FOLLOW US:


9 Pemain yang Pernah Bermain untuk Juventus dan Chelsea

28-09-2021 14:51

 | Aga Deta

9 Pemain yang Pernah Bermain untuk Juventus dan Chelsea
Striker Juventus, Alvaro Morata © AP Photo

Bola.net - Juventus akan menjamu Chelsea pada laga fase Grup H Liga Champions 2021/22. Dua ini akan digelar di Allianz Stadium, Kamis (30/9/2021) dini hari WIB.

Juventus punya modal yang cukup bagus jelang duel lawan Chelsea. Terbaru, Bianconeri menang 3-2 atas Sampdoria dalam ajang Serie A.

Sementara itu, Chelsea kalah 0-1 dari Manchester City pada laga lanjutan Premier League. Ini adalah kekalahan pertama The Blues pada musim ini.

Di balik duel Juventus vs Chelsea, ada beberapa pemain yang pernah berseragam kedua klub tersebut. Berikut ini beberapa di antaranya.

1 dari 9

Gianluca Vialli

Gianluca Vialli
Gianluca Vialli © CFC

Gianluca Vialli membela Juventus dari tahun 1992 sampai 1996. Ketika itu penyerang asal Italia tersebut didatangkan dari Sampdoria.

Vialli meraih kesuksesan besar saat bermain di Turin. Empat musim di Juventus, mantan pemain Cremonese itu berhasil memenangkan Serie A, Coppa Italia dan Liga Champions.

Setelah kontraknya di Juventus habis, Vialli pindah ke Chelsea. Dia mengemas 38 gol dari 81 penampilan dan membantu The Blues mengamankan gelar FA Cup, Piala Liga dan Piala Winners.

2 dari 9

Didier Deschamps

Didier Deschamps
Pelatih timnas Prancis Didier Deschamps. © AP Photo

Didier Deschamps datang ke Juventus pada tahun 1994. Dia saat itu direkrut dari Marseille dengan biaya yang mencapai dua juta euro.

Di klub Italia tersebut, gelandang asal Prancis itu mencatatkan 178 penampilan di semua kompetisi. Dia juga meraih tiga gelar Serie A, dua Supercoppa Italiana, dan satu Liga Champions Eropa.

Setelah lima musim di Turin, Deschamps memutuskan hijrah ke Chelsea pada 1999. Dia cuma semusim di Stamford Bridge dengan catatan 46 penampilan sebelum pindah ke Valencia.

3 dari 9

Pierluigi Casiraghi

Pierluigi Casiraghi bermain untuk Juventus pada tahun 1989 hingga 1993. Dia berhasil merasakan gelar Coppa Italia dan dua gelar UEFA Cup selama berada di Turin.

Selepas dari Juventus, mantan striker Timnas Italia ini pindah ke Lazio. Dia mencetak 41 gol bersama Biancocelesti sebelum pindah ke Chelsea pada 1998.

Sayangnya, karier Casiraghi di Stamford Bridge dirusak cedera. Dia hanya mencetak satu gol dari 15 penampilan bersama The Blues.

4 dari 9

Adrian Mutu

Adrian Mutu
Adrian Mutu. © AFP/Adrian Dennis

Chelsea mendatangkan Adrian Mutu dari Parma pada musim panas 2003. Dia sebenarnya mampu tampil baik pada musim perdananya di Stamford Bridge.

Namun, di musim berikutnya, Mutu terbukti positif mengonsumsi kokain. Alhasil, pemain asal Rumania tersebut mendapat hukuman dilarang tampil 7 bulan.

Setelah kontraknya diputus Chelsea, Mutu kembali ke Italia dengan bergabung Juventus pada Januari 2005. Mutu hanya bertahan selama satu setengah musim di Turin sebelum dilepas ke Fiorentina.

5 dari 9

Tiago Mendes

Tiago Mendes
Tiago Mendes © AFP

Tiago Mendes datang ke Chelsea di tahun 2004 pada era Jose Mourinho di The Blues dimulai. Dia berhasil memenangkan gelar Premier League dan Piala Liga untuk klub London tersebut.

Gelanadang asal Portugal ini cuma membela Chelsea semusim dan kemudian pindah ke Lyon. Dua tahun di Prancis, Tiago kemudian diboyong Juventus pada Juni 2007.

Sayangnya, Tiago gagal meraih gelar selama bermain bersama Si Nyonya Tua. Setelah mencatatkan 53 penampilan, dia akhirnya pindah ke Atletico Madrid pada 2010.

6 dari 9

Nicolas Anelka

Nicolas Anelka
Nicolas Anelka © AFP

Nicola Anelka adalah salah satu pemain yang sering berganti-ganti klub. Dia tercatat pernah membela 12 klub yang berbeda, termasuk Chelsea dan Juventus.

Anelka membela Chelsea pada periode 2008 sampai 2012. Selama lima tahun, penyerang asal prancis tersebut mencetak 59 gol dari 184 penampilan dan membantu The Blues menjuarai Premier League.

Anelka datang ke Juventus pada Januari 2013 dengan status pinjaman dari Shanghai Shenhua. Namun, mantan pemain Real Madrid tersebut hanya membuat tiga penampilan bersama Bianconeri.

7 dari 9

Juan Cuadrado

Juan Cuadrado
Selebrasi Juan Cuadrado setelah menjebol gawang Inter Milan, Sabtu (15/5/2021) malam WIB. © AP Photo

Tampil apik saat berseragam Fiorentina, Juan Cuadrado dibeli Chelsea pada Februari 2015. Namun, pemain asal Kolombia tersebut gagal tampil reguler bersama The Blues.

Gagal di Stamford Bridge, Cuadrado kemudian dipinjamkan ke Juventus pada Agustus 2015. Statusnya di Turin kemudian berubah menjadi permanen pada Mei 2017.

Sejauh ini, Cuadrado sudah mencatatka 227 penampilan di semua kompetisi bersama Juventus. Dia juga memenangkan lima gelar Serie A, empat Coppa Italia, dan dua Supercoppa Italiana bersama Si Nyonya Tua.

8 dari 9

Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain
Gonzalo Higuain, Juventus © AP Photo

Gonzalo Higuain direkrut Juventus dari Napoli pada tahun 2016. Bianconeri mengeluarkan biaya sebesar 90 juta euro untuk merekrut striker Argentina tersebut.

Higuain mencetak 66 gol dari 149 penampilan di semua kompetisi. Dia juga berhasil membantu Si Nyonya Tua merengkuh tiga gelar Serie A.

Pada Januari 2019, Juventus meminjamkan Higuain ke Chelsea. Dia berada di Stamford Bridge selama enam bulan dan hanya mencetak lima gol dari 18 penampilan bersama The Blues.

9 dari 9

Alvaro Morata

Alvaro Morata
Penyerang Juventus, Alvaro Morata, merayakan gol ke gawang AC Milan dalam laga lanjutan Serie A hari Senin (20/9/2021). © Juventus FC

Alvaro Morata pertama kali membela Juventus pada tahun 2014-2016. Tampil gemilang di Serie A, Real Madrid kemudian memutuskan untuk memulangkannya ke Santiago Bernabeu.

Morata ternyata cuma bertahan di Madrid selama semusim setelah kembali ke Spanyol. Bomber yang kini berusia 28 tahun tersebut kemudian dijual ke Chelsea pada tahun 2017.

Ditebus seharga 66 juta euro, Morata gagal menunjukkan performa yang mengesankan bersama Chelsea. Sang pemain kemudian dilepas ke Atletico Madrid dan saat ini bermain di Juventus.

Sumber: Berbagai Sumber