya siap menghadapi tantangan baru dan mungkin bisa dimulai dari Arsenal.

3 dari 3

Perubahan Baru untuk Arsenal

Perubahan Baru untuk Arsenal
Arsenal © AP Photo

Mikel Arteta bisa menjadi perubahan baru yang dibutuhkan oleh skuad Arsenal. Banyak manajer yang tidak punya tetapi bisa melakukan keajaiban bagi klub mereka dan Arteta bisa berada di jalur yang sama.

Frank Lampard dan Steven Gerrard adalah contoh sempurna setelah merauh kesuksesan dengan Chelsea dan Rangers. Contoh lainnya adalah Zinedine Zidane. Arsitek Prancis itu diberi tugas yang sangat berat untuk menangani Real Madrid setelah Rafael Benitez dipecat dan sejak itu, Los Blancos mampu menulis sejarah baru dalam sepak bola.

Setelah bermain untuk Arsenal, Arteta sudah mewarisi nilai-nilai klub dan sepenuhnya memahami apa yang diharapkan darinya dan klub sebesar Arsenal. Karena itu, Mikel Arteta adalah orang yang tepat untuk mengambil alih The Gunners.