FOLLOW US:


Menelusuri Jejak Langkah Luis Aragones

10-10-2017 14:12
Menelusuri Jejak Langkah Luis Aragones
Luis Aragones © AFP

Bola.net - Julen Lopetegui baru saja mencatatkan unbeaten streak yang sebelumnya hanya pernah dicapai oleh Luis Aragones.

Lopetegui tak terkalahkan dalam 14 pertandingan pertamanya sebagai pelatih tim nasional Spanyol. La Furia Roja besutan Lopetegui tak hanya lolos ke Piala Dunia 2018, tapi mereka juga belum tersentuh kekalahan sejak dilatih olehnya.

Lopetegui saat ini sedang menelusuri jejak langkah salah satu entrenador terhebat dalam sejarah persepakbolaan Espana.


Matchday terakhir Grup G kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Selasa (10/10), Spanyol main tandang lawan Israel. Meski sudah memastikan diri lolos otomatis ke Rusia sebagai juara grup di atas Italia, Spanyol tetap memburu kemenangan.

Spanyol menang 1-0. Gol tunggal dicetak oleh Asier Illarramendi di menit 76.

Gol kontra Israel adalah gol perdana Illarramendi untuk La Furia Roja. Gelandang Real Sociedad itu mendapatkannya di penampilan internasional yang kedua. Dia mencetak gol tersebut dengan shot on target alias tembakan tepat sasaran pertamanya.





Spanyol menutup perjalanannya di babak kualifikasi ini dengan 28 poin hasil sembilan kemenangan dan sekali imbang (1-1 vs Italia). Mereka juga mencetak 36 gol, hanya kebobolan tiga, dan tak sekalipun tersentuh kekalahan.

Itu artinya, dalam 14 laga sejak dilatih Lopetegui, Spanyol belum sekalipun terkalahkan. Catatannya adalah 11 kali menang dan tiga kali imbang.

Lopetegui pun menjadi pelatih kedua yang tak terkalahkan dalam 14 laga pertamanya menangani Spanyol, setelah almarhum Aragones (M8 S6).


Aragones melatih Spanyol periode 2004-2008. Legenda Atletico Madrid itu adalah salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki Spanyol.

Spanyol besutan Aragones tidak hanya unbeaten dalam 14 laga pertama, tapi 25 laga. Mereka baru kalah pada pertandingan ke-26, yakni 1-3 melawan Prancis di babak 16 besar Piala Dunia 2006.

Meski gagal di Piala Dunia itu, Aragones tetap dipertahankan. Keputusan tersebut sangat tepat. Itu terbukti dengan keberhasilan Aragones membawa Spanyol juara EURO 2008, mengalahkan Jerman 1-0 di final lewat gol tunggal Fernando Torres.

Itu adalah international honour pertama Spanyol sejak 1964.




Itu merupakan awal dari era-era kejayaan Spanyol di panggung sepakbola dunia. Pasalnya, setelah itu, bersama sang suksesor Vicente del Bosque, Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 dan EURO 2012.

Del Bosque tak terkalahkan dalam 13 laga pertamanya sebagai pelatih Spanyol (M13). Dia mundur setelah Spanyol gagal total di Piala Dunia 2014 dan dikandaskan Italia di babak 16 besar EURO 2016.


Lopetegui, yang merupakan mantan kiper Spanyol dan sebelumnya melatih Porto, ditunjuk sebagai pengganti Del Bosque. Tugas utamanya adalah membawa La Furia Roja ke Piala Dunia 2018.

Pelatih yang saat ini berusia 51 tahun itu sukses mewujudkan target pertama yang dibebankan kepadanya. Selain itu, dia juga unbeaten dalam 14 laga pertamanya.

Performa paling impresif adalah ketika menghajar Italia 3-0 di Santiago Bernabeu dengan Isco sebagai bintang utamanya. Kemenangan itulah yang memuluskan jalan mereka menuju Rusia.

Spanyol di bawah kepelatihan Julen Lopetegui:
Belgia 0-2 Spanyol (Friendly)
Spanyol 8-0 Liechtenstein (Kualifikasi Piala Dunia)
Italia 1-1 Spanyol (Kualifikasi Piala Dunia)
Albania 0-2 Spanyol (Kualifikasi Piala Dunia)
Spanyol 4-0 Makedonia (Kualifikasi Piala Dunia)
Inggris 2-2 Spanyol (Friendly)
Spanyol 4-1 Israel (Kualifikasi Piala Dunia)
Prancis 0-2 Spanyol (Friendly)
Spanyol 2-2 Kolombia (Friendly)
Makedonia 1-2 Spanyol (Kualifikasi Piala Dunia)
Spanyol 3-0 Italia (Kualifikasi Piala Dunia)
Liechtenstein 0-8 Spanyol (Kualifikasi Piala Dunia)
Spanyol 3-0 Albania (Kualifikasi Piala Dunia)
Israel 0-1 Spanyol (Kualifikasi Piala Dunia).


Del Bosque tak terkalahkan dalam 13 laga pertamanya sebagai pelatih Spanyol (M13). Lopetegui telah melewatinya dengan unbeaten 14 laga (M11 S3).

Memang masih jauh bagi Lopetegui untuk mengejar catatan 25 laga tak terkalahkan milik Aragones. Namun dia sudah berada di jalur yang tepat.

Dia hanya perlu terus menelusuri jejak langkah sang legenda, setapak demi setapak. (bola/gia)