Komentar 9 Pelatih Soal Ten Hag, Apa Kata Klopp & Guardiola?

Aga Deta | 22 April 2022 15:42
Pelatih Ajax Amsterdam Erik Ten Hag. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United sudah resmi menunjuk Erik ten Hag sebagai manajer yang baru. Ten Hag bakal menukangi Setan Merah pada musim depan.

Ten Hag menandatangani kontrak tiga tahun atau hingga 2025 di Old Trafford. Dalam klausulnya, terdapat opsi perpanjangan kontrak selama satu tahun.

Pria berusia 52 tahun tersebut punya prestasi yang bagus selama melatih Ajax Amsterdam. Dia berhasil memenangkan dua gelar Eredivisie dan dua trofi KNVB Cup.

Oleh karena itu, tidak sedikit dari rekan sejawatnya yang memberikan komentar positif tentang Ten Hag. Berikut ini sembilan di antaranya.

1 dari 9 halaman

Jurgen Klopp

Manajer Liverpool Jurgen Klopp. (c) AP Photo

Jurgen Klopp menangani Liverpool sejak tahun 2015. Dia masuk menggantikan Brendan Rodgers dan sudah mempersembahkan gelar Premier League serta Liga Champions.

“Erik pantas dianggap sebagai salah satu talenta kepelatihan paling menarik di dunia sepakbola saat ini karena pekerjaannya bersama Ajax,” kata Klopp pada Desember 2020.

“Tentu saja, ini adalah klub yang luar biasa – salah satu nama bintang sepak bola Eropa – tetapi pada saat ini jelas mereka memiliki kepemimpinan organisasi yang luar biasa dan Erik adalah bagian besar dari itu.

“Mereka harus beradaptasi dalam beberapa musim terakhir setelah kehilangan beberapa pemain dari klub rival. Saya ingat dari pengalaman saya sendiri di Dortmund bagaimana rasanya dan tantangannya.

“Cara mereka menghadapinya luar biasa. Fondasi tim tetap solid dan mereka telah merekrut dengan baik. Mereka memiliki identitas yang jelas. Saya suka menonton mereka, harus saya katakan.”

2 dari 9 halaman

Josep Guardiola

Manajer Manchester City Josep Guardiola. (c) AP Photo

Josep Guardiola punya karier yang sangat sukses sebagai pelatih. Dia berhasil memenangkan tiga gelar Premier League selama enam musim menukangi Manchester City.

“Kami berbicara cukup teratur dan dia adalah orang dan manusia yang luar biasa. Saya terkejut melihat betapa rendah hatinya dia,” kata Guardiola pada April 2022 tentang Ten Hag.

“Untuk kualitasnya, lihat saja tim Ajax-nya dalam beberapa tahun terakhir. Sangat menyenangkan untuk menontonnya. Dalam banyak, banyak pertandingan, bukan hanya tahun ketika mereka mencapai semifinal Liga Champions.

“Dalam hal kualitas, lihat saja timnya. Untuk menentukan seorang manajer, perhatikan timnya untuk waktu yang lama. Ini adalah tim, dan manajer ini membuat para pemain bermain.

“Tidak ada keraguan tentang itu. Jika saya 100 persen yakin, saya akan menelepon Manchester United dan berkata, 'Teman-teman, Anda harus membawanya,' tetapi tidak ada yang tahu."

3 dari 9 halaman

Ralf Rangnick

Manajer interim Manchester United Ralf Rangnick. (c) AP Photo

Ralf Rangnick akan menangani Manchester United sampai akhir musim ini. Setelah itu dia akan menyerahkan kursi kepelatihan Setan Merah kepada Erik Ten Hag.

“Saya tidak mengenalnya, sebagai pribadi,” kata Rangnick kepada Sky Sports pada Maret 2022.

“Jelas, saya telah melihat perkembangan di Ajax sejak dia berada di sana, saya tahu sedikit tentang pekerjaannya ketika dia bersama Bayern Munchen dan bahwa dia adalah salah satu pelatih top di Eropa, itu jelas, tetapi ada beberapa pelatih top lainnya.

“Seperti yang saya katakan, kami belum berbicara tentang manajer baru sejauh ini, oleh karena itu, kami juga tidak berbicara tentang dia.”

