FOLLOW US:


Cedera, Shin Tae-yong Siapkan Perlakuan Khusus untun Asnawi Mangkualam

19-05-2021 15:11

 | Asad Arifin

Cedera, Shin Tae-yong Siapkan Perlakuan Khusus untun Asnawi Mangkualam
Manajer Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong © Bola.net/M.Iqbal Ichsan

Bola.net - Asnawi Mangkualam Bahar bergabung dengan Timnas Indonesia dalam kondisi cedera. Situasi ini membuat pelatih Shin Tae-yong menyiapkan perlakuan khusus begitu sang pemain tiba ke Dubai.

Asnawi Mangkualam dijadwalkan tiba di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Selasa (18/5/2021). Mantan bek PSM Makassar itu tetap memenuhi panggilan Timnas Indonesia meskipun belum sepenuhnya pulih dari cedera hamstring yang dialami saat membela Ansan Greeners FC.

Menurut Shin Tae-yong, pihaknya akan menyediakan program khusus dari tim dokter agar Asnawi Mangkualam bisa segera bermain untuk Timnas Indonesia. Targetnya adalah sudah siap tempur pada awal Juni 2021.

"Kami akan membuat program pemulihan agar dia dapat bermain pada tanggal 3 Juni. Kami akan melihat kondisi Asnawi terlebih dulu sebelum melanjutkan program pemulihan cedera," kata Shin Tae-yong.

1 dari 2

Ansan Greeners Khawatir

Keputusan Shin Tae-yong dalam memaksakan kehadiran Asnawi Mangkualam di Timnas Indonesia senior sangat berisiko. Hal itu sempat dikhawatirkan oleh Asnan Greeners FC.

Namun, Shin Tae-yong ingin melihat perkembangan kemampuan Asnawi Mangkualam setelah bergabung dengan Ansan Greeners FC sejak Februari 2021. Tim medis Timnas Indonesia masih punya waktu lebih dari sepekan untuk memantapkan kondisi Asnawi Mangkualam.

2 dari 2

Absen 2 Laga Uji Coba

Asnawi Mangkualam diyakini tak akan terlibat dalam dua laga uji coba Timnas Indonesia melawan Afghanistan (25/5/2021) dan Oman (29/5/2021). Pelatih Shin Tae-yong mempersiapkan Asnawi untuk tiga laga krusial di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand (3/6/2021), Vietnam (7/6/2021), dan Uni Emirat Arab (11/6/2021) pada laga sisa di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Secara matematis, Timnas Garuda memang sudah tidak punya kepentingan apapun.

Hal itu terjadi setelah Timnas Indonesia menelan lima kekalahan beruntun di babak penyisihan. Namun, laga-laga itu bisa dimanfaatkan untuk ajang memperbaiki ranking FIFA di mana Indonesia menghuni posisi ke-173.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Benediktus Gerendo, 18 Mei 2021)