FOLLOW US:


Ada Marquee Player Tidak Terkenal di Liga 1, Ini Kata Operator

21-07-2017 07:33
Ada Marquee Player Tidak Terkenal di Liga 1, Ini Kata Operator
Juan Pablo Pino, salah satu contoh marquee player yang namanya kurang terkenal © ist

Bola.net - Sejumlah Marquee Player yang datang ke Tanah Air namanya masih asing terdengar di telinga pecinta sepakbola Indonesia. Menurut Risha Adi Wijaya selaku CEO PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), hal itu tidak masalah selama mereka memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Musim ini, PT LIB selaku operator membuka pintu agar ada pemain berstatus Marquee Player untuk memperkuat tim-tim di Liga 1. Pemain berlaber bintang itu didatangkan dengan tujuan komersil sekaligus agar bisa mengangkat pamor tim-tim dan kompetisi.

Nama Liga 1 memang terangkat dengan hadirnya Marquee Player seperti Peter Odemwingie di Madura United FC dan Michael Essien di Persib Bandung. Lalu, ada pula nama Mohamed Sissoko di Mitra Kukar dan Didier Zokora di Semen Padang.

Namun, ada pula yang namanya kurang beken atau malah masih asing. Sebut saja Willem jan Pluim di PSM Makassar, Nick van der Velden di Bali United atau Juan Pablo Pino di Arema FC.

"Memang kan aturannya sudah jelas bahwa Marquee Player adalah pemain-pemain yang pernah bermain di Piala Dunia ataupun di liga-liga yang sudah kita tentukan. Ada delapan kriteria, termasuk juga yang terdaftar pun dia bisa dianggap Marquee Player," ujar Risha kepada Bola.net.

"Namun mungkin yang terdaftar-terdaftar itu tidak dikenal oleh masyarakat luas, tapi mereka berhak menjadi pemain Marquee Player di klub yang meng-hire mereka. Jadi itu wajar-wajar saja, nah karena aturannya kita buat seperti itu," sambungnya.

Risha menambahkan, hadirnya para pemain Marquee Player yang tidak terkenal itu memang tidak memberikan efek komersil seperti yang diharapkan PT LIB. Namun, hal itu bisa tertutupi oleh hadirnya para Marquee Player lain yang jauh lebih terkenal.

"Harapan kita dengan adanya Marquee Player kan gini, tidak semua Marquee Player tidak dikenal, pasti ada beberapa Marquee Player yang dikenal. Dengan adanya beberapa Marquee Player yang dikenal itu pasti akan mendongkrak nilai kompetisi kita," tandasnya.