FOLLOW US:


Buah Memukul Wasit, Todd Ferre Juga Dijatuhi Denda Rp50 Juta

25-11-2021 15:57

 | Gia Yuda Pradana

Buah Memukul Wasit, Todd Ferre Juga Dijatuhi Denda Rp50 Juta
BRI Liga 1: Pemain Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Albert Ferre © Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Hukuman buat Todd Rivaldo Albert Ferre selama 12 bulan larangan bermain ternyata belum cukup sampai di situ. Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dalam sidang pada tanggal 8, 9, dan 11 November 2021 juga menjatuhkan denda yang nilainya bisa bikin menelan ludah.

Penggawa Persipura Jayapura itu diganjar denda mencapai Rp 50 juta. Hukuman 12 bulan larangan bermain disertai denda puluhan juta tersebut adalah buah dari perilaku buruk Todd Ferre terhadap wasit.

Bentuk perilaku buruk itu sesuai dengan rilis dari PSSI adalah melakukan protes berlebihan, dengan berkata-kata tidak pantas, dan disertai pemukulan terhadap perangkat pertandingan.

Peristiwa itu terjadi saat Persipura berhadapan dengan Bali United pada pekan ke-11 BRI Liga 1 2021/2022, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (5/11). Laga tersebut berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Serdadu Tridatu.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 3

Denda Minimal

Denda Minimal
Persipura Jayapura © Bola.com

Hukuman denda yang dijatuhkan Komdis PSSI terhadap Todd Ferre ini sudah sesuai dengan Kode Disiplin Pasal 50, tentang Tingkah Laku Buruk terhadap Perangkat Pertandingan. Soal denda itu ada dalam ayat 2.

Dalam ayat 2 itu disebutkan sanksi denda minimal Rp 50 juta diberikan terhadap semua tingkah laku buruk yang dilakukan terhadap perangkat pertandingan. Sesuai yang diatur dalam ayat 1 butir a, b, dan c, pada Pasal 50.

Oleh karena itu, Persipura dan Todd Ferre sebetulnya boleh sedikit berlega hati. Sebab, sanksi denda yang dijatuhkan masih dalam takaran minimal.

2 dari 3

Statistik Todd Ferre

Statistik Todd Ferre
Tim-tim peserta BRI Liga 1 2021/2022 © Bola.com/Adreanus Titus

Pada musim ini, Todd Ferre sudah bermain dalam 11 pertandingan Persipura. Hal itu seperti terekam dalam catatan statistik di website BRI Liga 1 2021/2022.

Todd Ferre mencatat 893 menit bermain, dengan 10 kali menjadi starter, dan sekali sebagai pemain pengganti.

Catatan disiplinnya juga tidak buruk. Ia baru mendapatkan satu kartu kuning. Jadi, perilaku buruk memukul wasit dalam laga Persipura versus Bali United mungkin karena Todd Ferre lepas kendali.

3 dari 3

Poin tentang Todd Ferre dari Hasil Sidang Komdis PSSI Pada 8, 9, dan 11 November 2021

Poin tentang Todd Ferre dari Hasil Sidang Komdis PSSI Pada 8, 9, dan 11 November 2021
Komdis PSSI © PSSI

Sdr. Todd Rivaldo Albert Ferre, Pemain Persipura

  • Nama kompetisi: BRI Liga 1
  • Tanggal kejadian: 5 November 2021
  • Pertandingan: Persipura vs Bali United FC
  • Jenis pelanggaran: Tingkah Laku Buruk Terhadap Perangkat Pertandingan dan Melakukan Protes berlebihan dengan berkata tidak pantas di sertai pemukulan terhadap perangkat pertandingan
  • Hukuman: Larangan Bermain 12 bulan dan Denda Rp. 50,000,000.

(Bola.net/Fitri Apriani)