FOLLOW US:


Analisis dan Prediksi Piala Dunia 2018: Grup G

04-06-2018 15:13
Analisis dan Prediksi Piala Dunia 2018: Grup G
Eden Hazard © AFP

Bola.net -
Belgia (lihat profil tim)
Panama (lihat profil tim)
Tunisia (lihat profil tim)
Inggris (lihat profil tim)

JADWAL PERTANDINGAN
18 Juni 22:00 WIB - Belgia vs Panama
19 Juni 01:00 WIB - Tunisia vs Inggris
23 Juni 19:00 WIB - Belgia vs Tunisia
24 Juni 19:00 WIB - Inggris vs Panama
29 Juni 01:00 WIB - Panama vs Tunisia
29 Juni 01:00 WIB - Inggris vs Belgia.

Selebrasi kelolosan Panama (c) AFP

Selebrasi kelolosan Panama (c) AFP


ANALISIS KEKUATAN
Belgia
Dengan skuat bertabur bintang, Belgia cukup layak dijagokan melangkah paling tidak sampai perempat final, sama seperti di Piala Dunia 2014.

Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Romelu Lukaku dan Dries Mertens adalah beberapa nama top di skuat ini. Kualitas mereka pun sudah terbukti.

Dengan kreativitas dan ketajamannya, pasukan Roberto Martinez nyaris tak pernah meninggalkan lapangan tanpa membobol gawang lawan.

Lini tengah dan lini serang Belgia sangat bisa diandalkan. Namun ada kekurangan di lini belakang. Vincent Kompany bermasalah dengan konsistensi, sedangkan Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen tak banyak pelapis sepadannya.

Panama
Untuk pertama kalinya, Panama lolos ke Piala Dunia. Peluang maju ke fase knockout terbilang tipis, jadi tim nasional dari negara berpopulasi empat juta penduduk ini akan coba menikmatinya.

Panama lolos sebagai peringkat tiga kualifikasi zona CONCACAF. Panama finis di bawah Meksiko dan Kosta Rika.

Kelolosan itu dipastikan dengan kemenangan 2-1 atas Kosta Rika di laga terakhir. Euforia pun menyelimuti seantero negeri.

Pemain kunci Panama adalah striker veteran Luis Tejada (37 tahun), yang sudah mencetak 43 gol dalam 105 penampilan internasional.

Tunisia
Tunisia kembali ke panggung paling akbar, setelah gagal lolos ke Afsel 2010 dan Brasil 2014. Kelolosan mereka pun terbilang impresif.

Tunisia tak terkalahkan di Grup A kualifikasi zona Afrika. Mereka meraih 14 poin dari enam pertandingan (M4 S2 K0) di grup yang dihuni oleh Kongo, Libya dan Guinea, mencetak 11 gol dan hanya kebobolan empat.

Striker Wahbi Khazri, yang bermain untuk Rennes di liga Prancis, sudah mengemas 12 gol dalam 35 penampilan internasional. Tunisia bakal berharap dia bisa fit seratus persen untuk turnamen di Rusia.

Inggris
Di Piala Dunia 2014, Inggris tersingkir di fase grup. Di EURO 2016, Inggris dipermalukan Islandia di babak 16 besar. Sekarang, bersama manajer Gareth Southgate, Three Lions mencoba membangun kembali reputasi mereka.

Melihat sejarah, Inggris harusnya lebih difavoritkan daripada Belgia. Namun berdasarkan kualitas skuat, permainan dan performa beberapa tahun terakhir, Inggris harus rela melihat Belgia lebih difavoritkan.

Lebih ironis lagi, sebagian besar pemain inti Belgia merupakan pilar-pilar di klub-klub terbaik Inggris.

Skuat Inggris untuk Piala Dunia 2018 relatif muda. Pemain paling berpengalaman di skuat ini bahkan 'cuma' Gary Cahill, dengan 59 international caps. Kaptennya pun 'cuma' Harry Kane, dengan 13 gol dan 24 international caps.

Lolos dari fase grup adalah target paling realistis bagi Inggris. Mereka beruntung karena grup ini tak terlalu sulit.

Harry Kane dan Gareth Southgate (c) AFP

Harry Kane dan Gareth Southgate (c) AFP


PREDIKSI

Di atas kertas, Panama dan Tunisia bisa dibilang sebagai pelengkap. Secara kelas, mereka berada di bawah dua tim lainnya.

Grup ini diyakini bakal menjadi persaingan Inggris dan Belgia. Ini seperti melihat Premier League Inggris di tanah Rusia.

Jika sesuai skenario, laga terakhir Inggris vs Belgia di Kaliningrad bakal sangat krusial - untuk menentukan juara dan runner-up grup.

Prediksi lolos babak 16 besar: Belgia, Inggris.

Tunisia (c) AFP

Tunisia (c) AFP


FAKTA & STATISTIK
  • Panama adalah debutan Piala Dunia pertama dari CONCACAF sejak Trinidad & Tobago di edisi 2006.
  • Inggris dan Tunisia bertemu di fase grup Piala Dunia 1998. Inggris menang 2-0 lewat gol-gol Alan Shearer dan Paul Scholes.
  • Satu-satunya kemenangan Tunisia dalam 12 laga di Piala Dunia adalah dengan skor 3-1 melawan Meksiko di Piala Dunia 1978. Itu juga tercatat sebagai kemenangan pertama oleh tim asal Afrika di Piala Dunia.
  • Inggris hanya kalah sekali dalam 21 pertemuan melawan Belgia. Kekalahan itu adalah dengan skor 2-3 dalam uji coba pada 1936.
  • Hernan Dario Gomez adalah pelatih Panama yang berasal dari Kolombia. Sebelum meloloskan Panama ke Piala Dunia 2018, dia juga meloloskan Kolombia ke Piala Dunia 1998 dan Ekuador ke Piala Dunia 2002. (bola/gia)