Belum Ada Nama AHHA PS Pati FC di Liga 2 2021, Ini Penjelasan PT LIB

Serafin Unus Pasi | 17 September 2021 19:34
Uji coba Persija Jakarta melawan AHHA PS Pati FC (c) Dok. Persija Jakarta

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mengumumkan pembagian grup babak penyisihan Liga 2 2021 dalam Managers Meeting yang berlangsung Kamis (16/9). Namun dalam bagan grup dan pesertanya, tidak terdapat nama AHHA PS Pati FC.

Klub yang dimiliki oleh Atta Halilintar dan Putra Siregar itu masih tercatat dengan nama Putra Safin Grup atau PSG. Mereka ditempatkan di Grup C bersama Persis Solo, PSCS Cilacap, Persijap Jepara, PSIM Yogyakarta, dan Hizbul Wathan FC.

Selain AHHA PS Pati, klub Liga 2 lainnya yaitu Dewa United juga masih menyandang nama lamanya, yaitu Martapura Dewa United. Terkait hal ini, LIB punya penjelasannya.

"Kami melihat dua klub ini, dari registrasinya masih dengan nama tersebut. Tentunya, jika memakai nama lain, kami akan coba koordinasi dan diskusi dengan PSSI sebagai regulator," ujar Direktur Utama (Dirut) LIB, Akhmad Hadian Lukita, saat sesi jumpa pers virtual.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Perubahan Nama Harus Lewat Kongres PSSI

Lukita menuturkan, perubahan nama klub hanya bisa disahkan melalui Kongres Tahunan PSSI. Hal itu dilakukan oleh Raffi Ahmad saat mengajukan nama RANS Cilegon FC pada Kongres Tahunan PSSI yang digelar Mei lalu.

Namun, Lukita mengaku akan mencoba berkomunikasi dengan PSSI. Dari koordinasi itu diharapkan ada solusi terbaik untuk semua pihak.

"Kami akan coba diskusikan dan koordinasi dengan PSSI bagaimana kalau ada permintaan dari klub, misalnya untuk komersial dengan memakai nama yang lain," kata Lukita.

2 dari 2 halaman

Format dan Pelaksanaan Liga 2

Liga 2 musim ini akan dimulai pada 26 September dan berakhir 19 Desember 2021. Sebanyak 24 tim dibagi ke dalam empat grup.

LIB akan menggelar babak penyisihan grup dengan sistem double round robin. Artinya, setiap tim akan bertanding sepuluh kali di babak penyisihan yang berlangsung dua putaran.

"Nantinya, tiga tim terbaik dari Liga 2 akan promosi ke Liga 1 musim depan. Tiga klub tersebut diambil dari juara, runner-up, dan peringkat ketiga," imbuh Direktur Operasional LIB, Sudjarno.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR