FOLLOW US:


5 Legenda yang Anggap Diego Maradona Lebih Baik dari Lionel Messi

11-05-2020 12:38

 | Aga Deta

5 Legenda yang Anggap Diego Maradona Lebih Baik dari Lionel Messi
Diego Maradona. © AP

Bola.net - Lionel Messi dan Diego Maradona merupakan dua pesepak bola terbaik Argentina di era masing-masing. Kemampuan mereka di atas lapangan tak usah diragukan lagi.

Maradona muncul lebih dulu ketimbang Messi. Mantan bintang Napoli itu menghiasi dunia sepak bola pada era 80-an sampai 90-an.

Namun, sekarang ini banyak yang menganggap Messi lebih hebat dari Maradona. Sebab, bintang Barcelona itu memegang rekor pemain terbaik dengan enam penghargaan Ballon d'Or.

Meski demikian, Fabio Cannavaro menyebut Maradona sebagai pemain terbaik yang pernah ada. Pasalnya, era sepakbola yang dijalani Maradona jauh lebih sukar dibanding era Messi.

"Saya sangat menghormati Messi. Dia adalah salah satu terbaik di generasi saat ini, tapi Maradona itu berbeda karena saat itu sepakbola tidak seperti sekarang," kata Cannavaro, dikutip Sport Star.

Selain Cannavaro, siapa saja yang menganggap Maradona lebih baik Messi? Berikut adalah para legenda yang menganggap Maradona lebih baik dari Messi seperti dikutip dari Ronaldo.com.

1 dari 5

Romario

Romario
Romario © PA

Striker Brasil ini bermain dari tahun 1981 hingga 2010. Dia memenangkan banyak penghargaan dan mengalahkan pertahanan di seluruh planet ini.

Dia mencetak 55 gol dalam 77 pertandingan untuk Brasil. Namun, Romario hanya menghadapi Diego Maradona sekali dalam kariernya pada pertandingan penyisihan grup Copa America 1989.

Romario mencetak gol kedua saat Brasil menang 2-0 pada kesempatan itu. Namun, dia tidak ragu dengan bakat Maradona.

“Orang-orang berdebat tentang siapa yang lebih baik, Maradona atau Messi. Maradona masih yang terbaik untuk apa yang dia lakukan dengan Argentina."

2 dari 5

Juan Roman Riquelme

Juan Roman Riquelme
Juan Roman Riquelme © Bongarts

Riquelme adalah mantan pemain timnas Argentina. Dia tidak hanya bermain 27 kali bersama Lionel Messi di tim nasional, tetapi juga menghadapinya sebagai lawan di La Liga.

Kedua pemain ini sama-sama berjuang di Piala Dunia, Copa America dan di Olimpiade. Namun bagi Riquelme, Diego Maradona ada di level lain.

“Bagi saya, Maradona adalah unik, dia yang terbaik dalam sejarah.

“Saya tumbuh bersama Maradona. Menontonnya hangat sudah cukup, Anda bisa pulang dengan bahagia.

“Dia melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.”

3 dari 5

Gabriel Batistuta

Gabriel Batistuta
Batistuta © PA

Batistuta adalah striker produktif yang menghabiskan sebagian besar kariernya di Fiorentina. Dia mencetak 203 gol dalam 331 pertandingan untuk La Viola. Batistuta juga mencatatkan rekor mencetak gol dalam 11 pertandingan Serie A berturut-turut.

Batistuta juga mempunyai karier yang menakjubkan dengan tim nasional Argentina di tahun 90-an. Dia tidak hanya mencetak 54 gol dalam 78 pertandingan, tetapi memenangkan empat trofi. Di antaranya adalah dua gelar Copa America.

Batistuta pernah bermain bersama Diego Maradona untuk La Albiceleste sebanyak delapan kali. Meski Lionel Messi memecahkan rekor golnya untuk Argentina, Batistuta tidak ragu siapa yang menjadi pemain Argentina terbaik versinya.

“Bagi saya, Diego adalah yang terbaik dari semuanya. Maradona mewakili Argentina dalam banyak hal, tidak hanya dalam sepakbola.

“Dia adalah orang pertama yang menempatkan kita di peta, memenangkan Piala Dunia, itu adalah sesuatu yang tidak biasa. Itu juga karismatik.”

4 dari 5

Zico

Zico
Zico © AFP

Zico adalah legenda sepak bola Brasil. Selain dua musim yang singkat di Udinese di tahun 80-an, Zico menghabiskan sebagian besar kariernya di luar Eropa. Dia pernah berhadapan dengan Diego Maradona dua kali.

Salah satunya terjadi pada tahun 1985 di Serie A. Maradona mencetak dua gol untuk membuat timnya meraih hasil imbang 2-2 untuk Napoli saat melawan Udinese.

Yang lainnya adalah pertandingan penyisihan grup di Piala Dunia 1982. Zico mencetak gol pembuka di pertandingan itu saat Brasil meraih kemenangan 3-1 atas Argentina.

“Saya pikir Maradona memainkan sepakbola yang lebih kompetitif.

“Dia selalu bermain dengan pencetak gol langsung. Tapi Maradona melakukan banyak hal untuk Argentina. Dia memenangkan Piala Dunia.

“Maradona selalu menonjol di kompetisi besar. Termasuk ketika Argentina bukan favorit."

5 dari 5

Pele

Pele
Pele © AFP

Pele menikmati karier bermain selama 21 tahun dengan memenangkan tiga Piala Dunia untuk Brasil. Dia bahkan mengklaim sudah mencetak 1.281 gol dalam 1.363 pertandingan menurut situs FIFA. Meski angka ini masih bisa diperdebatkan.

Meskipun demikian, Pele akan selamanya menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah sepak bola.

Meski legenda Brasil ini tidak pernah berhadapan dengan Diego Maradona atau Lionel Messi sebagai pemain, ia menilai Maradona sebagai pemain sepakbola yang lebih baik.

“Bagi saya, Maradona adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada. Jika Anda bertanya kepada saya, 'apakah dia lebih baik dari Messi?', Dia jauh lebih baik."

Sumber: Ronaldo.com