4 dari 9 halaman

Louis van Gaal

Louis Van Gaal (c) AFP

Louis van Gaal pernah menukangi Manchester United rentang 2014-2016. Pelatih asal Belanda tersebut berhasil memenangkan FA Cup selama waktunya di Old Trafford.

“Saya pikir Erik ten Hag adalah pelatih hebat,” kata manajer Belanda saat ini pada Maret 2022.

“Dan pelatih hebat selalu bagus untuk Manchester United.”

5 dari 9 halaman

Steve McClaren

Steve Mcclaren (c) AFP

Steve McClaren sudah pernah bekerja sama dengan Erik ten Hag. Saat itu dia melatih di Twente dan Ten Hag yang masih muda menjadi asisten pelatihnya di sana.

“Erik sangat disiplin dan orang-orang harus menerima itu dan memiliki etos kerja itu. Secara taktik dia luar biasa," kata McClaren kepada The Telegraph.

“Dia bekerja dengan Pep [Guardiola] di Bayern Munchen dan mengambil filosofinya juga. Mereka memanggilnya 'Mini Pep' di luar sana. Dia siap. Banyak klub top di Jerman dan Inggris yang ingin mendapatkannya.

“Dia membuktikan dia bisa melakukannya di level teratas di Ajax. Dalam hal mengubah permainan, dia tidak ada duanya. Dia melanjutkannya dengan etos kerja itu dan dia adalah pelatih dan manajer yang jauh lebih baik sekarang. Dia berada jauh di depan zamannya. Bahkan di Belanda.”

6 dari 9 halaman

Jaap Stam

Jaap Stam (c) afp

Jaap Stam merupakan mantan bek Manchester United. Dia pernah menangani sejumlah klub seperti Reading, PEC Zwolle, Feyenoord dan FC Cincinnati setelah pensiun sebagai pemain.

"Ten Hag bekerja sangat baik di Ajax. Dia membuat tim menjadi lawan yang sulit bagi semua orang di Eropa dan Belanda,” kata Stam kepada Sky Sports Italy pada Maret 2022.

“Dia sangat bagus dalam menunjukkan kepada para pemain apa yang harus dilakukan dan juga dalam meningkatkan pemain individu. Di Ajax, dia jelas memiliki keuangan untuk mengembangkan tim dengan pemain muda.

“Baginya, Man United akan menjadi hal lain dibandingkan dengan apa yang dia alami di Belanda. Dia harus mengambil langkah maju ini dalam kariernya.”

7 dari 9 halaman

Eric Steele

Eric Steele pernah menjadi pelatih kiper Manchester United. Dia sekarang bekerja untuk FA sebagai pelatih kiper tim junior Inggris.

“Dia sangat teliti, detail yang luar biasa – seperti Pep Guardiola,” kata Steele kepada The Athletic.

“‘Ketika kami kehilangan bola di area ini, inilah yang kami lakukan.’ ‘Beginilah cara memenangkan bola dalam situasi ini.’ Momen-momen spesifik dalam permainan dipetakan. Dia juga melatih para pemainnya kapan harus pergi ke depan dan kapan harus mempertahankan penguasaan bola. Saya menyukai sikapnya.”

8 dari 9 halaman

Rick Kruys

Rick Kruys pernah menjadi asisten Erik Ten Hag semasa melatih di Utrecht.

“Sebuah dunia terbuka untuk saya," kata Kruys kepada The Guardian.

“Apa yang dia lakukan sangat kompleks tetapi juga sangat keren. Saya mulai menonton sepak bola dengan sangat berbeda.”

9 dari 9 halaman

Sjors Ultee

Sjors Ultee juga pernah bekerja sebagai asisten Erik Ten Hag di Utrecht. Dia sekarang menjabat sebagai pelatih klub Belanda Fortuna Sittard.

“Apa yang paling saya pelajari darinya adalah mengomel,” kata Ultee kepada Voetbal International.

“Saya tidak bermaksud negatif: Erik tidak puas dengan satu benar dan satu salah. Juga dengan sembilan kali benar dan satu salah. Erik hanya ingin semuanya benar, 100 kali dari 100. Dan tidak sedikit benar, tapi sangat tepat.”

Sumber: Planet Football

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR