FOLLOW US:


Efek Komersial Marquee Player di Liga 1 Belum Sesuai Harapan Operator

21-07-2017 07:07
Efek Komersial Marquee Player di Liga 1 Belum Sesuai Harapan Operator
Risha Adi Widjaya (kanan) © Fitri Apriani

Bola.net - Hadirnya Marquee Player di kompetisi Liga 1 belum bisa memberikan efek komersial yang diharapkan oleh PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator. Hal tersebut dikonfirmasikan oleh CEO PT LIB, Risha Adi Wijaya.

Musim ini, PT LIB membuka keran bagi tim-tim peserta Liga 1 untuk memakai jasa empat pemain asing, plus satu Marquee Player. Harapannya tentu agar pamor Liga 1 terangkat, dan ada alasan komersil pula di baliknya.

Risha mengatakan, efek yang diharapkan dari para Marquee Player itu memang belum sesuai ekspektasi. Namun setidaknya, hadirnya para pemain berlabel bintang tersebut sudah menunjukkan dampak yang positif di sektor lain.

"Jadi begini, penggunaan Marquee Player apabila dilihat dari komersial memang belum terlihat sampai saat ini. Tapi dari segi exposure, dan pemberitaan itu sudah sangat luat biasa karena kita bisa lihat bagaimana media-media asing memberitakan tentang suatu klub di Indonesia, tentang pemain-pemain yang diambil di Indonesia yang notabenenya merupakan mantan pemain papan atas di liga dunia," ujar Risha kepada Bola.net.

Menurut Risha, wajar saja apabila efek tersebut belum terlihat hingga saat ini. Sebab, hal tersebut membutuhkan proses yang tidak sebentar.

"Kalau dari komersial kita lihat nanti. Kita akan memvaluekan kembali untuk season 2018. Kalau sekarang kan kita sedang membangun," katanya.

"Yang berjalan pertama untuk membangun itu adalah sisi exposurenya, sisi euforianya, dan sisi medianya. Nah kalau itu sudah berkembang jauh lebih besar, otomatis sisi komersialnya akan ikut karena jaringannya lebih luas, dan pressurenya lebih tinggi," tandasnya.