FOLLOW US:


EDITORIAL: Timnas U-19, Antara Jaket dan Kemenangan

21-09-2013 21:10

 | Evan Dimas

EDITORIAL: Timnas U-19, Antara Jaket dan Kemenangan

Bola.net - Oleh: Fajar Rahman

Timnas Indonesia U-19 selalu meraih hasil positif kalau tak melepas jaket saat photo session sebelum laga. Apakah cuma kebetulan? Bisa jadi, tapi begitulah kenyataannya.

Fakta ringan namun menarik itu ditemukan dalam perjalanan Timnas selama Piala AFF U-19 2013.

Evan Dimas dkk melepas jaket merah berlogo Garuda di dada tersebut sebelum sesi foto tim kala menghadapi Vietnam di pertandingan ketiga Grup B. Hasilnya, Timnas menyerah 1-2.


(Indonesia vs Vietnam © Fajar Rahman)

Padahal, Timnas melumat Brunei 5-0 dan menjinakkan Myanmar 2-1 di dua laga sebelumnya.


(Myanmar vs Indonesia © Fajar Rahman)

Dibeberkan fakta tersebut, pelatih Indra Sjafri enggan memercayainya dan menganggapnya sebagai sebuah klenik. "Saya justru baru tahu hal itu dari Anda. Saya sendiri tidak percaya dengan klenik, karena permainan utama itu di lapangan," tegasnya pada Bola.net.

"Tapi, kalau memang saat foto tim kita pake jaket bisa menang, mungkin ini bisa jadi masukan," ujar Indra sembari tertawa.

Berbeda dengan sang pelatih, Evan Dimas mengaku menyadari hal itu. Namun, ia tetap tak mau tergantung akan mitos atau klenik. "Iya, Mas. Setelah kalah sama Vietnam, saya dan teman-teman sepakat untuk selalu tetap pakai jaket saat foto tim," ujarnya.

Sesuai kata Dimas, setelah itu, Timnas melibas Thailand 3-1, memulangkan Malaysia dengan skor 1-1 sekaligus lolos ke semifinal, lalu melangkah ke partai puncak berkat kemenangan 2-0 atas Timor-Leste di babak empat besar.


(Indonesia vs Thailand © Fajar Rahman)


(Indonesia vs Malaysia © Fajar Rahman)


(Timor Leste vs Indonesia © Fajar Rahman)

Di final, Indonesia akan kembali berhadapan dengan Vietnam.

Evan lalu menambahkan, meskipun melawan Vietnam di partai final besok (22/9) mitos kecil tersebut akan dilakukan, semua tak akan berarti kalau tanpa dukungan dari rakyat Indonesia.

"Sebagus apa pun kami bermain kalau tak ada doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia, kemenangan tak akan datang pada kami. Kami mohon doa dan dukungan sekali lagi," tambah Evan penuh harap.

Semoga berhasil, Garuda Jaya!