FOLLOW US:


Pekan Halloween dan Kartu Merah Premiership

02-11-2009 17:21

 | Jamie Carragher

Jamie Carragher, ketika mendapat kartu merah dari wasit Lee Mason. (c)AP
Jamie Carragher, ketika mendapat kartu merah dari wasit Lee Mason. (c)AP

Bola.net - Oleh : Zulfikar Aleksandri

Akhir Oktober dikenal sebagai halloween, sebuah perayaan budaya barat yang identik dengan kostum menyeramkan, setan, dan hantu. Hal-hal "menyeramkan" itu juga menular ke Liga Primer Inggris, khususnya pada pekan kesebelas, ketika sembilan pemain diusir wasit dari lapangan menyusul sembilan kartu merah akhir pekan lalu.

Liverpool menjadi tim yang menerima kartu merah terbanyak dalam satu pertandingan ketika wasit Lee Mason mengeluarkan kartu merah untuk Jamie Carragher dan Philipp Degen ketika The Reds tumbang 1-3 di markas Fulham, kekalahan kelima mereka musim ini.

Bek Bolton Wanderes, Jlloyd Samuel, menjadi pemain pertama yang mendapat kartu merah pekan lalu ketika untuk kedua kalinya dalam sepekan, The Trotters kalah 0-4 dari Chelsea.

Pemain kedua yang mendapat kartu merah adalah Kenwyne Jones. Striker Sunderland itu melakukan perbuatan konyol dengan mencekik bek West Ham, Herita Ilunga, ketika keduanya bersitegang pada laga yang berakhir imbang 2-2. Radislav Kovac menyusul diusir wasit Andre Marriner akibat insiden tersebut.

Manajer Aston Villa, Martin O'Neill, tampak tidak puas ketika wasit Lee Probert memberi kartu merah bek asal Spanyol, Carlos Cuellar. Pada pertandingan di Goodison Park yang berakhir imbang 1-1 itu, gelandang Everton asal Rusia, Diniyar Bilyaletdinov, menerima kartu merah pertamanya di Inggris.

Gelandang Hull City asal Brazil, Geovanni, menambah panjang penderitaan Hull City dan tekanan pada manajer Phil Brown menyusul kartu merahnya ketika The Tigers kalah 0-2 dari tim promosi Burnley.

Mantan kapten timnas Skotlandia, Barry Ferguson, menjadi pemain terakhir yang mengoleksi kartu merah akhir pekan lalu ketika Birmingham City bermain imbang tanpa gol dengan Manchester City.

Uniknya, banjir kartu merah tidak hanya terjadi di kasta tertinggi Liga Inggris. Di tetangga mereka, Liga Primer Skotlandia, empat kartu merah dikeluarkan wasit pada perayaan halloween tahun ini.

Total, ada 19 kartu merah di semua divisi kompetisi profesional Inggris dan Skotlandia akhir pekan lalu, sebuah rekor baru yang menambah "semarak" pesta halloween di sepak bola Britania Raya. Mungkin, orang Inggris perlu menambah satu agenda baru selain Boxing Day di kalender kompetisi mereka mulai musim depan.