FOLLOW US:


Asnawi Mangkualam Mulai Atasi Kendala Bahasa di Korea Selatan

04-05-2021 21:33

 | Serafin Unus Pasi

Asnawi Mangkualam Mulai Atasi Kendala Bahasa di Korea Selatan
Asnawi Mangkualam saat bergabung dengan Ansan Greeners © Ist/Dok Pribadi Gabriel Budi Liminto

Bola.net - Kendala bahasa yang sempat dialami Asnawi Mangkualam di Korea Selatan sudah mulai teratasi. Sebab, ada penerjemah yang membantunya ketika latihan bersama tim K-League 2, Ansan Greeners.

Tak hanya itu, Asnawi juga belajar bahasa Korea Selatan. Tapi, apa yang ia pelajari masih dasar.

"Soal bahasa sekarang sudah aman. Setiap latihan ada penerjemah dari bahasa Korea ke Indonesia. Saya di sini juga sambil belajar bahasa Korea," ujar Asnawi, saat bincang-bincang virtual dengan wartawan, Selasa (4/5/2021).

"Teman-teman di sini juga ada yang bisa bahasa Inggris. Jadi tentunya dibantu oleh teman-teman juga di sini," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Bahas Sepak Bola Sama

Asnawi menambahkan, bahasa sepak bola di Korea Selatan maupun Indonesia tidaklah berbeda. Oleh sebab itu, tak sulit baginya untuk mengerti apa yang disampaikan pelatih.

"Right-left, one-two, passing. Bahasa sepak bola hampir sama pakai bahasa Inggris. Crossing, throw in pakai bahasa Inggris," tuturnya.

"Tapi saya tetap masih belajar kata-kata hangeul. Baru hafalin sih, masih belum tahu juga artinya apa," imbuh Asnawi.

Adapun, Asnawi didatangkan Ansan Greeners sejak awal 2021. Pemain yang bisa beroperasi sebagai bek kanan maupun gelandang ini dikontrak selama satu tahun.

(Bola.net/Fitri Apriani)