FOLLOW US:


Evaluasi Piala Presiden 2019, Barito Putera Wajib Benahi Pertahanan

27-03-2019 01:49
Evaluasi Piala Presiden 2019, Barito Putera Wajib Benahi Pertahanan
Jacksen F Tiago © Dendy Gandakusumah

Bola.net - Jacksen Tiago membeber hasil evaluasi timnya usai gagal melanjutkan langkah mereka di ajang Piala Presiden 2019. Pelatih Barito Putera ini menyebut ada sejumlah hal yang masih harus dibenahi timnya sebelum benar-benar siap mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2019.

Menurut Jacksen, dari penampilan timya pada ajang Piala Presiden 2019 lalu, ada sejumlah hal yang harus dibenahi. Hal-hal tersebut, sambung pelatih asal Brasil ini, terutama pada pertahanan mereka.

"Salah satu evaluasi kami adalah proses bertahan sebagai semua tim," ucap Jacksen, pada Bola.net, Selasa (26/03).

"Selain itu, yang juga menjadi evaluasi kami adalah respon terhadap transisi bertahan," sambungnya.

Sebelumnya, Barito Putera gagal lolos dari fase grup Piala Presiden 2019. Laskar Antasari hanya mampu menempati peringkat tiga klasemen akhir Grup E turnamen yang disiarkan langsung oleh Indosiar ini.

Dalam turnamen ini, Laskar Antasari sejatinya menunjukkan produktivitas gol ciamik. Mereka mampu mencetak lima gol dalam tiga pertandingan. Namun, apiknya kinerja penyerangan mereka belum diimbangi lini pertahanan yang harus kebobolan empat gol.

Apa langkah Barito usai evaluasi ini? Simak di bawah ini.

1 dari 2

Gelar Pemusatan Latihan

Jacksen sendiri menegaskan tak akan tinggal diam dengan masih adanya kekurangan yang ada di Laskar Antasari. Ia mengaku akan menggelar pemusatan latihan bagi Rizky Pora dan kawan-kawan, yang rencananya bakal berlangsung mulai 5 April sampai 25 April mendatang.

"Kami pastikan akan menggelar TC di Pulau Jawa," ujar Jacksen.

"Kami pilih TC di Jawa karena peluang mendapatkan lawan uji coba lebih besar," sambungnya.

Lebih lanjut, kendati belum bisa menentukan di kota mana timnya akan menggelar TC, Jacksen memastikan tak akan kembali menggembleng timnya di Kota Batu, seperti yang mereka lakukan beberapa waktu lalu. Menurutnya, hal ini berkaitan dengan tujuan dari TC tersebut.

"Tujuan TC saat ini bukan fisik. Kami bertujuan untuk mendapat lawan tanding," ungkapnya.

2 dari 2

Gelar Uji Coba

Selain TC, Jacko -sapaan karib Jacksen- juga menyebut ada uji coba yang akan dihelat timnya. Uji coba ini, sambung Jacko, bakal berguna sebagai bekal bagi timnya menghadapi situasi-situasi yang mungkin terjadi pada kompetisi mendatang.

Menurut Jacko, idealnya, jelang musim kompetisi, ada delapan sampai sepuluh laga kompetitif yang dijalani oleh sebuah tim.

"Kami usahakan dapat sekitar empat kali pertandingan kompetitif lagi," kata Jacko.

"Dengan sejumlah pertandingan kompetitif ini, kami kian banyak dapat bekal untuk bisa mengarungi kompetisi mendatang," ia menandaskan.