FOLLOW US:


5 Gelandang Serang yang Jadi Buruan Klub Raksasa Eropa

26-06-2019 12:34

 | Aga Deta

5 Gelandang Serang yang Jadi Buruan Klub Raksasa Eropa
Philippe Coutinho. © AFP

Bola.net - Klub-klub top Eropa saat ini tengah sibuk mencari pemain baru di bursa transfer. Salah satu pemain yang dicari adalah gelandang serang.

Klub ingin mencari pemain yang bisa mencetak gol dan membuat assist dari lini tengah. Mereka tentu saja berharap bisa menemukan pemain seperti Bernardo Silva.

Silva memberikan kontribusi luar biasa terhadap kesuksesan Manchester City pada musim 2018-19 kemarin. Sepanjang musim, eks pemain AS Monaco itu mencatatkan 13 gol dan delapan assist bagi The Citizens.

Penampilan impresif Silva juga menular ke tim nasional Portugal. Selain membawa Seleccao juara UEFA Nations League, Silva juga terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Beberapa gelandang serang yang fantastis saat ini tersedia di musim panas ini. Beberapa dari mereka mungkin bisa pindah dalam waktu dekat.

Berikut ini lima gelandang serang yang sedang laris manis di bursa transfer seperti dilansir Fox Sports Asia.

1 dari 5

Nabil Fekir

Nabil Fekir
Nabil Fekir © AFP

Kapten Olympique Lyon itu hampir pindah ke Liverpool dengan biaya 50 juta pounds pada musim panas lalu. Namun, karena alasan tertentu, transfer itu akhirnya gagal. Nabil Fekir sekarang memasuki tahun terakhir di kontraknya dan presiden klub, Jean-Michel Aulas, sudah mengindikasikan bahwa sang pemain akan diizinkan untuk pergi dan mungkin dengan harga murah.

Fekir adalah lulusan akademi Lyon dan hanya pernah pernah membela mereka secara profesional. Dia mengalami serangkaian cedera dalam beberapa tahun terakhir, tetapi pemain berusia 25 tahun itu mampu mencetak 69 gol dan membuat 46 assist hanya dalam 193 pertandingan.

Pemain Prancis itu kembali dikaitkan dengan Liverpool lagi tetapi masih harus dilihat apakah The Reds masih bersedia untuk mendatangkan sang pemain ke Anfield.

2 dari 5

Hakim Ziyech

Hakim Ziyech
Hakim Ziyech © AFP

Dengan 14 gol dalam 25 penampilan untuk Maroko, Hakim Ziyech adalah pemain penting bagi tim Afrika tersebut yang tengah mengejar Piala Afrika pertama mereka sejak 1976. Namun, jika bukan karena cedera pada Mei 2015, Ziyech pasti sudah bermain untuk Belanda, negara kelahirannya.

Kehilangan pemain berkualitas seperti Ziyech merupakan pukulan besar bagi Belanda dan penampilannya di Eredivisie membuktikan hal tersebut. Ziyech memulai karirnya dengan Heerenveen dengan mencetak 13 gol dalam 46 pertandingan sebelum pindah ke FC Twente. Setelah mencetak 34 gol dalam 76 pertandingan untuk Twente, ia bergabung dengan Ajax pada 2016 dan dalam tiga musim bersama raksasa Belanda itu, ia telah mencetak 40 gol dan 61 assist dalam 130 pertandingan.

Sekarang berusia 26 tahun, sudah saatnya bagi Ziyech untuk meninggalkan Eredivisie dan bersinar di salah satu liga top Eropa. Hal itu tentu saja tidak sulit jika melihat penampilannya bersama Ajax di Liga Champions.

Bayern Munchen dikabarkan tertarik untuk merekrut gelandang serang serbaguna itu tetapi kepindahan pemain Maroko itu masih harus menunggu sampai Piala Afrika berakhir.

3 dari 5

James Rodriguez

James Rodriguez
James Rodriguez © AP Photo

Disaat pemain-pemain seperti Fekir dan Ziyech sedang menunggu transfer besar pertama dalam karier mereka, James Rodriguez mendapatkannya lima tahun lalu setelah ia memenangkan Sepatu Emas di Piala Dunia 2014.

James sudah membuktikan kemampuannya di La Liga, Ligue 1, Bundesliga, dan Liga NOS dan tujuan selanjutnya adalah Serie A bersama Napoli yang dilatih mantan pelatihnya Carlo Ancelotti. Ketika pemain Kolombia itu bergabung dengan Real Madrid, Ancelotti menjadi pelatihnya dan dalam satu-satunya musim di bawah asuhan pria Italia itu, ia mencetak 17 gol dan 18 assist dalam 46 pertandingan.

Meski mencetak 93 gol dan 115 assist untuk Real Madrid, Bayern Munchen, AS Monaco dan Porto, ia tidak masuk dalam rencana Zinedine Zidane. Berusia 27 tahun, James berada di tahun-tahun puncak karirnya dan bisa menjadi rekrutan yang fantastis untuk Napoli.

4 dari 5

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes
Bruno Fernandes © Sporting CP Official

Sebagian besar pemain internasional Portugal memulai karier profesional mereka di Portugal sebelum pindah ke salah satu liga top Eropa. Namun, Bruno Fernandes memulai karir profesionalnya di Italia bersama Novara sebelum akhirnya bermain untuk Udinese dan Sampdoria.

Dia mencetak 15 gol dan 14 assist pada usia yang sangat muda di Serie A tetapi setelah pindah ke Sporting pada 2017 dia benar-benar meningkat. Fernandes mencetak 48 gol dan membuat 38 assist hanya dalam 109 pertandingan untuk klub Portugal dan pada 2018/19 saja, ia mencetak 32 gol dan 18 assist di semua kompetisi.

Pemain berusia 24 tahun itu menjadi bintang dalam kesuksesan Portugal menjuarai UEFA Nations League dan sekarang, spekulasi tentang masa depannya sedang marak. Dia sudah dikaitkan dengan Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Manchester United dan sepertinya masa depannya akan berada di Premier League.

5 dari 5

Philippe Coutinho

Philippe Coutinho
Philippe Coutinho © AFP

Philippe Coutinho menghabiskan paruh pertama musim 2017/18 dengan Liverpool dan dalam 20 pertandingan, ia mencetak 12 gol dan delapan assist. Jika dia terus berlanjut, itu pasti akan menjadi musim terbaik dalam kariernya, tetapi sebaliknya, dia memaksa pindah ke Barcelona pada Januari 2018 dan bisa dibilang kepindahannya belum berjalan sesuai rencana.

Coutinho mencetak delapan gol dan lima assist dalam 18 pertandingan di paruh kedua musim 17/18 untuk Barcelona dan ia diharapkan membuat dampak yang besar di musim 2018/19. Namun, ia hanya bisa mencetak lima gol dan dua assist dalam 34 pertandingan La Liga musim lalu dan sepertinya tidak cocok dengan sistem Ernesto Valverde.

Menurut laporan, Barcelona siap merugi dan menjual pemain Brasil itu pada musim panas ini untuk mendanai target mereka di bursa transfer. Coutinho sudah dikaitkan dengan kemungkinan kembali ke Liverpool tetapi PSG juga dikabarkan tertarik dengan sang pemain.