FOLLOW US:


3 Fakta Menarik Jelang Final Sepak Bola PON 2021 Papua Vs Aceh

12-10-2021 19:02

 | Serafin Unus Pasi

3 Fakta Menarik Jelang Final Sepak Bola PON 2021 Papua Vs Aceh
Bomber Jatim, Muhammad Faisol Yunus (kanan) berebut bola dengan defender Jateng, Faozan Musanef dalam laga penyisihan cabor sepakbola grup B PON XX/2021 Papua. © PB PON PAPUA XX

Bola.net - Perebutan medali emas cabang olahraga (cabor) sepak bola PON Papua 2021 menghadirkan final yang menjanjikan keseruan. Partai puncak akan mempertemukan tuan rumah, Papua melawan Aceh.

Pertandingan final nanti sangat dinanti karena gengsi sepak bola di PON begitu tinggi. Stadion Mandala, Jayapura, diyakini akan penuh pada Kamis (14/10/2021).

Cabor sepak bola PON 2021 sudah dimulai sejak akhir September lalu, dengan menyajikan pertandingan babak penyisihan grup. Kemudian bertahap ke babak enam besar, lalu semifinal.

Hasilnya, Papua dan Aceh menjadi dua tim yang bakal bertemu di final. Pada babak semifinal, Papua mengalahkan Kalimantan Timur dengan skor 5-1, sementara Aceh menyingkirkan Jawa Timur dengan skor 2-1.

Final antara Papua versus Aceh ini menyajikan beberapa fakta menarik. Apa saja? Berikut setidaknya tiga fakta menarik tersebut.

1 dari 3

1. Ulangan Final PON 1993

Saat PON 1993, Aceh dan Papua berjumpa dalam partai final yang berlangsung di Stadion Senayan, Jakarta, pada 19 September 1993. Ketika itu, Papua menang dengan skor 6-3.

Aceh yang mendapatkan lebih banyak dukungan dalam pertandingan tersebut, ternyata malah menelan kekalahan. Bahkan sampai kebobolan sebanyak enam gol.

Salah satu gol Papua yang dulu masih bernama Irian Jaya dicetak David Saidui dengan proses yang terbilang unik. Ketika itu, David yang tinggal berhadapan dengan gawang kosong, lalu menghentikan bola di garis gawang, kemudian disenggolnya memakai bagian tubuh bagian belakang dan gol.

2 dari 3

2. Dua Maestro Gelandang Bertemu

Final sepak bola PON 2021 ini menjadi pertemuan antara dua maestro gelandang di Indonesia. Mereka adalah Eduard Ivakdalam dan Fakhri Husaini.

Edu dan Fakhri ketika masih menjadi pemain begitu dihormati, baik oleh rekan satu tim maupun lawan. Posisi keduanya juga sama yaitu gelandang. Keduanya pun beberapa kali berada dalam satu skuad di Timnas Indonesia.

Oleh karena itu, menjadi tontonan yang layak ditunggu ketika Edu dan Fakhri bertemu sebagai pelatih. Mereka bakal adu pintar dalam meracik strategi demi mendapatkan medali emas.

3 dari 3

3. Bertemunya Ujung Barat dan Timur

Lagu nasional berjudul dari Sabang sampai Merauke menjadi kenyataan di final sepak bola PON 2021. Sabang yang merupakan kawasan paling barat Indonesia ada di Provinsi Aceh, sedangkan Merauke, daerah paling timur Indonesia terletak di Papua.

Gaya sepak bola Aceh dan Papua yang khas bakal bertemu di lapangan. Tim Aceh yang penuh semangat dan agresif bakal menghadapi Papua yang kaya teknik.

Hal itu yang membuat final sepak bola PON 2021 menjadi istimewa. Masyarakat kedua provinsi pasti tidak sabar menantikan final hari Kamis nanti.

(Bola.net/Fitri Apriani)