FOLLOW US:


Final Liga 2: Dua 'Tim Sultan' Berebut Takhta, RANS Cilegon FC atau Persis Solo yang Juara?

30-12-2021 11:45

 | Asad Arifin

Final Liga 2: Dua 'Tim Sultan' Berebut Takhta, RANS Cilegon FC atau Persis Solo yang Juara?
Persis Solo merayakan kemenangan atas Dewa United pada babak semifinal Liga 2 2021 © Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Final Liga 2 2021 akan dimainkan di Stadion Pakansari, Kamis (30/12/2021) malam WIB, dengan RANG Cilegon FC dan Persis Solo sebagai finalis. Dua tim yang disebut sebagai 'tim sultan' ini akan berebut takhta kompetisi kelas kedua.

RANS Cilegon FC lebih dulu menjejakkan langkahnya ke partai puncak setelah mengandaskan perlawanan PSIM Yogyakarta 3-0. Sedangkan Persis Solo berhasil mengatasi perlawanan sengit Dewa United 2-1.

Pertemuan RANS Cilegon FC kontra Persis bakal menyita perhatian, mengingat label kedua tim di Liga 2 musim ini. Laga nanti bakal jadi momen puncak bagi dua tim Sultan yang selama semusim ini membetot perhatian jagat sepakbola Indonesia.

1 dari 3

Raffi Ahmad vs Kaesang Pangarep

Raffi Ahmad vs Kaesang Pangarep
CEO Rans Cilegon FC, Raffi Ahmad © Dok. Rans Cilegon FC

Pembelian Cilegon United oleh artis kondang Raffi Ahmad dan pengelolaan Persis yang melibatkan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, membuat atmosfer kompetisi kasta kedua tak kalah pamor dibanding BRI Liga 1.

Selain dua sosok di atas, dengan dukungan finansial melimpah dua klub Sultan itu seolah jor-joran mengontrak pemain hebat yang pernah berkibar di Liga 1. Ini juga jadi daya tarik Liga 2 musim ini makin meningkat.

"Soal tensi pertandingan, saya kira sedikit menurun dibanding semifinal kemarin. Karena RANS dan Persis sudah pasti lolos ke Liga 1 musim depan. Tapi final nanti, kami bisa main lepas dan menampilkan kualitas permainan tingkat tinggi," kata Rahmad Darmawan, pelatih RANS Cilegon FC.

2 dari 3

Penantian Panjang Persis

Penantian Panjang Persis
Selebrasi pemain Persis Solo, Alberto Beto Goncalves © Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Pelatih Persis Solo, Eko Purjianto tak akan melepas gelar juara yang sudah ada di depan mata. Apalagi Persis, sebagai klub legendaris di Tanah Air, sangat haus gelar juara. Maklum selama 14 tahun hanya berkutat di kasta kedua, Persis nyaris tanpa mahkota juara.

"Final nanti penasbihan klub terbaik Liga 2 tahun ini. Meski telah promosi ke Liga 1, kami ingin juara Liga 2," ujarnya.

"Kami sudah menunggu empat belas tahun untuk naik ke kasta tertinggi. Selama itu pula, Persis dianggap klub medioker. Sekarang saat Persis bangkit dan sejajar dengan klub kasta teratas," tuturnya.

3 dari 3

Berburu Hadiah

Berburu Hadiah
Penyerang RANS Cilegon FC di Liga 2 musim 2021, Cristian Gonzales © Bagaskara Lazuardi

Salah besar bila menilai final Liga 2 nanti sekadar seremonial. Selain mengejar trofi juara, iming-iming hadiah berupa uang pasti jadi incaran pemain RANS Cilegon FC dan Persis.

Selain hadiah kolektif untuk juara, masih ada dua kategori penghargaan individu bagi pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik. Inilah yang bakal dikejar para pemain.

Liga 2 2019 lalu, sepatu emas bagi topskorer direbut striker Persita, Sirvi Arfani yang sekarang berbaju RANS. Sementara nominasi pemain terbaik digenggam gelandang Persik, Taufik Febrianto, yang saat ini membela Persita di BRI Liga 1.

Menarik kita tunggu siapa bakal jadi kampiun, topscorer, dan pemain terbaik Liga 2 2021 nanti.

Disadur dari Bola.com: Gatot Susetyo/Aryo Atmaja, 29 Desember 2021