FOLLOW US:


Bolak-balik Timnas dan Klub, Hanif Sjahbandi Tak Kesulitan Beradaptasi

24-06-2019 00:55

 | Ari Prayoga

Bolak-balik Timnas dan Klub, Hanif Sjahbandi Tak Kesulitan Beradaptasi
Hanif Sjahbandi © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Hanif Sjahbandi angkat bicara soal proses adaptasinya ketika harus bolak-balik dari Timnas Indonesia U-23 ke klub. Gelandang Arema FC ini mengaku sama sekali tak kesulitan beradaptasi ketika harus bermain di tim nasional dan klub.

"Nggak ada kesulitan harus beradaptasi antara bermain di timnas dan klub," kata Hanif.

"Saya sudah menjalani hal macam ini sejak dua tahun lalu. Saya bolak-balik antara timnas dan klub," sambungnya.

Menurut Hanif, sejatinya, proses adaptasi dari timnas ke klub -dan sebaliknya- tak mudah. Namun, ia mengaku sudah menemukan cara sendiri agar proses ini tak sulit.

"Ya karena sudah terbiasa jadi nggak sulit," tuturnya.

Hanif Sjahbandi sendiri, sejak memperkuat Arema pada dua musim lalu, bisa jadi menjadi pemain yang paling sibuk di klub tersebut. Pemain berusia 22 tahun ini kerap bolak-balik dari klub ke tim nasional.

Terakhir, Hanif memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada ajang Merlion Cup 2019. Pada turnamen yang dihelat di Singapura ini, ia sukses membantu Skuat Garuda Muda -julukan Timnas Indonesia U-23 meraih peringkat ketiga.

Bagaimana Hanif menyesuaikan diri terhadap perubahan posisi bermainnya di timnas dan klub? Simak di bawah ini.

1 dari 2

Tak Permasalahkan Perubahan Posisi

Hanif sendiri mengakui bahwa ada perbedaan posisi yang ia jalani di timnas dan klub. Di Timnas, eks pemain Timnas U-19 ini bermain agak lebih ke depan. Sementara, di Arema, ia bermain cenderung lebih bertahan.

"Sebetulnya, di timnas, saya juga beberapa kali bermain lebih bertahan. Demikian pula di klub, saya beberapa kali bermain lebih menyerang. Jadi, sama saja," kata Hanif.

"Bagi saya, yang paling penting adalah bagaimana kebutuhan tim. Saya siap bermain di posisi yang membutuhkan," ia menambahkan.

2 dari 2

Pilih Fokus di Arema

Sementara itu, Hanif mengaku belum tahu apakah ke depan ia masih akan dipercaya untuk kembali berseragam tim nasional. Saat ini, ia menegaskan fokusnya untuk membela klubnya, Arema FC.

"Saya tidak tahu ke depannya. Kalau memang dipanggil, saya harus memberi yang terbaik bagi Merah Putih," tegas Hanif.

"Namun, saat ini, saya fokus ke Arema. Saya ingin memberi yang terbaik bagi Arema," tandasnya.