5 Striker Liverpool yang Pecahkan Rekor Transfer Sebelum Darwin Nunez, Adakah yang Sukses?

Aga Deta | 17 Juni 2022 16:24
Darwin Nunez. (c) Liverpool FC Official Twitter

Bola.net - Liverpool berhasil memenangkan perburuan Darwin Nunez pada bursa transfer musim panas ini. Penyerang asal Uruguay tersebut direkrut dari Benfica.

Liverpool merekrut dengan nilai transfer 85 juta poundsterling atau setara Rp1,5 triliun. Pembelian Nunez ini memecahkan rekor transfer The Reds.

Nunez diikat dengan kontrak yang berdurasi enam tahun. Pemain berusia 22 tahun tersebut bakal mengenakan nomor punggung 27, yang sebelumnya dikenakan oleh Divock Origi.

Pada musim lalu, Nunez mampu mencetak 34 gol dan empat assist dari 41 penampilan bersama Benfica di berbagai ajang. Dia juga berhasil mencetak gol ke gawang Liverpool di perempat final Liga Champions.

Sebelum Nunez, Liverpool juga pernah memecahkan rekor transfer untuk merekrut pemain yang berposisi penyerang. Lalu bagaimana nasib mereka setelah datang ke Anfield?

Berikut ini lima penyerang yang pernah memecahkan rekor transfer Liverpool sebelum Darwin Nunez.

1 dari 5 halaman

Stan Collymore

Liverpool merekrut Stan Collymore dari Nottingham Forest seharga 8,5 juta pounds pada tahun 1995. Kepindahan Colyymore itu memecahkan rekor transfer di Inggris yang sebelumnya dipegang Andy Cole saat pindah ke Manchester United.

Striker asal Inggris tersebut membentuk duet yang mematikan dengan bintang lokal Robbie Fowler. Collymore mampu mencetak 35 gol dari 81 penampilan selama dua musim di Anfield.

Namun, kemunculan Michael Owen membuat Collymore tersisih dari skuat Liverpool asuhan Roy Evans. Dia kemudian dijual ke Aston Villa seharga 7 juta pounds pada 1997.

2 dari 5 halaman

Djibril Cisse

Liverpool mendatangkan Djibril Cisse dari Auxerre pada musim panas 2004. Penyerang asal Prancis tersebut digaet dengan harga sebesar 14,5 juta pounds.

Sayangnya, cedera patah kaki membuat karier Cisse di Anfield tidak terlalu mengesankan. Dia hanya menciptakan 13 gol dari 49 penampilan di Premier League untuk Liverpool.

Cisse kemudian dipinjamkan ke Marseille pada 2006. Mantan pemain Lazio tersebut pada akhirnya menjadi pemain permanen milik klub Prancis tersebut pada tahun berikutnya.

3 dari 5 halaman

Fernando Torres

Fernando Torres dan Steven Gerrard (c) LFC

Meski tak pernah meraih juara bersama Liverpool, Fernando Torres adalah satu striker terbaik yang pernah dimiliki The Reds. Striker asal spanyol itu diboyong dari Atletico Madrid dengan biaya sebesar 20,2 juta pounds.

Selama di Liverpool, Torres berada di puncak kekuatannya. El Nino mampu mencetak 81 gol dalam 142 penampilan di semua kompetisi bersama The Reds.

Setelah tiga setengah musim berseragam Liverpool, Torres bergabung dengan Chelsea pada Januari 2011. Kepindahannya ke Stamford Bridge memakan biaya sebesar 50 juta pounds.

4 dari 5 halaman

Andy Carroll

Andy Carroll (c) LFC

Andy Carroll direkrut Liverpool tepat di hari terakhir bursa transfer musim dingin 2011. Striker Inggris itu didatangkan The Reds untuk menjadi pengganti Fernando Torres yang pindah ke Chelsea.

Liverpool merogoh kocek sebesar 35 juta pounds untuk mendapatkan Carroll dari Newcastle United. Namun, striker asal Inggris gagal menunjukkan performa terbaiknya selama berada di Anfield.

Carroll menghabiskan satu setengah musim di Liverpool. Dia hanya mampu mencetak 11 gol dari 58 penampilan di semua kompetisi bersama The Reds sebelum dilepas ke West Ham.

5 dari 5 halaman

Mohamed Salah

Aksi Mohamed Salah di laga Liverpool vs Watford di pekan ke-31 Premier League 2021-22 di Anfield, Sabtu (02/04/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Mohamed Salah bergabung dengan Liverpool dari AS Roma senilai 43,9 juta pounds pada bursa transfer musim panas 2017. Pemain asal Mesir tersebut kemudian terbukti menjadi salah satu transfer terbaik The Reds.

Salah telah mencetak 156 gol dalam 254 pertandingan. Dia juga berperan membantu Liverpool memenangkan Liga Champions, Premier League, FA Cup, Carabao Carabao dan Piala Dunia Antarklub.

Kini, kontrak Salah dengan Liverpool akan berakhir pada Juni 2023 mendatang. Sayangnya, negosiasi kontrak barunya di Anfield dikabarkan berjalan sulit.

Sumber: The Sun

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR