FOLLOW US:


5 Pemain yang Harus Dijual Barcelona di Januari

13-12-2019 15:14

 | Aga Deta

5 Pemain yang Harus Dijual Barcelona di Januari
Ernesto Valverde, Barcelona © AP Photo

Bola.net - Barcelona bisa dibilang punya skuad yang mampu mempertahankan gelar La Liga. Pasukan Ernesto Valverde saat ini sedang bertengger di puncak klasemen.

Lionel Messi dan kolega sekarang sedang mengumpulkan 34 poin dari 15 pertandingan. Mereka mempunyai poin yang sama dengan sang rival Real Madrid.

Blaugrana juga tampil cukup mengesankan di Liga Champions. Mereka baru saja memastikan diri ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen Grup F.

Namun, Barcelona juga punya beberapa pemain yang tidak terpakai di skuadnya. Mereka bisa dijual pada bursa transfer Januari.

Penjualan pemain dimaksudkan untuk mengurangi beban gaji. Selain itu, hal tersebut juga untuk menambah dana transfer sebelum mendatangkan pemain incaran.

Berikut ini lima pemain yang harus dijual Barcelona seperti dilansir Fox Sports Asia.

1 dari 5

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele
Pemain Barcelona, Ousmane Dembele, meninggalkan lapangan sambil meringis kesakitan dalam laga lanjutan fase grup Liga Champions hari Kamis (28/11/2019). © AP Photo

Barcelona menjalani start yang lambat karena kinerja mereka yang cukup buruk pada awal musim. Bahkan, Blaugrana sepertinya belum bisa bangkit sejak disingkirkan Liverpool di Liga Champions.

Sejak kekalahan melawan Liverpool, beberapa pemain tampil mengecewakan dan tidak konsisten. Salah satunya adalah Ousmane Dembele. Pemain asal Prancis itu datang ke Camp Nou dari Borussia Dortmund pada tahun 2017 dengan biaya transfer yang mencapai 125 juta euro, tetapi ia gagal memenuhi harapan.

Selain itu, masalah kedisiplinan pemain berusia 22 tahun itu juga sedikit merepotkan bagi Barcelona. Dembele sudah tidak layak dipertahankan mengingat Barcelona punya target besar memenangkan Liga Champions dan mempertahankan gelar La Liga.

2 dari 5

Jean-Clair Todibo

Jean-Clair Todibo
Jean-Clair Todibo © FCB

Jean-Clair Todibo direkrut Barcelona pada tanggal 31 Januari 2019, dengan biaya transfer yang dilaporkan sebesar 1 juta euro. Mantan bek tengah Toulouse itu hanya menjadi bek tengah pilihan keempat di Barca setelah Gerard Pique, Clement Lenglet dan Samuel Umtiti.

Mengingat statusnya sebagai pemain pelapis di klub, sudah jelas Todibo tidak masuk dalam rencana manajer Ernesto Valverde di Camp Nou. Selain itu, kemunculan pemain Barcelona B Ronald Araujo yang kadang-kadang dipanggil untuk bermain dengan tim utama semakin mengurangi peran pemain Prancis itu di klub.

Saat ini bernilai sekitar 10 juta euro, menjual pemain berusia 19 tahun itu sekarang akan menghasilkan keuntungan bagi Barcelona - yang kemudian bisa digunakan untuk menemukan penerus jangka panjang Gerard Pique. Menurut laporan, AC Milan tertarik untuk merekrutnya dan karenanya, Barcelona memiliki peluang bagus untuk menjualnya saat ini.

3 dari 5

Samuel Umtiti

Samuel Umtiti
Samuel Umtiti © AFP

Samuel Umtiti tiba di Barcelona dengan banyak janji. Dia memulai karier profesionalnya bersama tim Ligue 1 Olympique Lyonnais pada 2012, memenangkan Piala Prancis dan Trophee des Champions di musim pertamanya. Umtiti bergabung dengan Barcelona sebesar 25 juta euro dan juga menjadi salah satu pemain terbaik mereka pada musim 2016-17.

Namun, karier juara Piala Dunia itu dirusak oleh cedera. Hal itu memaksanya masuk ruang perawatan untuk jangka waktu yang cukup lamam. Clement Lenglet kemudian mengambil tempatnya dan pemain berusia 26 tahun itu belum mampu menggantikannya sebagai starter sejak saat itu.

Saat ini, Umtiti hanya menjadi bek tengah pilihan ketiga di bawah Ernesto Valverde, dan sang pemain akan mendapat manfaat jika dia meninggalkan klub pada Januari. Menurut laporan, Arsenal dan beberapa klub Serie A tertarik dengannya dan beberapa dari mereka bahkan bersedia untuk menebusnya di angka 40 juta euro.

4 dari 5

Moussa Wague

Moussa Wague
Moussa Wague © FCB

Moussa Wague adalah pemain lainnya yang tidak terpakai di Barcelona. Setelah bergabung dari tim Belgia KAS Eupen pada 2018 Agustus senilai 5 juta euro, Wague didatangkan dengan tujuan sebagai pelapis untuk bek kanan mereka saat ini Nelson Semedo dan Sergi Roberto.

Namun, pemain internasional Senegal itu belum mendapat kesempatan yang cukup untuk membuktikan kualitasnya di klub. Dia baru tampil dua kali musim ini, satu kali di La Liga dan satu kali di Liga Champions dan sekarang tidak terlihat seperti opsi jangka panjang.

Menurut laporan, Blaugrana tertarik mendatangkan bek kanan lainnya untuk memperkuat lini belakang mereka. Karena itu, membiarkan Wague bertahan di Camp Nou tidak masuk akal sama sekali. Akan lebih baik jika Barca menjualnya untuk mendapatkan pemain yang lebih baik.

5 dari 5

Carles Alena

Carles Alena
Carles Alena © AP Photo

Pemain didikan akademi La Masia itu dipromosikan ke tim senior Barcelona pada musim 2017-18. Pemain berusia 21 tahun itu juga menunjukkan performa yang bagus setiap kali menjadi bagian dari tim utama Barcelona.

Tapi sekarang, Barcelona punya banyak gelandang berbakat dan berpengalaman seperti Ivan Rakitic, Arturo Vidal, Arthur, Frenkie de Jong dan Sergio Busquets. Alena tentu saja tidak punya tempat di bawah asuhan Ernesto Valverde.

Pemain Spanyol itu juga kabarnya kecewa dengan situasinya di Barcelona setelah klub memberikan nomor punggung 21 kepada Frenkie De Jong. Mengingat bakat dan potensinya, tidak mengherankan kalau ada banyak tim yang berminat kepadanya.