FOLLOW US:


3 Pemain Akademi Barcelona yang Tampil Impresif di Pramusim

12-08-2019 15:55

 | Aga Deta

3 Pemain Akademi Barcelona yang Tampil Impresif di Pramusim
Ernesto Valverde. © AFP

Bola.net - Akademi La Masia sudah sering menghasilkan beberapa pemain terbaik dalam sejarah Barcelona. Salah satunya adalah Lionel Messi.

Setelah menimba ilmu di La Masia, Messi melakoni debut di tim utama Barcelona pada 16 November 2003. Setelah itu, Messi menjelma menjadi pemain terbaik dunia dan membantu Barcelona meraih banyak gelar.

Namun, Barcelona belakangan ini sudah tidak lagi mengambil pemain-pemain dari akademi. Tak ada lagi pemain yang terlihat bisa berkembang setelah era Messi.

Blaugrana sekarang lebih senang mendatangkan pemain mahal dari klub lain. Sebagai contoh adalah Ousmane Dembele, Philippe Coutinho dan Antoine Griezmann.

Kendati demikian, masih banyak pemain muda bertalenta yang ada di La Masia. Bahkan beberapa di antaranya dibawa Barcelona dalam kegiatan pramusim mereka dan tampil cukup mengesankan.

Berikut ini tiga pemain akademi La Masia yang tampil mengesankan untuk Barcelona selama pramusim seperti dilansir Sportskeeda.

1 dari 3

Alex Collado

Alex Collado
Alex Collado © FCB

Setelah menghabiskan tiga musim di Espanyol, Collado bergabung dengan akademi Barcelona pada 2009. Dia naik pangkat dan menjalani debutnya untuk tim senior dalam kekalahan 2-0 dari Celta Vigo pada Mei 2019.

Collado sangat dihargai di Barcelona dan klub sedang mempertimbangkan untuk mempromosikannya ke tim senior. Dia mendapat peluang dan membayarnya dengan penampilan di pramusim.

Pemain berusia 20 tahun itu tampil dalam tiga pertandingan pertama Barcelona. Ia menjadi starter melawan Chelsea dan Vissel Kobe, kemudian masuk dari bangku cadangan saat melawan Arsenal.

Collado merupakan pemain serba bisa karena ia ditempatkan di berbagai posisi oleh Ernesto Valverde. Ia bermain sebagai pemain sayap kiri melawan Chelsea dan dimainkan di lini tengah melawan Vissel Kobe.

2 dari 3

Carles Perez

Carles Perez
Carles Perez menjalani debutnya di Tim Senior Barcelona © FC Barcelona Official

Perez dipromosikan ke tim B Barcelona pada Juli 2017 dan bermain dengan sangat baik sejak saat itu. Ia membuat 54 penampilan di Segunda dan Segunda B Division, mencetak 12 gol dan membantu timnya meraih gelar UEFA Youth League 2017-18.

Perez melakukan debut seniornya ketika ia menggantikan Malcom di menit ke-73 dalam pertandingan pamungkas LaLiga musim lalu. Saat itu Barcelona bermain imbang 2-2 dengan Eibar.

Perez ikut dalam skuat Barcelona yang terbang ke Jepang dan masuk dari bangku cadangan dalam pertandingan melawan Chelsea dan Vissel Kobe. Perez bersinar dengan mencetak dua gol cepat melawan klub Andres Iniesta sehingga Barcelona menang dengan skor 2-0.

Performnya melawan tim J-League itu membuatnya menjadi starter saat melawan Arsenal dan Napoli. Setelah menyatakan bahwa mimpinya adalah menembus tim utama Barcelona, Perez pasti sudah meninggalkan kesan yang bagus pada Valverde.

3 dari 3

Riqui Puig

Riqui Puig
Riqui Puig. © AP

Puig menjadi starter dalam empat dari lima pertandingan pramusim Barcelona. Ia bermain di lini tengah dalam tiga pertandingan tetapi dimainkan sebagai second striker saat melawan Vissel Kobe.

Meski bermain bersama gelandang berpengalaman seperti Ivan Rakitic dan Sergio Busquets, Puig sebagian besar tidak terpengaruh. Ia menjalankan tugasnya secara profesional meski usianya masih sangat muda.

Puig memainkan peran penting saat Barcelona menang 2-1 pada leg pertama atas Napoli di Amerika Serikat, Kamis (8/8/2019) pagi WIB. Ia membuat assist untuk gol pembuka Busquets.

Setelah tampil mengesankan selama pramusim, Puig kemungkinan akan berada di tim utama pada musim ini secara reguler.

(Sportskeeda)