FOLLOW US:


5 Pemain Persebaya Paling Dipercaya Aji Santoso pada Seri Pertama BRI Liga 1

12-10-2021 21:11

 | Serafin Unus Pasi

5 Pemain Persebaya Paling Dipercaya Aji Santoso pada Seri Pertama BRI Liga 1
Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022 © Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Persebaya Surabaya kerap kehilangan sejumlah pemain pada seri pertama BRI Liga 1 2021/2022. Ada pemain yang terganjal regulasi, cedera, hingga dipanggil Timnas Indonesia.

Empat pemain asing sempat menemui kendala pada partai pertama karena tidak memenuhi persyaratan vaksinasi. Sementara Satria Tama sudah harus absen sejak masa persiapan.

Sedangkan pada laga terakhir seri pertama, Persebaya langsung kehilangan empat pemain karena dipanggil timnas Indonesia. Mereka adalah Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Rizky Ridho dan Ernando Sutaryadi.

Seiring absennya sejumlah pemain pada beberapa laga di seri pertama, ada pemain yang kerap mendapat kepercayaan dari Aji Santoso. Mereka mencatatkan menit bermain tertinggi.

Berikut 5 pemain Persebaya yang paling banyak dimainkan oleh Aji Santoso. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5

Taisei Marukawa

Taisei Marukawa
Pemain Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa (kiri) berusaha mencetak gol pertama timnya saat laga pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022 antara PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya di Stadion Wibawa Mukti,

Sejak bisa dimainkan pada pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022, Taisei Marukawa selalu menjadi andalan Persebaya. Dia tak pernah absen hingga laga pemungkas seri pertama.

Taisei Marukawa tampil selama 436 menit bersama tim Kota Pahlawan. Dia juga selalu menjadi starter dan tiga kali bermain penuh selama 90 menit.

Dari 5 kali penampilannya, Taisei juga mampu menyumbang dua gol untuk Persebaya. yakni ketika tim Kota Pahlawan menang 3-1 atas PSS Sleman pada pekan kelima.

2 dari 5

Rachmat Irianto

Rachmat Irianto
Pemain Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto dan M. Syaifudin © Muhammad Iqbal Ichsan

Pemain yang selalu mendapat kepercayaan dari Aji Santoso adalah Rachmat Irianto. Anak kandung legenda Persebaya, Bejo Sugiantoro tersebut tampil selama 437 menit.

Rachmat Irianto juga selalu dipilih dalam starting eleven Persebaya. Dia hanya absen satu kali sepanjang seri pertama karena harus bergabung dengan Timnas Indonesia.

Meski penampilannya menuai kritik, statistiknya di lini pertahanan cukup mentereng. Dia mencatatkan 11 sapuan, 23 intersep, dan 16 tekel sukses dari 5 pertandingan.

3 dari 5

Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya
Aksi Ricky Kambuaya di laga Taiwan vs Indonesia di leg kedua playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam WIB. © Dok. PSSI

Gelandang asal Sorong, Ricky Kambuaya menjadi pemain ketiga dengan menit bermain tertinggi di Persebaya. Dia tampil 5 kali dan mencatatkan menit bermain selama 446 menit.

Sama dengan Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya juga harus absen pada partai pemungkas seri pertama BRI Liga 1 2021/2022 karena dipanggil timnas Indonesia. Dia menjadi salah satu andalan Shin Tae-yong di Thailand.

Ricky Kambuaya juga mampu memberikan kontribusi untuk Persebaya. Dia mencetak 3 gol dari 5 penampilannya bersama tim Kota Pahlawan.

4 dari 5

Ernando Ari Sutaryadi

Ernando Ari Sutaryadi
Kiper Persebaya, Ernando Ari Sutaryadi saat melawan Borneo FC pada pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (04/09/2021) © Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Cedera yang menimpa Satria Tama membuat Ernando Sutaryadi menjadi pilihan utama di sektor penjaga gawang Persebaya. Dia tidak tergantikan hingga pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022.

Ernando harus absen pada laga melawan PSIS Semarang karena harus membela timnas Indonesia. Dia dibawa ke Thailand bersama Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto dan Rizky Ridho.

Meski belum mencetak clean sheet, tapi penampilannya cukup menjanjikan. Dia melakukan 14 kali penyelamatan dan masuk dalam daftar top saves BRI Liga 1 2021/2022.

5 dari 5

Arif Satria

Arif Satria
Arif Satria © Bola.com/Aditya Wany

Pemain degan menit bermain tertinggi pertama dalam skuad Persebaya adalah Arif Satria. Dia juga selalu diturunkan sepanjang seri pertama BRI Liga 1 2021/2022.

Arif Satria tampil selama 475 menit dan hanya satu kali berangkat dari bangku cadangan ketika Persebaya menghadapi Borneo FC. Sisanya, dia selalu menjadi starter dan tampil penuh.

Sepanjang penampilannya pada seri pertama, Arif Satria mencatatkan 10 sapuan, 13 intersep dan 5 tekel sukses. Dia melakukan 183 umpan dengan akurasi mencapai 88 persen.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)