FOLLOW US:


Magis FA Cup Menular Ke Capital One Cup?

29-10-2015 12:08
Magis FA Cup Menular Ke Capital One Cup?
Capital One Cup Trophy © ist

Bola.net - Pada pertengahan pekan ini banyak berita mengejutkan datang dari sepakbola Inggris. Pada pertengahan pekan ini di Inggris sedang diadakan Ronde ke empat atau babak 32 besar Capital One Cup. Yang mengejutkan dari partai keempat Capital One Cup ini adalah tumbangnya sejumlah klub-klub raksasa Inggris pada babak keempat ini.

Manchester United menjadi raksasa Inggris terakhir yang tumbang di ajang Capital One Cup pada Kamis (29/10) dini hari tadi. Sebelum United, Arsenal dan Chelsea juga harus tersingkir dari kompetisi terbesar ketiga di Inggris setelah Premier League dan FA Cup.

Yang membuat kekalahan ini semakin mencengangkan adalah tim-tim raksasa itu dikalahkan oleh tim-tim yang jauh tidak diunggulkan. Sebut saja Sheffield Wednesday yang menumbangkan Arsenal dengan skor telak 3-0 atau Middlesbrough yang mengalahkan Manchester United pada dini hari tadi pada ajang adu penalti.

Tumbangnya para raksasa Premier League di Capital One Cup oleh tim yang berada di bawah mereka ini seakan-akan mereka sedang berada dalam FA Cup. Dalam ajang FA Cup sudah menjadi rahasia umum bahwa tim 'raksasa' belum tentu bisa mengalahkan tim yang kastanya berada jauh di bawahnya. Ada magis tersendiri di FA Cup dimana tim-tim kecil dapat menumbangkan tim-tim yang berkompetisi di Premier League.

Nampaknya tren 'Giant Slayer' di FA Cup ini perlahan-lahan menular ke Capital One Cup. Hal ini terlihat dari catatan Ronde ke Empat Capital One Cup (yang sebelumnya bernama Carling Cup) dalam empat tahun belakangan ini. Di musim 2011/2012, setidaknya ada lima raksasa Premier League yaitu Arsenal, Manchester United, Manchester City, Liverpool dan Chelsea yang dinyatakan lolos ke Ronde Kelima Capital One Cup.

Dari lima raksasa yang lolos ke Ronde kelima pada musim 2011/2012 hanya tersisa Chelsea dan Arsenal yang sanggup lolos ke Ronde kelima pada musim 2012/2013. Lebih Ironisnya lagi tidak ada dari kedua raksasa tersebut yang sampai pada putaran final, dimana Final musim 2012/2013 mempertemukan Swansea City dan Bradford City.

Di musim 2013/2014 dan 2014/2015 catatan tim besar Premier League yang lolos ke babak kelima Capital One Cup pun tidak membaik. Hanya tiga tim besar yang lolos ke babak kelima Capital One Cup, yaitu Manchester City, Manchester United dan Tottenham Hotspurs di musim 2013/2014 serta Chelsea, Liverpool, dan Tottenham Hotspurs di musim 2014/2015.

Di musim ini praktis hanya tersisa Manchester City dan Liverpool yang berstatus sebagai tim raksasa Premier League di ajang Capital One Cup musim ini. Menarik untuk ditunggu apakah tren Giant Slayer ini akan berlanjut di ronde-ronde selanjutnya.