FOLLOW US:


Arema FC Nilai Jadwal Musim 2018 Rentan Dipaksakan

07-03-2018 00:48
Arema FC Nilai Jadwal Musim 2018 Rentan Dipaksakan
Arema FC © Arema FC Official

Bola.net - Arema FC menilai jadwal kompetisi musim 2018 bakal tak berlangsung ideal. Pasalnya, dengan pertandingan yang sangat padat dan banyaknya waktu libur, menurut klub berlogo singa mengepal ini, bakal banyak jadwal yang dipaksakan.

"Akhirnya lagi-lagi pasti akan ada yang dipaksakan," ujar Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

"Risikonya, mau nggak mau, pasti akan molor," tuturnya.

Menurut Sudarmaji, ada dua risiko yang harus dihadapi jika jadwal dipaksakan. Pertama, jadwal pertandingan bakal terlalu mepet.

"Hal ini berisiko pada kebugaran pemain, terutama terkait dengan risiko cedera," tutur Sudarmaji.

"Namun, jika molor, klub yang akan menanggung, terutama pada aspek finansial. Dan ini harus dibicarakan lagi," ia menambahkan.

Sebelumnya, kendati kompetisi belum lagi menemukan kejelasan kapan akan dimulainya, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono sudah memberi ancar-ancar bahwa liga akan berakhir pada Oktober 2018. Pasalnya, pada November, Timnas Indonesia akan bertarung pada ajang Piala AFF.

Selain itu, kompetisi kemungkinan bakal libur pada medio Agustus sampai awal September mendatang. Pasalnya, Indonesia menjadi tuan rumah gelaran Asian Games 2018.

Lebih lanjut, Sudarmaji berharap operator bisa menyusun jadwal dengan cerdas, untuk mengeliminasi potensi risiko. Mereka berharap dalam menyusun jadwal, operator bisa mempertimbangkan aspek kebugaran, finansial, dan kejenuhan.

"Satu hal lagi yang perlu dipikirkan adalah aspek animo. Tahun ini adalah tahun sepakbola. Ada banyak agenda sepakbola, termasuk Piala Dunia. Jangan sampai animo suporter berkurang karena psikologis mereka selalu dapat informasi bahwa kompetisi tertunda terus," tandas pria berusia 42 tahun tersebut.