FOLLOW US:


Dirut PT LIB: Gaji Pemain Timnas Urusan PSSI

06-10-2017 18:46
Dirut PT LIB: Gaji Pemain Timnas Urusan PSSI
Stefano Lilipaly dan I Gede Sukadana © PSSI

Bola.net - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Berlinton Siahaan menjelaskan perihal gaji pemain timnas Indonesia. Menurutnya, masalah gaji pemain yang dipanggil timnas adalah urusan PSSI bukan operator liga.

Sebelumnya, PT LIB selaku operator kompetisi Liga 1 mendapatkan tuntutan untuk memberikan penjelasan terkait 15 aspek oleh Forum Klub Sepakbola Profesional Indonesia (FKSPI). Salah satu dari 15 tuntutan itu adalah penjelasan tentang hak gaji pemain yang dipanggil timnas.

"Gaji timnas, sebetulnya ini bukan tanggung jawab operator tapi PSSI karena mereka yang janjikan selama dipakai timnas akan dibayar PSSI," tutur Berlinton.

Berlinton juga menegaskan, masalah itu juga sudah ada aturannya. Bahkan diatur dalam regulasi FIFA, sebagai federasi sepakbola paling tinggi di dunia. Jadi kurang tepat jika masalah gaji pemain timnas ditanyakan pada PT LIB.

"Ini regulasi FIFA. Biaya dari klub ke timnas yang tanggung adalah federasinya, lalu yang tanggung cedera adalah klub," kata Berlinton.

"Klub harus punya asuransi ke pemain. Ini berlaku bagi Messi sekaligus. Ini regulasi FIFA lho," sambungnya.

Sebelumnya, 15 klub Liga 1 yang tergabung dalam FKSPI juga menebar ancaman jika tuntutan mereka tidak dipenuhi. Jika PT LIB tidak memberikan penjelasan dalam 14 hari sejak 4 Oktober 2017, maka mereka akan melakukan aksi mogok berkompetisi.