FOLLOW US:


3 Alasan Van Dijk Lebih Pantas Raih Ballon d'Or Ketimbang Messi dan Ronaldo

28-11-2019 12:08

 | Aga Deta

3 Alasan Van Dijk Lebih Pantas Raih Ballon d'Or Ketimbang Messi dan Ronaldo
Virgil van Dijk usai membobol gawang Newcastle © AP Photo

Bola.net - Pemenang Ballon d'Or 2019 akan diumumkan pada 2 Desember 2019 di Theatre du Chatelet di Paris. Terdapat total 30 nama pesepak bola yang mampu masuk ke dalam nominasi.

Virgil van Dijk merupakan salah satu pemain yang sangat diunggulkan untuk menyabet Ballon d'Or tahun ini. Bek asal Belanda itu akan bersaing ketat dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Ronaldo dan Messi sudah tidak asing dengan penghargaan Ballon d'Or. Sebab, mereka berdua sama-sama sudah mengumpulkan lima trofi dalam satu dekade terakhir.

Jimat Juventus dan Barcelona itu pastinya ingin menambah koleksi Bola Emasnya pada tahun ini. Tapi Van Dijk dinilai lebih layak untuk meraihnya kali ini.

Berikut ini tiga alasan mengapa Virgil Van Dijk lebih pantas memenangkan Ballon d'Or dibanding Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo seperti dilansir Fox Sports Asia.

1 dari 3

Tembok Pertahanan

Tembok Pertahanan
Bek Liverpool, Virgil van Dijk (kanan). © AP Photo

Pemain asal Belanda itu adalah batu untuk pertahanan Liverpool. Dia membantu The Reds terpaut satu poin dalam perebutan gelar Premier League musim lalu.

Van Dijk mampu mempertahankan rekornya meski menghadapi beberapa pemain sepak bola terbaik dunia. Pada 2019 saja, bek tengah itu menghadapi Eden Hazard dan Lionel Messi dengan klubnya.

Dia juga menghadapi Cristiano Ronaldo dengan tim nasionalnya di final UEFA Nations League 2019 dan tampil cemerlang. Meskipun begitu, dia tidak bisa menghentikan timnya dari kekalahan.

2 dari 3

Untuk Klub & Negara

Untuk Klub & Negara
Virgil Van Dijk © AP Photo

Liverpool memutuskan untuk menjual Philippe Coutinho ke Barcelona di bursa transfer musim dingin 2018. Blaugrana memberikan banyak uang kepada The Reds, yang sebagian besarnya digunakan untuk merekrut Virgil van Dijk - sebuah keputusan yang mengubah nasib mereka.

Pasukan Jurgen Klopp finis di posisi keempat pada musim 2017/18 meskipun Mohamed Salah tampil sangat tajam. Mereka juga kalah di final Liga Champions dari Real Madrid, dengan barisan pertahanan dan kiper menjadi sorotan tajam.

Namun demikian, Van Dijk sudah terintegrasi sepenuhnya ke dalam tim dan gawang mereka dikawal Allison. Liverpool berhasil menantang Manchester City untuk perebutan gelar domestik 2018/19 sampai akhir. Mereka juga akhirnya memenangkan Liga Champions tahun ini.

Penampilan Van Dijk tidak terbatas pada klubnya. Pria asal Belanda itu menunjukkan penampilan yang berkualitas setiap kali mengenakan kostum Oranje. Dia adalah pemain kunci di tim yang mencapai final UEFA Nations League, sebelum kalah dari Portugal.

3 dari 3

Juara Eropa

Juara Eropa
Virgil Van Dijk mengangkat trofi juara Liga Champions 2018-19. © AP Photo

Memenangkan Liga Champions sudah pasti akan menambah kans pemain dalam perebutan Ballon d'Or. Menjelang upacara tersebut pada 2 Desember, Virgil van Dijk sudah berhasil mendapatkannya.

Dua kesalahan fatal dari Loris Karius selama final Liga Champions 2017/18 membuat Liverpool kalah dari Real Madrid. The Reds memutuskan untuk segera berpisah dengan penjaga gawang Jerman itu dan mendatangkan Alisson untuk memberikan perlindungan di belakang Van Dijk.

Dan kedua pemain itu terbukti menjadi kunci kesuksesan Merseysiders hanya setahun kemudian.

Sementara sang kiper mendapat kredit karena melakukan penyelamatan berkualitas di saat-saat penting, sang bek dipuji karena penampilan keseluruhannya.

Didukung oleh lini belakang mereka yang kuat, Liverpool menuju final Liga Champions 2018/19 yang penuh dengan kepercayaan diri dan mengalahkan rival domestik Tottenham dengan dua gol. Mereka melakukannya dengan mengemas cleansheet juga.