FOLLOW US:


Pelatih Arema Membeber Keuntungan Menggelar Latihan Fisik di Purwodadi

23-06-2019 21:27

 | Dimas Ardi Prasetya

Pelatih Arema Membeber Keuntungan Menggelar Latihan Fisik di Purwodadi
Arema FC © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Asisten Pelatih Arema FC, Kuncoro, angkat bicara soal latihan fisik di Kebun Raya Purwodadi, yang dilakoni anak asuhnya pada akhir pekan ini. Menurutnya, latihan ini bak peribahasa sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui.

Kuncoro menyebut, ada sejumlah hal positif yang bisa diraih dalam latihan ini. Hebatnya, pelatih berusia 46 tahun ini pun menambahkan, kelebihan-kelebihan ini bisa diraih dalam satu sesi latihan.

"Yang utama, karena ini latihan fisik, tentu keuntungannya adalah kondisi fisik para pemain benar-benar tergembleng, sesuai keinginan dan program tim pelatih," kata Kuncoro.

"Kedua, pemain merasa lebih enjoy dengan latihan di sini. Biasanya kan latihan di stadion. Pemain bisa saja jenuh. Namun, karena ke sini, mereka bisa sekaligus refreshing. Apalagi, suasana di sini sangat mendukung," sambungnya.

Sebelumnya, para penggawa Arema mendapat gemblengan fisik jelang kembali mengarungi kompetisi Shopee Liga 1 musim 2019. Latihan fisik ini digelar di Kebun Raya Purwodadi Kabupaten Pasuruan, Sabtu (22/06) lalu.

Sempat muncul sejumlah pertanyaan soal latihan tersebut. Selain mempertanyakan manfaat latihan fisik ini terhadap kondisi para pemain, ada juga pertanyaan ihwal efektivitas sesi latihan fisik tersebut. Pihak yang mempertanyakan berargumen bahwa sesi latihan fisik dalam sepak bola modern harus menggunakan bola, alih-alih murni berlatih fisik.

Bagaimana tanggapan Kuncoro bahwa menu latihan fisik Arema sudah ketinggalan zaman? Simak di bawah ini.

1 dari 1

Keuntungan Latihan Fisik 'Old School'

Kuncoro mengakui bahwa sesi latihan fisik modern memang menggunakan bola. Hal ini pun sudah dilakukan oleh timnya.

"Bisa dilihat bahwa tiap pemanasan latihan reguler kami selalu menggunakan bola, seperti rondo dan sebagainya," ucap Kuncoro.

"Hal ini memang sangat bagus. Jadi, selain kondisi fisik naik, feeling bola juga bisa naik," sambungnya.

Namun, Kuncoro menambahkan, mereka sengaja murni menggembleng kondisi fisik para pemainnya. Pasalnya, dengan gemblengan macam ini, para pemain bisa benar-benar fokus meningkatkan kondisi fisik mereka.

"Jadi, ini merupakan antisipasi kami agar upaya meningkatkan kondisi fisik para pemain bisa benar-benar optimal," papar Kuncoro.

"Terbukti, dari sejumlah sesi latihan seperti ini, kondisi fisik para pemain bisa sesuai yang kami inginkan," ia menandaskan.