FOLLOW US:


Memphis Depay dan Deretan Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Lyon

21-06-2021 12:40

 | Aga Deta

Memphis Depay dan Deretan Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Lyon
Pemain Belanda Memphis Depay. © AP Photo

Bola.net - Barcelona baru saja kedatangan pemain baru. Pemain yang dimaksud adalah penyerang asal Belanda Memphis Depay.

Depay didatangkan dengan status bebas transfer dari Lyon. Dia diikat kontrak oleh selama dua tahun di Camp Nou.

Penyerang 27 tahun ini menjadi rekrutan keempat Blaugrana di bursa transfer musim panas ini. Barcelona sebelumnya berhasil menuntaskan transfer Eric Garcia Sergio Aguero, dan Emerson Royal.

Depay bukan pemain pertama yang berkostum Lyon dan Barcelona. Sebelumnya beberapa nama juga pernah membela kedua tim Eropa tersebut. Siapa saja? Ini ulasannya.

1 dari 7

Edmilson

Edmilson datang ke Barcelona pada tahun 2004. Pemain asal Brasil itu diboyong dari Lyon dengan harga 8 juta euro.

Edmilson menjadi salah satu pemain penting Barcelona di era Frank Rijkaard. Dia tampil 96 kali selama empat musim di Barcelona.

Karier Edmilson di Barcelona banyak diganggu cedera. Meski begitu, dia ikut memenangkan La Liga, Supercopa de Espana dan Liga Champions di sana.

2 dari 7

Eric Abidal

Eric Abidal
Eric Abidal © AFP

Eric Abidal memperkuat Lyon selama tiga musim. Setelah meraih tiga gelar Ligue 1, Abidal kemudian hijrah ke Barcelona pada tahun 2007 silam.

Abidal punya karier yang cukup sukses bersama Barcelona. Dia berhasil mempersembahkan dua Liga Champions, empat La Liga dan dua Copa del Rey.

Selama berkostum Blaugrana, Abidal tampil dalam 192 laga. Pada 2013, Abidal melanjutkan kariernya di AS Monaco sebelum gantung sepatu pada 2015 bersama Olympiacos.

3 dari 7

Samuel Umtiti

Samuel Umtiti
Samuel Umtiti beraksi pada duel Sevilla vs Barcelona, Copa del Rey 2020/21. © AP Photo

Samuel Umtiti merupakan produk asli akademi Lyon. Dia berhasil menembus tim utama pada 2012 dan menjadi andalan di lini pertahanan.

Barcelona akhirnya memboyong Umtiti pada 2016 dengan harga 25 juta euro. Pemain asal Prancis itu sempat jadi andalan di Camp Nou sebelum diganggu cedera.

Umtiti telah mencatatkan 132 pertandingan untuk Barcelona di semua ajang. Dia juga berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga dan tiga Copa del Rey.

4 dari 7

Miralem Pjanic

Miralem Pjanic
Miralem Pjanic © FCB

Miralem Pjanic sempat memperkuat Lyon selama tiga musim. Setelah itu, dia melanjutkan kariernya di Italia bersama AS Roma dan Juventus.

Setelah meraih empat gelar Serie A bersama Juventus, Pjanic kemudian hijrah ke Barcelona. Pemain asal Bosnia itu bertukar tempat dengan Arthur Melo.

Selama satu musim di Camp Nou, Pjanic mencatatkan 30 penampilan di semua kompetisi untuk Barcelona. Dia juga memenangkan Copa del Rey.

5 dari 7

Sony Anderson

Barcelona memboyong Sonny Anderson dari AS Monaco pada tahun 1997. Striker asal Brasil itu dibeli dengan harga 18 juta euro.

Bersaing dengan Luis Enrique dan Patrick Kluivert, Enrique tidak terlalu bersinar di Camp Nou. Dia tampil dalam 68 laga dengan torehan 21 gol.

Anderson hanya bertahan selama dua tahun di Barcelona. Dia kemudian hijrah ke Lyon dan berhasil membangkitkan kariernya di sana.

6 dari 7

Ludovic Giuly

Ludovic Giuly
Ludovic Giuly © FCB

Lyon merekrut Ludovic Giuly pada saat berusia 18 tahun. Giuly kemudian dengan cepat menjadi idola di Lyon antara 1994–1998.

Setelah bermain untuk AS Monaco, Giuly pindah ke Spanyol dengan bergabung Barcelona. Karier pemain asal Prancis itu semakin melejit di Camp Nou.

Giuly berhasil memenangkan dua gelar La Liga, dia Supercopa de Espana dan Liga Champions bersama Blaugrana. Dia meninggalkan klub pada tahun 2007 setelah mencatatkan 125 penampilan.

7 dari 7

Memphis Depay

Memphis Depay
Pemain Lyon Memphis Depay. © AP Photo

Karier Memphis Depay sempat meredup di Manchester United. Pemain asal Belanda itu kemudian dilepas ke Lyon pada 2017.

Pindah ke Prancis bisa dibilang sangat tepat buat Depay. Pasalnya, Depay mampu menemukan kembali permainan terbaiknya bersama klub Ligue 1 tersebut.

Depay mencetak 76 gol dan 55 assist dari 176 pertandingan bersama Lyon. Setelah kontraknya berakhir, Depay memutuskan untuk bergabung dengan Barcelona.

Sumber: berbagai sumber