FOLLOW US:


Sayap-sayap Perkasa Setan Merah

13-09-2017 16:00
Sayap-sayap Perkasa Setan Merah
Ashley Young - Daley Blind © ist

Bola.net - Kembali ke Liga Champions setelah musim lalu absen, Manchester United langsung tancap gas dari garis start. Setan Merah menghajar Basel tiga gol tanpa balas di Old Trafford pada laga pertama mereka. Ketiga golnya sama-sama tercipta lewat permainan cemerlang di sektor sayap.

Ashley Young sebagai bek sayap kanan dan Daley Blind di pos bek sayap kiri bermain hebat. Masing-masing satu assist mereka sumbangkan.

Pasukan Jose Mourinho sukses mengawali kiprah dengan raihan poin maksimal, salah satunya berkat serangan sayap mereka yang perkasa. Kehilangan Paul Pogba yang cedera di menit 19 pun tak berdampak negatif bagi kubu tuan rumah.

United menjamu Basel di matchday pembuka Grup A Liga Champions 2017/18, Rabu (13/9). United menang 3-0 lewat gol-gol pemain pengganti Marouane Fellaini menit 35, Romelu Lukaku menit 53, dan substitute lainnya - Marcus Rashford menit 84.

Bagi Lukaku dan Rashford, partai melawan Basel ini adalah penampilan perdana mereka di panggung Liga Champions. Keduanya langsung mencetak masing-masing satu gol.

Fellaini juga mencetak gol pertama di kompetisi ini, dalam penampilannya yang ke-11.


DOMINAN DARI SAYAP
Serangan United lebih dominan dari sayap, tertutama sayap kanan. Sebanyak 48% serangan tuan rumah terpusat di sektor ini.

United dan Basel sama-sama melepaskan 18 crossing. Namun untuk urusan umpan silang ini, United lebih efektif. Tiga dari 18 crossing mereka beujung pada tiga gol ke gawang lawan.


Young, dalam penampilan pertamanya musim ini, langsung berkontribusi memberi assist. Operan silangnya dari sayap kanan dikonversi jadi gol pembuka oleh Fellaini, 16 menit setelah masuk menggantikan Pogba.



Setelah itu, giliran Blind yang melepas crossing dari kiri dan dimaksimalkan oleh Lukaku menjadi gol kedua. Sama seperti Fellaini, sang kompatriot asal Belgia juga menyarangkannya dengan sundulan.



Fellaini membuktikan bahwa dia adalah pemain penting bagi United. Lewat sebuah serangan dari sisi kanan, Fellaini melepas deflected pass yang dituntaskan oleh Rashford menjadi gol yang menegaskan kemenangan 3-0 Setan Merah.



100 UNTUK BELGIA
Fellaini mencetak gol pertamanya dalam 11 penampilan di Liga Champions. Gol itu juga punya makna spesial lainnya.

Gol Fellaini tersebut tercatat sebagai gol ke-100 oleh pemain asal Belgia di Liga Champions. Ini tak termasuk own goal.



FELLAINI MAN OF THE MATCH
Setelah laga, seperti dilansir manutd.com, Mourinho berkomentar: "Pendapat saya tentang Fellaini tetap sama. Dia pemain dengan kualitas spesial dan dia memberi kami beragam areas of action."

"Dia adalah salah satu pemain terpenting saya."


LUKAKU, 6 DARI 6
Lukaku baru bergabung dengan United dari Everton musim panas ini. Striker 24 tahun Belgia itu langsung menunjukkan kehebatannya.

Dengan gol Liga Champions perdananya ini, berarti Lukaku sudah mencetak enam gol dalam enam penampilan pertamanya untuk United.


Satu gol dicetak Lukaku saat United kalah 1-2 melawan Real Madrid di Piala Super Eropa. Empat gol dicetaknya di Premier League melawan West Ham (2), Swansea dan Stoke City. Kali ini, Lukaku menjebol gawang Basel.

"Saya sangat menikmatinya. Saya rasa, kami masih bisa lebih baik lagi sebagai satu tim. Manajer juga berkata demikian. Namun ini adalah hasil yang bagus dan saya sangat senang sudah bisa melakoni debut di Liga Champions," tutur Lukaku seperti dilansir UEFA.com.

SPESIALIS GOL DEBUT BERNAMA RASHFORD
United punya satu spesialis gol debut di skuat mereka. Pemain yang dimaksud adalah penyerang 19 tahun Inggris, Marcus Rashford.

Dengan gol kontra Basel, berarti Rashford telah mencetak gol dalam debutnya di Premier League, Liga Europa, EFL Cup dan Liga Champions untuk United. Dia juga mencetak gol dalam debutnya bersama timnas Inggris.


Gol-gol debut Marcus Rashford:
Premier League: United 3-2 Arsenal (Februari 2016)
Liga Europa: United 5-1 Midtjylland (Februari 2016)
EFL Cup: Northampton Town 1-3 United (September 2016)
Liga Champions: United 3-0 Basel (September 2017).

Rashford juga menjadi remaja Inggris ke-4 yang mencetak gol untuk United di Liga Champions. Tiga 'remaja' sebelumnya adalah David Beckham, Wayne Rooney dan Phil Jones.


START KEMENANGAN SETAN MERAH

United berada satu grup dengan Basel, Benfica dan CSKA Moscow. United dan CSKA sama-sama meraih kemenenagan di laga pertama mereka.

Saat United memukul Basel 3-0 di Old Trafford, CSKA menang 2-1 di markas Benfica.

Untuk sementara, United memimpin klasemen dengan keunggulan selisih gol atas CSKA.

"Kami tahu seperti apa Liga Champions itu. Kami harus langsung meraih poin dari awal. Kami siap untuk melakukannya. Kami ingin mencetak gol cepat, dan kami mendapatkannya," kata Young.


Pada matchday selanjutnya, 27 September mendatang, United akan tandang ke Rusia untuk menghadapi CSKA, dan Basel menjamu Benfica.

Start ideal sudah didapatkan United berkat sayap-sayap mereka yang perkasa. Setan Merah sebaiknya bersiap untuk tantangan mereka berikutnya. (bola/gia)