FOLLOW US:


5 Pemain Persib yang Harus Hengkang untuk Menyelamatkan Karier

21-07-2021 21:26

 | Serafin Unus Pasi

5 Pemain Persib yang Harus Hengkang untuk Menyelamatkan Karier
Persib Bandung di Piala Menpora 2021 © Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Persib Bandung dikenal sebagai tim yang tak pernah kehabisan stok pemain. Sebab, kesebelasan asal Kota Kembang itu punya Diklat Persib yang siap memasok pemain.

Namun, Persib juga tidak menutup mata dengan perekrutan pemain dari luar binaan sendiri. Itu karena, kebutuhan materi pemain ada di tangan pelatih.

Bila pelatih tak sreg dengan pemain yang tersedia, maka Persib mencari rekrutan lain. Atau bisa juga pemain dari diklat sudah masuk tim senior, tetapi tidak mendapatkan menit bermain yang signifikan.

Bila itu yang terjadi, biasanya para pemain jebolan diklat akan mencari tempat lain. Persib juga tidak segan untuk mengirim mereka ke klub pesaing demi menambah jam terbang.

Lantas, siapa saja pemain yang sudah memperkuat Persib, tetapi harus pergi demi mendapatkan menit bermain yang signifikan? Berikut setidaknya lima pesepakbola yang harus hengkang dari Maung Bandung untuk mencari tantangan baru.

1 dari 5

1. Gian Zola

1. Gian Zola
Gian Zola © Bola.com/Erwin Snaz

Pesepakbola bernama lengkap Gian Zola Nasrulloh Nugraha ini diikat Persib dengan kontrak jangka panjang. Namun, ia sering kalah bersaing dengan pemain asing atau rekrutan luar Bandung.

Solusinya, Persib meminjamkan kakak dari Beckham Putra Nugraha ini ke Persela Lamongan. Itu terjadi pada kompetisi musim 2018.

Musim ini, tampaknya Gian Zola juga akan dipinjamkan lagi karena stok lini tengah Persib sudah berlebih. Terutama setelah masuknya Marc Anthony Klok, pemain naturalisasi dari Belanda.

2 dari 5

2. Henhen Herdiana

2. Henhen Herdiana
Henhen Herdiana © Fitri Apriani

Persaingan di posisi bek sayap Persib memang ketat. Hal itu membuat Henhen Herdiana seharusnya bersikap realistis.

Itu karena, Henhen Herdiana mulai jarang dapat tempat utama. Oleh sebab itu, pindah ke klub lain bisa menjadi solusi demi menyelamatkan kariernya.

Namun sejauh ini, Henhen Herdiana belum tergoda meninggalkan Persib. Pesepakbola berusia 25 tahun ini masih setia di Maung Bandung meski menit bermainnya kurang, dan ia terus bertekad untuk bersaing mendapatkan tempat utama.

3 dari 5

3. Erwin Ramdani

3. Erwin Ramdani
Erwin Ramdani © Bola.com/Erwin Snaz

Pemain sayap satu ini pada Mei 2021 memperpanjang kontrak di Persib. Padahal, ia sadar persaingan mendapatkan tempat reguler dalam skuad utama Maung Bandung begitu berat.

Apalagi, posisi bermain Erwin Ramdani sama dengan misalnya Febri Hariyadi dan Frets Listanto Butuan. Hal itu membuat peluangnya untuk mendapatkan menit bermain yang kontinu relatif berat.

Wajar bila publik memandang Erwin Ramdani seharusnya hengkang dari Persib. Dengan begitu, kemampuan bermain dan tenaga mantan pemain PS TNI itu tak sia-sia.

4 dari 5

4. Aqil Savik

4. Aqil Savik
Aqil Savik © Bola.com

Pesepakbola yang berposisi sebagai kiper ini sudah dipercaya pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ke skuad senior. Namun di Persib, Muchamad Aqil Savik bukan pilihan utama.

Masih ada I Made Wirawan yang terus konsisten di bawah mistar Maung Bandung kendati sudah uzur. Kemudian juga ada Teja Paku Alam dan Muhammad Natshir.

5 dari 5

5. Abdul Aziz

5. Abdul Aziz
Abdul Aziz Lutfi Akbar, gelandang Persib. © Bola.com/Erwin Snaz

Lahir dan besar di Kota Bandung membuat Abdul Aziz Lutfi Akbar sulit meninggalkan Persib. Padahal sebelumnya, ia pernah bermain di Persiba Balikpapan (2016-2017), Borneo FC (2017), hingga PSMS Medan (2018).

Tapi sejak direkrut Persib pada 2019, Abdul Aziz seolah enggan berpaling. Menurutnya, kesempatan untuk membela panji-panji Maung Bandung lebih berharga.

Walaupun, ia menyadari sepenuhnya jika persaingan untuk mendapatkan status pemain inti begitu sengit. Jadi, pindah ke klub lain yang lebih membutuhkan tenaganya bisa menjadi pilihan bijak.

(Bola.net/Fitri Apriani)