5 Pengguna Nomor Punggung 9 Barcelona Sebelum Robert Lewandowski

Aga Deta | 9 Agustus 2022 15:16
Striker Barcelona, Robert Lewandowski (c) AP Photo

Bola.net - Robert Lewandowski sudah diperkenalkan sebagai pemain baru Barcelona. Dalam peresmiannya, Lewandowski diketahui akan mengenakan nomor punggung 9 pada musim ini.

Lewandowski diketahui datang ke Barcelona pada bursa transfer musim panas 2022. Dia dikontrak dari Bayern Munchen dengan nilai transfer sekira 50 juta euro.

Pemain timnas Polandia itu mendapat kontrak selama empat tahun di Camp Nou. Lewandowski bakal diplot untuk menjadi striker utama Barcelona pada musim ini.

Lewandowski sendiri identik dengan nomor 9 ketika di Bayern dan timnas Polandia. Karena itu, tidak mengherankan kalau bomber berusia 33 tahun itu juga juga memakai nomor tersebut di klub barunya.

Sebelumnya ada banyak pemain yang mendapat kesempatan memakai nomor punggung 9 di Barcelona. Berikut ini lima di antaranya.

1 dari 5 halaman

Memphis Depay

Penyerang Barcelona Memphis Depay merayakan golnya ke gawang Celta Vigo di Camp Nou, Rabu (11/05/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Sebelum kedatangan Robert Lewandowski, nomor punggung 9 di Barcelona dipakai oleh Memphis Depay. Dia menggunakan nomor tersebut sejak awal bergabung dengan Barcelona.

Depay datang ke Barcelona pada musim panas 2021 lalu dengan status bebas transfer dari Lyon. Selama semusim bermain untuk Blaugrana, penampilan Depay tidak bisa dibilang buruk.

Pemain timnas Belanda tersebut mencatatkan 13 gol dan dua assist dari 36 pertandingan di semua kompetisi. Depay saat ini masih terikat kontrak dengan Blaugrana sampai 30 Juni 2023.

2 dari 5 halaman

Martin Braithwaite

Selebrasi striker Barcelona, Martin Braithwaite usai membobol gawang Real Sociedad, Senin (16/8/2021) (c) AP Photo

Martin Braithwaite merupakan pembelian darurat ketika Barcelona sedang krisis striker pada musim dingin 2020. Dia didatangkan dari Leganes seharga 18 juta euro.

Braithwaite awalnya mengenakan nomor punggung 19, lalu berubah menjadi 9 pada musim 2020/21 setelah kepergian Luis Suarez. Tetapi sejak musim lalu Braithwaite memakai nomor 12.

Karier Braithwaite di Barcelona sebenarnya tidak begitu bagus. Striker asal Denmark tersebut hanya bisa mencetak 10 gol dari 57 penampilan di semua kompetisi.

3 dari 5 halaman

Luis Suarez

Luis Suarez, Barcelona (c) AP Photo

Setelah tampil tajam bersama Liverpool, Barcelona mendatangkan Luis Suarez pada musim panas 2014. Striker asal Uruguay tersebut kemudian membentuk trio mematikan bersama Lionel Messi dan Neymar di Camp Nou.

Suarez mampu mencetak 198 gol dalam 283 penampilan di semua kompetisi untuk Barcelona. Mantan pemain Ajax Amsterdam tersebut juga memenangkan empat gelar La Liga dan satu Liga Champions selama enam tahun membela Blaugrana.

Sayang, Suarez tersingkir di bawah asuhan Ronald Koeman pada musim panas 2020 karena dianggap sudah terlalu tua. Suarez kemudian melanjutkan kariernya di klub rival, Atletico Madrid.

4 dari 5 halaman

Alexis Sanchez

Alexis Sanchez (c) AFP

Alexis Sanchez didatangkan Barcelona dari Udinese pada tahun 2011. Meski bukan striker alami, Sanchez diberi nomor punggung 9 di Camp Nou.

Meskipun hanya tiga musim berada di Barcelona, Sanchez memiliki memori yang indah di Barcelona. Dia berhasil meraih enam gelar termasuk dua gelar La Liga.

Di Camp Nou, Sanchez mencatatkan 141 kali penampilan dengan raihan 46 gol dan 37 assist. Pada 2014 Sanchez memutuskan menerima pinangan klub Premier League Arsenal.

5 dari 5 halaman

Bojan Krkic

Bojan Krkic (c) AFP

Bojan Krkic mengawali karier sepak bolanya dari akademi Barcelona. Dia membuat debut untuk tim utama Blaugrana ketika masih berusia 17 tahun.

Awalnya Bojan menggunakan nomor 27, kemudian berganti ke nomor 11. Saat Zlatan Ibrahimovic dipinjamkan ke AC Milan, Bojan dipercaya memakai nomor 9.

Selama berseragam Barcelona, Bojan mencatatkan 163 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, dia berhasil mencetak 41 gol dan 19 assist.

Sumber: berbagai sumber

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR